Indahnya Rok Batik Model Terkini Gak Bakal Didapat Tanpa Baca Artikel Ini! | UNY COMMUNITY
Home / Tips / Indahnya Rok Batik Model Terkini Gak Bakal Didapat Tanpa Baca Artikel Ini!

Indahnya Rok Batik Model Terkini Gak Bakal Didapat Tanpa Baca Artikel Ini!

Rok batik merupakan salah satu jenis busana bawahan khusus wanita yang terbuat dari kain batik. Model serta corak unik kain menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pemakainya. Kendati demikian, tidak boleh asal sembarangan memilih ya sist. Ada baiknya sista kenali terlebih dahulu model-model seperti apa yang sedang hits saat ini.

Perkembangan model rok batik kekinian

Rok batik bisa dibilang cukup baru dalam dunia fashion. Kalau kita sudah membahas perkembangan fashion masa kini, rasanya tak akan ada habisnya deh. Rasanya kok tiap tahun pasti ada saja trend terbarunya. Tak terkecuali untuk model rok batik. Beberapa model tersebut antara lain ialah:

  • Model lilit. Kesan modis dari aksen lilitan dari atas hingga bawah rok merupakan alasan mengapa model ini banyak digandrungi wanita. Apalagi bila dipadukan dengan atasan blus atau kebaya. Tentu akan semakin membuat siapapun yang memakainya jadi lebih anggun nan menawan.
  • Model peplum. Peplum biasanya banyak dipilih untuk digunakan ke kantor. Model simpel dari peplum membuatnya nyaman dikenakan. Peplum juga tidak terlalu banyak memiliki detail berlebihan sehingga membuat model ini cocok dijadikan pakaian formal atau santai.
  • Model maksi. Ciri khas model maksi ialah adanya kerutan pada bagian pinggang hingga ke bawah. Anak muda kekinian sih biasa memasangkannya bersama kaos untuk dikenakan di suasana santai.
  • Model A-line. Buat yang masih kurang percaya diri bila memakai rok, cobalah pilih A-line. Jenis bawahan ini mampu memberikan kesan langsing pada bagian pinggang lho. Apalagi bila bahannya terbuat dari batik dengan motif bunga-bunga berwana cerah. Pasti bakalan nyaman dipandang mata.
Baca Juga  Inilah Cara Mengetahui dan Mengolah Potensi Diri

Beli rok batik kini lebih mudah dengan belanja online

Sebenarnya masih sangat banyak model rok lainnya. Tinggal cocokkan dengan selera serta karakter sista sendiri. Tapi ya memang mungkin akan memubutuhkan perjuangan. Apalagi bila sista mencarinya via offline dan harus berkeliling mendatangi satu-persatu toko. Pasti sangat melelahkan. Oleh karena itu perlu sista ketahui juga, bahwa selain beberapa model di atas, cara berbelanja online kini juga sedang hits lho sist. Sista tinggal buka HP atau laptop, pastikan ada koneksi internet, sudah bisa belanja deh.

Seperti sista tahu, pertumbuhan industri toko online saat ini sudah macam tumbuhnya jamur di musim hujan. Sangat banyak dan cepat. Mulai dari yang mengumpulkan toko-toko kecil, hingga yang bergerak perseorangan melalui media social media masing-masing. Saking banyaknya toko online yang berkembang saat ini, pasti bikin sista sedikit kebingungan. Mau belanja dimana ya agar dapat menemukan barang yang sesuai keinginan.

Baca Juga  Inilah Cara Cek Data Mahasiswa di PDPT DIKTI

Sisi negatif belanja rok batik online, sudah tahu?

Belum lagi permasalahan perihal bagaimana memilih penjual barang yang baik dan benar. Meski tempat mereka berjualan sudah berada di bawah naungan toko online besar sekalipun, belum tentu barang yang mereka pasarkan milik mereka sendiri. Hal ini membuktikan bahwa masih kurangnya proses seleksi terhadap penjual-penjual ini, ketika hendak membuka akun toko. Selama penjual memiliki barang untuk dijual, mereka bisa berjualan. Tanpa tahu bagaimana kualitas serta keaslian barang tersebut. Mau barangnya asli.

Yah memang benar sih, segala sesuatu di dunia ini tidak akan sepenuhnya sempurna. Namun, kenyataan tersebut bukan berarti langsung menghentikan segala usaha untuk mendekati kesempurnaan tersebut dong. Seperti yang dilakukan oleh Qlapa.com.

Dengan membawa misi guna mendukung pertumbuhan produk lokal, sisana sista akan menemukan berbagai macam produk handmade asli buatan pengrajin Indonesia. Semua produk di situs ini, diambil langsung dari para pengrajin, dipilih satu-persatu untuk menjamin kualitasnya, kemudian dipasarkan dengan merk dari pengrajin tersebut. Selayaknya barang handmade yang hanya akan dibuat terbatas, tentu unsur keunikan serta keasliannya sudah terjamin dong. Harganya? Santai… Ngga bakalan bikin kantongmu bolong kok.

Baca Juga  Ketika Kamu Stress Menghadapi Kuliah, Coba 7 Cara Berikut

Pesona Rok Batik Tenun Kalimantan

Dari sekian banyak produk unik rok batik di Qlapa, ada satu model yang paling digemari. Yaitu rok kain tenun khas Kalimantan. Buat yang belum tahu nih, kain tenun yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan rok telah melewati 13 macam proses tenun manual lho. Mulai dari memintal benang, melukis, menali, mewarna, serta menenun kain.

Semua proses pembuatan tersebut harus dilakukan secara teliti. Karena jika tidak, kualitas kain tenun akan menjadi jelek karena banyak benang putus. Bahkan bila ingin lebih dirincikan, untuk menenun 1cm kain tenun Kalimantan ini membutuhkan 10 kali hentakan kaki dan 10 kali hentakan tangan. Jika disesuaikan dengan ukuran keseluruhan rok yang memiliki panjang sekitar 230cm, maka paling tidak diperlukan kurang lebih 2.300 hentakan kaki dan 2.300 hentakan tangan.

Varian warna dari item ini juga sangat beragam. Biasanya satu item akan memiliki dua sampai tiga paduan warna. Seperti merah-putih-hitam, biru muda-merah muda-putih, biru-putih-hitam, dan masih banyak lagi warna lainnya. Jadi tak mengherankan bila kebanyakan pelanggan yang sudah membelinya merasa sangat puas. Sudah desainnya khas, dibuat oleh pengrajin handal, harganya terjangkau pula.

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Lowongan Guru Sekolah Eka Tjipta

Sekolah Eka Tjipta merupakan sekolah yang dikelola oleh Eka Tjipta Foundation (ETF) di lokasi perkebunan kelapa …