Pojok #UNYuTips

Dear Jobseeker, Wajib cek hal berikut sebelum tanda tangan kontrak dan Menyesal

“Kak, aku diterima kerja!!!

Eits, tidak semudah itu Esmeralda. Coba check hal-hal ini sebelum tanda tangan kontrak!

Tahan dulu nasi kuningnya!

twitter.com/fierza/

Begitulah kalimat pembuka dari sebuah thread menarik yang ditulis oleh akun twitter @fierza,  seorang Digital Marketing & Company Branding, sekaligus owner dan founder deeptalk.id. Tentunya sangat related dengan kehidupan setelah kuliah, menyandang status  fresh graduate  atau sedang berjuang di semester akhir. Setelah bergulat dengan tugas akhir, memakai toga dan diwisuda tentunya ini bukan akhir dari sebuah pencapaian, namun awal dari perjuangan. Yaps.. salah satunya adalah momen mencari kerja. Setelah mempersiapkan diri, melayangkan cv atau mengirimkan lamaran. Tentunya kabar baik selalu dinanti, berharap ada pekerjaan yang bisa jadi “tempat berlabuh”.  Begitu pula saat diterima ada  euforia tersendiri. Eits tapi jangan senang dulu, coba perhatikan hal berikut sebelum tanda tangan kontrak. Apa aja? Yuk simak beberapa hal berikut  yang telah dibagikan oleh akun twitter @fierza~

picture / freepix

1. Pastikan Semua Konsekuensi  dengan Jelas

Memastikan semua konsekuensi  adalah hal penting yang perlu kamu perhatikan nih. Ada beberapa contoh yang perlu kamu perhatikan. Nah apa saja nih contohnya yang perlu UNYu perhatikan?.

Baca Juga  Cara Bijak Menyikapi Hari Ulang Tahunmu

-Ada penalti nggak kalau keluar kerja ?

-Ada punishment kalau ngga mencapai target kerja?

-Perlu tahan dokumen (ijazah, dll) atau tidak?

-Adakah pasal yang tidak memperbolehkan kerja di tempat serupa setelah keluar?

Semua konsekuensi tersebut menjadi hal penting, terutama saat kamu ingin tanda tangan kontrak. Semua keputusan tetap berada ditanganmmu.

2. Pastikan Semua Benefit Tercantum dalam Kontrak

Benefit ini berkaitan erat saat waktu interview yang telah dijalani. Berikut contoh dan tips yang juga dibagikan oleh akun twitter @fierza:

-Besaran gaji, besaran lembur (jika ada), asuransi, termasuk potongan-potongannya (terlambat, tidak absen, dll)

Dari beberapa hal tersebut ada tipsnya nih. Yapss.. Jangan sampai ini berdasar ‘katanya’ aja, Jadikan ini pedoman

3. Perhatikan Pasal-pasal pendukung lainnya

Pasal-pasal pendukung ini juga perlu kamu perhatikan nih UNYu, menjadi hal penting saat kamu bekerja. Berikut contoh pasal-pasal pendukung yang telah dijelaskan pada thread yang telah dibuat oleh akun twitter @fierza:

-Ada pasal tidak diperbolehkan mengetahui gaji sesama karyawan, ini sederhana tapi bagus agar tidak terjadi kesenjangan sosial. Karena bisa jadi gaji satu orang dengan yang lainnya beda jauh, padahal status dan beban kerja sama.

Baca Juga  Sisi Lain Kampus Keguruan

Selain itu, ada tips juga nih yang dibagikan dalam thread dari akun @fierza:

Tips: 1.  Selalu baca dengan teliti. Kalau butuh waktu lebih, bisa minta ke HRD waktu tambahan untuk baca lagi.

Tips 2. Kalau ada pasal yang mau dinegosiasikan apakah bisa? Seharusnya bisa, karena kontrak adalah kesepakatan kedua pihak. Kecuali perusahaannya yang tidak bisa diganggu gugat

Selain dua tips tersebut ada sedikit tips juga nih untuk UNYu, jika kamu melamar ke pekerjaan yang “siap ditempatkan dimana saja. Kamu bisa tanyakan bagaimana sistemnya, di daerah mana, apakah dengan sistem acak atau pilihannya. Jangan sampai menyesal atau down setelah mengetahuinya.

Itu tadi beberapa hal penting yang perlu diperhartikan sebelum tanda tangan kontrak.  Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share dan ajak lainnya untuk baca juga!.  Thread secara lengkap   dari akun @fierza ini  dapat diakses melalui link https://twitter.com/fierza/status/1297536466394861569?s=19. 

Atau kamu juga bisa baca artikel cara bikin cv keren! melalui link https://unycommunity.com/ingin-memiliki-pekerjaan-impian-contoh-template-cv-keren-ini-bisa-menjadi-jurus-andalanmu/ .

Selain itu, kamu juga bisa baca artikel “5 situs pembuatan cv gratis” pada link http://unycommunity.com/5-situs-penyedia-jasa-pembuatan-cv-online-gratis/

Supaya mempermudah kamu memperoleh pekerjaan. Good luck UNYu yang sedang mencari kerja!

Zidni Khasanah

Alumni Prodi PG PAUD dan owner Omah Kelinci Jogja . Kebetulan juga suka nulis dan suka jadi teman main anak-anak :)

Related Articles

Back to top button
Close
X