Pojok #UNYuUNY Banget

Dear Maba, Masuk UNY Adalah Potret Perjuanganmu Yang Menjadi Nyata !

Pada banyak titian hidup, impian menjadi antusiasme dan generator khalayak manusia. Memperjuangkan kesempatan studi di kampus idaman misalnya. Fase-fase tersulit pada ‘jetlag’ kehidupan masa SMA menuju pra mahasiswa menjadi begitu genting untuk dipikirkan, direnungkan, diusahakan dan direalisasikan. Pada banyak kesempatan masa SMA, kamu  pernah begitu disibukan dengan berbagai pendalaman materi. Belum lagi tugas-tugas mendetail tiap mata studi, di satu sisi kamu juga merasa wajib hukumnya ‘meng –push’ usahamu di detik-detik tingkat akhir.

Rajin mengikuti sosialisasi kampus kakak-kakak kelas terdahulu menjadi pemacumu. Tiap malam kamu terus membulatkan tekad agar bisa lulus seleksi perguruan tinggi.

Tapi, kamu tetap manusia.

Memasuki usia kepala dua memang akan identik dengan atribut-atribut pencarian jati diri, passion, komitmen, visi-misi, tanggung jawab hingga kemandirian. Ada kalanya ditengah-tengah perjalanan kamu merasakan lelah yang luar biasa. Merasa was-was, takut gagal, takut tidak lulus menjadi bumbu malam-malammu.

Tak apa –apa …

Semua masa itu telah kamu lewati dan perjuangkan dengan begitu hebat, di titik kulminasi, kamu berhasil mengunduh nikmatnya.

foto: instagram.com/unyofficial/

 SELAMAT ! KAMU  TELAH RESMI DITERIMA DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA !

Serangkaian prosesi yang melelahkan akan kembali diuji melalu ‘tabuh genderang’’ perjuangan. Kamu yang hari ini dan 1.460 hari berikutnya akan ditempa di kawah candradimuka segera  berkemas dan bersiap-siaplah !

Di titik mula, kamu akan diajak berefleksi mengenang kembali beribu-ribu perjalanan, doa dan air mata yang berlalu lalang sepanjang jalan untuk mencapai satu titik pelita yang diharapkan mampu membawa pada keberfungsian serta perihal kebahagiaan dan membahagiakan. Sorak –sorai dan gema lagu-lagu perjuangan akan menjadi saksi bisu masa orientasimu. Melalui fakultas dan jurusan, kamu akan kembali dibelajarkan menyongsong masa depan. Ingatlah kembali tujuanmu jauh melalang hingga ke Jogja  ; Ngangsu Kawruh .

Bring your a game from the start !

Untukmu yang telah bergabung menjadi keluarga kampus hijau, Fakultas Ilmu Pendidikan.Berangkat dari analog Jabang Tetuka ‘Gatotkaca’ ; kesaktian tanpa tanding ditatar lembah candradimuka sebagai cikal bakal Fak.Ilmu Pendidikan, mari amalkan ilmu pedagogi dan tunaikan janji serta bakti sesuai amanat undang-undang . Bantu wujudkan pendidikan  guna membangun Indonesia yang  berjaya !

Baca Juga  9 Hal Yang Bikin ‘Krispi’ Antara Gamer dan Pasangannya

Mahasiswa makara ungu, Fakultas Bahasa dan Seni, menggarap konteks seni dan bahasa yang mengandung aksiologi dan estetika akan menjadi rutinitasmu sehari-hari. Rajinlah terlibat dalam membumikan ragam budaya dan upaya pelestarian khasanah bahasa. Tetaplah menjadi mercusuar yang membudaya !

MenjadI kritis perlu untuk mengimbangi rasa berani, di FIS (Fakultas Ilmu Sosial) kamu harus siap digembleng  untuk berkutat dengan ilmu-ilmu sosial dan  penguatan pendidikan ilmu sosial yang bercorak keindonesiaan berdasar semangat pergerakan yang menjadi ruh fakultas perjuangan ini. Semangat  tim Oecophylla !

Untuk para calon saintis muda dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam (FMIPA), tetaplah menjunjung tinggi sikap dan sifat  ilmiah dalam segala ranah. Curiosty,Critical reflection, dan Sensitivity ialah contoh ‘Aptus (sikap) utama’ dalam mempelajari dan menerima pengetahuan.

Baca Juga  Mengenal Lebih Jauh 4 Kampus UNY

Pada kajian bidang teknik , mahasiswa ‘rajawali  utara’ , dari Fakultas Teknik wajib menginterpretasikan nilai dan adopsi tepat guna dalam transfer pengetahuan dan proses praktik interna pada fakultas maupun prodi sehingga dapat disebarluaskan pada kalangan masyarakat. Dengan demikian perkembangan teknologi Indonesia di era global bisa semakin berdaya. Salam Teknika  Jawara!

Umpama ontologi dalam filsafat ilmu olahraga , Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) menjadi wadah pendidikan jasmani guna mendukung dan menopang kematangan jiwa dan raga melalui ragam aktivitas dan permainan berisi ‘perjuangan’ melawan unsur alam, orang lain dan diri sendiri. Para mahasiswa FIK sudah seyogyanya mau dan mampu menebar wawasan keolahragaanya sebagai upaya “Sport for All”. Klaim sejarah membuktikan FIK menjadi ‘rintisan karier’ banyak atlet dan olahragawan Indonesia. Dan maba FIK yang baru kini giliranmu !

Sebagai pamungkas yang djuga krusial, untuk para calon ekonom muda Fakultas Ekonomi tekun dan bersiaplah agar mampu menjawab tantangan perekonomian dunia pada situasi global yang akan datang.

………………………………………………………………………………………………………………………………..

Sekarang telah lepas gundah gulanamu . Apapun pilihanmu dahulu ,UNY sekarang kampusmu dan esok akan menjadi almamatermu !

Tentrem Restu Werdhani

Belajar menulis untuk mengisi apa yang belum diketahui . Bisa diikuti potret kegiatannya di instagram @pramudhiyawardhani .

Related Articles

Back to top button
Close
X