PMB UNYPojok #UNYuUNY Wates

Prodi Terfavorit Sarjana Terapan UNY

Sarjana terapan, adalah gelar yang akan disandang oleh para lulusan program D4 setelah lulus dari dunia perkuliahan. Program D4 sudah tidak asing lagi dalam dunia pendidikan saat ini. Bahkan, tak sedikit yang saat ini mulai melirik program D4 sebagai salah satu opsi terbaik ketika memasuki dunia perkuliahan.

Pada dasarnya, program D4 dan S1 tidak banyak perbedaan. Berdasarkan UU No 12 Tahun 2012, S1 san D4 sama-sama merupakan program jenjang sarjana.masa perkuliahan dan beban studi S1 dan D4 relatif sama yaitu sekitar 4 tahun. Hal yang menjadi fokus utama yang membedakan S1 dan D4 adalah komposisi dalam perkuliahannya. Jika S1 lebih ditekankan pada teori, maka D4 lebih ditekankan pada praktik. Lalu, jika gelar lulusan pada S1 akan bergelar sarjana diikuti dengan prodi (Contoh : S.E), maka D4 adalah Sarjana Sains Terapan (S.Tr) dan baru diikuti dengan prodinya (Contoh : S.Tr.Keb)

 

Saat ini sudah banyak sekali universitas baik negeri maupun swasta di Indonesia yang menyediakan program D4. Salah satunya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Khusus di UNY ini, semua program studi sarjana terapan hanya bisa kamu tempuh melalui jalur Seleksi Mandiri. Di UNY, pada beberapa fakultasnya sudah tersedia program studi terapan yang bisa kamu jadikan opsi. Fakultas tersebut yaitu Fakultas Teknik Kampus Wates, Fakultas Ekonomi Kampus Wates, Fakultas Ilmu Keolahragaan Kampus Wates, Fakultas Ekonomi Gunung Kidul dan Fakultas Teknik Gunung Kidul. Diantara beberapa program studi yang tersedia, berikut adalah prodi favorit sarjana terapan di UNY :

  1. Tata Boga Kampus Wates
Baca Juga  Inilah Soundtrack Buatmu, Yang Berhasil Move On

Tata  Boga adalah satu diantara beberapa prodi dari fakultas teknik yang merupakan penghuni baru di Kampus Wates. Meskipun demikian, ternyata peminat dan daya tarik dari prodi ini memang bukan main main, nyatanya bisa menjadi prodi terfavorit pada rumpun teknik di UNY Kampus Wates ini. Pada tahun 2020 kemarin, animo prodi ini 364 dengan daya tampung 80 kursi.

  1. Akuntansi Kampus Wates

Calon-calon akuntan mana nih suaranya? Siap-siap bersaing lebih ketat lagi ya! Tak heran lagi jika prodi akuntansi memang akan selalu banyak peminat dari tahun ke tahun. Pada jalur D4 ini prodi akuntansi juga menyabet prodi terfavorit dalam rumpun ekonomi UNY Kampus Wates. Pada tahun 2020, Prodi D4 Akuntansi memiliki animo sebanyak 480 denan daya tampung 80 kursi.

  1. Tata Boga Kampus GK
Baca Juga  Mengenal Tradisi Islam Jawa Menyambut Bulan Puasa, “Megengan”

Pada tahun 2020, Prodi Tata Boga  Kampus Gunung Kidul memiliki animo sebanyak 177 dengan daya tampung sebanyak 40 kursi. Lagi-lagi menjadi prodi terfavorit dalam jalur seleksi mandiri sarjana terapan.

  1. Akuntansi Kampus GK

Prodi D4 Akuntansi Kampus Gunung Kidul ini memiliki animo sebanyak 294 dengan daya tampung 60 orang. Wah.. Jangan malas belajar untuk kalian yang ingin menjadi bagian dari Sarjana Terapan UNY ya!

Itulah prodi favorit sarjana terapan UNY. Prodi Tata Boga dan Akuntansi sama sama menduduki prodi terfavorit di dua kampus cabang UNY. Ditunggu di kampus UNY Wates dan UNY Gunungkidul ya!

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
Close
X