Daftar Jurusan Kuliah di Indonesia | UNY COMMUNITY
Sunday , 24 March 2019
Home / Pojok #UNYu / Daftar Jurusan Kuliah di Indonesia

Daftar Jurusan Kuliah di Indonesia

Setelah lulus Sekolah Menengah Ke Atas (SMA) pastinya terbesit keinginan untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Nah, sebelum mendaftar pastinya merasa bingung dengan jurusan apa yang bisa dipilih di dunia perkuliahan. Oleh karena itu, sebaiknya ketahui daftar jurusan kuliah di Indonesia lengkap dengan pekerjaannya.

Dengan mengetahui beberapa daftar pekerjaan yang memiliki peluang kerja cukup besar maka sebaiknya pilihlah jurusan yang sesuai dengan passion ataupun minat kalian sehingga dapat menyeleseikan kuliah dalam waktu cepat. Sebenarnya, sebelum mendaftar kuliah tidak harus memikirkan masalah pekerjaan di masa mendatang,

Tetapi, Anda memang harus memilih jurusan yang sesuai dengan jurusan sekolah Anda di SMA yakni jurusan IPA ataupun IPS. Hal tersebut tentunya bertujuan agar jurusan yang dipilih saat kuliah linear dengan pendidikan sebelumnya agar lebih mudah mengikuti pelajaran di perkuliahan.

Daftar Jurusan Kuliah di Indonesia

Ingin tahu jurusan kuliah yang ada di perguruan tinggi di Indonesia dengan peluang kerja besar? Untuk mengetahui informasinya maka simak uraian list yang terdapat di bawah ini.

      1. Farmasi

Jurusan farmasi di perguruan tinggi yang merupakan bidang ilmu dalam pembuatan obat. Tentunya, ilmu yang dipelajari dalam perkuliahan farmasi yaitu ilmu fisika, kimia farmasi. Ilmu resep dan lainnya yang berhubungan dengan dunia medis. Memang jurusan farmasi lebih cocok diambil oleh Anda lulusan SMA dengan jurusan IPA.

Baca Juga  Ingin Aktif Berkontribusi Melestarikan Tradisi ? Bergabunglah Menjadi ‘Warga Baru’ KAMASETRA UNY

Hal tersebut tentunya disebabkan karena dalam perkuliahan farmasi juga membahas tentang dunia fisika, biologi, dan kimia. Apabila Anda dari jurusan IPS pastinya akan cukup berat untuk mengikuti setiap mata kuliah dalam jurusan farmasi.

Dalam dunia pekerjaan, jurusan farmasi ini cukup memiliki peluang yang cukup besar. Hal tersebut tentunya dikarenakan lulusan kuliah jurusan farmasi dapat menjadi seorang apoteker ataupun bisa membuat usaha sendiri seperti mendirikan apotik. Nah, dengan begitu tentunya akan membuat masa depan Anda memiliki peluang bekerja lebih besar.

  1. Teknik Informatika

Selanjutnya, jurusan kuliah di Indonesia yang memiliki peluang kerja cukup besar yaitu teknik informatika. Nah, jurusan yang satu ini tentunya sangat berkaitan dengan teknik informasi dalam dunia teknologi. Salah satu materi yang dipelajari dalam perkuliahan teknik informatika yaitu mengenai hardware dan software komputer.

Ternyata jurusan teknik informatika juga sangat erat sekali hubungannya dengan sains, lebih tepatnya menggunakan beberapa ilmu fisika dan kimia. Oleh karena itu, teknik informatika juga sangat recomended untuk lulusan SMA jurusan IPA.

Baca Juga  Perjuangan dari Status "CAMABA" Menjadi "MAHASISWA"

Tentunya, dengan memiliki kemampuan teknik informatika maka akan membuat Anda lebih handal dalam mengoperasikan komputer kemudian melakukan perawatan hardware sehingga Anda dapat membuat usaha yang berkaitan dengan jasa perbaikan komputer ataupun bekerja di beberapa kantor besar sebagai seorang tehnisi.

  1. Pertanian

Berikutnya, daftar jurusan kuliah di Indonesia yang berpotensi besar dapat memberikan kesuksesan di masa mendatang yaitu jurusan pertanian. Nah, kuliah pertanian ini tentunya membahas tentang agronomi, menganai ilmu bercocok tanam, mengembangkan tanaman dan lainnya.

Setelah lulus tentunya Anda dapat membuat perkebunan sendiri sebagai salah satu bisnis sehingga tidak harus mengandalkan pekerjaan dari orang lain.

  1. Kedokteran

Selanjutnya, Anda juga dapat menjumpai jurusan kuliah di perguruan tinggi dalam bidang ilmu kedokteran. Ketahuilah ilmu kedokteran ini tentunya sangat erat kaitannya denga dunia sains. Oleh karena itu, jurusan kedokteran sangat recomended bagi Anda lulusan SMA jurusan IPA.

Hal tersebut tentunya disebabkan karena materi dalam perkuliahan membahas tentang biokimia ,histology, farmokologi, anatomi, mikrobiologi, parasitologi, dan patologi.

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN UNYSEF 2019

UNY SCIENTIFIC FAIR 2019 Proudly Present: “SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN UNYSEF 2019” dengan tema: “Menggali Potensi …

X