Pojok #UNYuTips

#dirumahaja Dengan Mengikuti Kelas Online Gratis

Selama #Dirumahaja pastikan ini merupakan kesempatan kamu untuk mempelajari banyak skill baru. Salah satu kegiatan yang sangat saya sarankan untuk mengisi waktu produktif kamu selama di rumah  aja adalah  mengikuti pelatihan online gratis luar negeri bersertifikat atau biasa disebut dengan MOOC (Massive Open Online Course). Banyak sekali loh pelatihan-pelatihan gratis bergengsi yang hanya bermodalkan gadget dan kuota internet saja. Pelatihan-pelatihan online ini disediakan oleh beberapa perusahaan dan universitas ternama di dunia seperti IBM, Microsoft, Google, Harvard, MIT, University of Newscastle Australia, Finders University, dll. Selain gratis, pelatihan online ini juga dapat mengasah skill Bahasa Inggris karena video pembelajarannya menggunakan pengantar Bahasa Inggris. Berikut ini situs-situs yang menyediakan pelatihan online gratis :

  1. edX

 

Situs edx merupakan situs pelatihan online bersertifikat yang didirikan pada tahun 2012 oleh Universitas Harvard dan MIT. Pelatihan ini berupa rekaman video pembelajaran, forum diskusi, dan ujian. Ada lebih dari 1300 video pembelajaran yang bisa diakses, bahkan  kamu bisa mendapat rekomendasi video yang sesuai dengan tingkatan sekolah seperti S1 atau D3. Beberapa pelatihan bisa mendapat sertifikat gratis dan ada juga yang berbayar.

  1. Coursera

Terdapat lebih dari 2200 video pembelajaran berkualitas tinggi yang disediakan oleh situs Coursera yang melibatkan lebih dari 190 lembaga pendidikan, perusahaan, dan perguruan tinggi terbaik di dunia seperti Duke University, Imperial College London, Stanford, dll. Media pembelajarannya terdiri dari video rekaman dan forum diskusi.

  1. Future Learn
Baca Juga  Pengen Kuliah Di UNY? Program D4 Berikut Ini Bisa Menjadi Pilihanmu!

 

Di situs Future Learn bisa memilih skill di bidang apa yang ingin kamu pelajari seperti sains, kesehatan, psikologi, pendidikan, bisnis manajemen, sampai robotika juga tersedia disini. Di situs pelatihan online ini kamu akan mendapat video pembelajaran, forum diskusi, artikel, dan kuis. Tentunya pelatihan ini melibatkan banyak perusahaan dan universitas ternama di dunia.

  1. Alison

Keunggulan situs pelatihan online di Alison yaitu kita dapat memilih subject pelajaran yang kita minati dan mendapatkan materinya, bahkan ada tesnya dan bisa kita retake berkali-kali apabila masih belum memenuhi target. Meskipun sertifikatnya berbayar, kita masih tetap bisa menikmati video pembelajarannya tanpa harus menebus sertifikatnya.

  1. Open2Study

Situs pelatihan online Open2Study merupakan situs yang didirikan pada tahun 2013 oleh organisasi perguruan tinggi dari Australia. Situs ini dikelola oleh Open Universities Australia dan juga melibatkan universitas ternama di Australia seperti Finders University, dll. Disini ada dua kategori yaitu University Courses dimana kamu dapat berkuliah dengan jarak jauh secara online mendapat sertifikat terakreditasi seperti mahasiswa yang berkuliah di kampus secara offline. Kedua yaitu Free Course dimana kamu hanya dapat mengikuti kursus gratisnya saja.

  1. Udemy
Baca Juga  Rekomendasi Kost Putri Sekitar UNY Wates

 

Keunggulan dari situs pelatihan online udemy adalah selain mendapatkan materi, kita juga memiliki kesempatan mengisi materi dan tentunya apabila sudah sesuai dengan syarat-syarat yang sudah ditentukan, bahkan kita juga mendapat penghasilan dari orang-orang yang mengikuti materi yang diisi oleh kita. Namun, situs video pembelajaran yang disediakan oleh udemy tidak semuanya gratis.

Sebenarnya masih banyak situs-situs pelatihan online gratis dan berkualitas. Bahkan apabila masih kesulitan dengan pengantar Bahasa Inggris, kita bisa mendapatkan kursus online gratis juga yang disediakan oleh lembaga di Indonesia seperti IndonesiaX yang menyediakan banyak sekali kategori ilmu yang dapat kita pelajari. Apablia ingin mempelajari seputar self-improvement juga bisa melalui di situs eLearn.id. Ingin belajar Bahasa asing bisa di Duolingo. Ingin mempelajari seputar manajemen bisnis bisa di akses mealui situs STUDIILMU. Selain itu ada juga situs KhanAcademy, SkillShare, dll.

Segera daftarkan diri di kelas online gratis ini agar dapat menambah wawasan dan mengembangkan skill kamu selama #Dirumahaja.

Related Articles

Back to top button
Close
X