Dear Maba, 6 Tips Ini Akan Membuatmu Cepat Beradaptasi Di Kampus Baru! | UNY COMMUNITY
Home / Mahasiswa Banget / Dear Maba, 6 Tips Ini Akan Membuatmu Cepat Beradaptasi Di Kampus Baru!

Dear Maba, 6 Tips Ini Akan Membuatmu Cepat Beradaptasi Di Kampus Baru!

Menjadi mahasiswa itu artinya satu babak baru dalam hidup akan dimulai. Perjuangan untuk sampai diposisi ini pun tak mudah. Sebelumnya kamu harus menghadapi proses yang tidak bila dibilang gampang. Namun perjuangan yang melelahkan itu jadi terasa manis saat kamu resmi diterima di universitas favoritmu.

pic : ospek2014.student.uny.ac.id

Gembira adalah hal pertama yang pasti kamu rasakan. Tak sabar lagi rasanya ingin mencecap pahit manis kehidupan kampus. Meski bahagia, pada saat itu kamu juga merasa gamang. Apalagi kamu juga telah kerap mendengar bahwa kegiatan perkuliahan berbeda dengan aktivitas belajar yang biasa kamu ikuti di sekolah sebelumnya. Tak perlu takut, apalagi galau. Tips berikut akan membantumu cepat beradaptasi dengan kampusmu.

  1. Terbiasa mengenakan seragam saat sekolah, membuatmu bingung harus pakai baju apa saat hari pertama ngampus

Seneng sih bisa pakai pakaian bebas saat kuliah, tapi takut salah kostum. Kalau begini kamu bisa memperhatikan cara berpakaian senior-seniormu. Untuk referensi kamu juga bisa mengintip fashion item yang biasa dipakai anak kuliahan. Kalau masih ragu, kamu bisa bertanya pada teman kost kamu yang telah lebih dulu kuliah di kampusmu.

  1. Belum mempunyai teman baru membuatmu canggung, kamu juga berharap tidak menemui senior yang bikin ribet

Rasanya pasti kurang nyaman ya saat kamu berada di tempat yang masih terasa asing dan kamu juga belum menganal satu orang pun di sana. Hal ini pasti juga kamu rasakan saat pertama kali ke kampus. Tenang! Tak  sulit kok untuk mendapatkan teman baru. Biasanya kamu akan dengan mudah mendapatkan teman baru saat ospek atau ketika bergabung dalam suatu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang sesuai dengan minatmu.

Baca Juga  Penerapan Visi Taqwa, Mandiri dan Cendekia

Kekhawatiran bertemu dengan senior yang ribet pasti juga menghantui saat-saat pertamamu menginjak kampus. Tak perlu terlalu mengkhawatirkan hal seperti itu sebenarnya. Akan kecil sekali kemungkinan kamu bertemu dengan senior yang hobi mencari masalah. Justru kamu akan bertemu dengan senior-senior yang baik dan siap membantu. Namun untuk meminimalisir hal itu kamu bisa bersikap biasa saja dan tidak berpenampilan yang mencolok. Jangan terlihat lemah, dengan demikian mereka tidak akan memiliki kesempatan untuk mem-bully-mu.

  1. Kamu juga masih belum paham betul bagaimana sistem belajar saat kuliah

Akan ada beberapa istilah dan juga hal baru yang kamu temui begitu memulai perkuliahan, seperti semester pendek, IP, SKS, mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan dan lain sebagainya. Pun saat telah menjadi mahasiswa kamu juga dituntut aktif dan memiliki inisiatif, sebab sistem belajar di universitas sangat berbeda dengan di sekolah. Bila masih bingung, jangan segan untuk bertanya dan mencari informasi yang valid ya! Bukankah malu bertanya sesat di jalan?

  1. Jadwal kuliah yang memiliki jeda lama dalam satu hari membuatmu bingung harus ngapain selama menunggu

Saat perkuliahan telah dimulai, jeda kuliahmu dalam satu hari bisa sangat panjang. Bisa saja kuliah jam pertamamu sudah selasai jam 09.00, eh ternyata kuliah selanjutnya baru selesai jam 15.00. Beruntung jika tempat tinggal atau kostmu dekat dengan kampus. Bila lokasi kostmu jauh dari kampus, kamu bisa membawa laptop untuk wifi-an di kampus. Dengan begini waktu menunggumu pun akan cepat berlalu. Main ke kost teman yang dekat kampus atau nongkrong dengan teman-teman di UKM rasanya juga bisa menjadi pilihan menunggu jam kuliah berikutnya yang mengasyikkan.

  1. Belum lagi perkara ngadepin dosen kiler, cerita senior-seniormu tentang dosen mata kuliah tertentu yang susah meluluskan mahasiswanya membuat kamu jadi sedikit pesimis

Agar hubunganmu dengan dosen yang terkenal kiler bisa  baik, usahakan untuk memberi kesan positif. Hal mudah yang bisa kamu lakukan untuk membuat kesan positif  adalah dengan tidak datang terlambat. Tunjukkan sikap aktif dan inisiatif selama kelas berlangsung. Selesaikan semua tugas dari dosen dengan sebaik mungkin. Penting untuk belajar semaksimal mungkin saat ujian telah didepan mata.

Baca Juga  5 Fakta Tentang Mahasiswa Fakultas Teknik (FT)

 Jangan segan juga untuk tetap bersikap baik pada dosen meski di luar jam kuliah. Bisa terlibat obrolan ringan dengannya di luar kelas akan membuat beliau memiliki padangan positif terhadapmu. Dengan begini kamu akan mempunyai hubungan baik dengan dosen yang terkenal kiler sekalipun.

  1. Nugas dan membuat makalah menjadi tantangan yang harus kamu hadapi nyaris setiap hari

Mengerjakan tugas atau membuat makalah rasanya sudah menjadi santapan sehari-hari mahasiswa. Keberadaan internet seharusnya tidak membuatmu mendapat kesulitan berarti saat mencari referensi untuk tugas atau makalah. Kamu tinggal mengerjakan tugasmu dengan sebaik mungkin agar mendapat hasil yang sama baiknya.

Jangan takut juga bila kamu mendapatkan tugas kelompok dari dosenmu. Atur pembagian tugas dengan jelas. Jangan hanya titip nama saja. Mendapatkan tugas kelompok  dari dosen justru menjadi kesempatan bagi kamu untuk belajar menyampaikan pendapat dan berkompromi dengan orang lain.

Baca Juga  Ibu, Dengarkan Pengakuanku. Aku Rindu Omelanmu

About Resti Dhian

Apa yang saya tulis belum tentu saya | Alumni PBSI UNY

Check Also

Kamu Yang Pernah Naksir Kakak Angkatan Pasti Merasakan 7 Hal Ini. Ayo Ngaku!

Kegiatan perkuliahan kadang menenmpatkan kita satu kelas dengan kakak angkatan. Bukan hanya bisa jadi kenal …