Garuda UNYKabar Kampus

Mobil Formula Garuda 16 UNY Siap Berlaga di Student Formula Japan

Generasi muda Indonesia sudah sepatutnya mengembangkan diri dan menjadi anak bangsa yang membanggakan Indonesia dengan segudang prestasi yang diraihnya.

Tak mau ketinggalan untuk menjadi salah satu anak bangsa yang berusaha untuk membanggakan Indonesia dimata Internasional,GarudaUNY Racing Team pun meluncurkan mobil yang diberi nama Formula Garuda 16 (FG-16).

Setelah Garuda Hybrid 16 (GH 16) buatan mereka berhasil mendapatkan posisi juara 1 saat berlaga di ISCC 2016 di Songsan Myun Hwangsungsi, Korea Selatan, beberapa waktu lalu.

F16

Kini, dengan mobil Formula Garuda 16 (FG-16)ini, GarudaUNYRacing Team dijadwalkan akan mengikuti kompetisi bergengsi 2016 yaitu Student Formula Japan (SJF) di Shizouka, Jepang, pada 6 hingga 10 September mendatang. SJF sendiri merupakan salah satu seri yang dipayungi oleh Societu Automotive Engineering (SAE).

Dikatakan Teguh Arifin, Ketua GarudaUNY Racing Team, FG-16 ini merupakan penyempurnaan dari mobil sebelumnya F-15.Dari segi berat, FG-16 memiliki berat keseluruhan 220 kg. Berat tersebut tentunya lebih ringan 25 kg dari pada mobilsebelumnya.

Selain itu, FG-16 Frame memakai jenis turbular steel space frame, kemudian diperkuat dengan single cylinder engine 600 cc yang mampu mengeluarkan tenaga 46 horse power pada 7000 rpm dengan torsi sebesar 42 Nm pada 5200 rpm.

baca juga : Garuda UNY Jadi Juara Umum Di ISGCC 2015, Korea Selatan

Untuk tenaga sebesar itu, FG-16 menggunakan Limited Slip Differential (LSD) dengan axle shaft bermaterial baja AISI 4140. Hal tersebut dipersiapkan untuk mempu menyeimbangi kekuatan yang dimiliki oleh FG-16.

Baca Juga  Mahasiswa UNY Raih Juara II LKTI Nasional K3

Ditambah lagi, FG-16 Engine Control Management System memakai ECU Motec M400 yang dilengkapi dengan traction control dan telemetri data recording.

“Target kami untuk perlombaan ini adalah lolos technical inspection, setelah itu menyelesaikan Static event semua dengan lancar, kemudian yang utama adalah pada dinamic eventnya dimana pada tahun lalu, kami miss di dua kategori yaitu acceleration, skidpad sehingga tahun ini kita targetkan dengan nomer mobil 29 itu kita bisa melakukan technical inspection terlebih dahulu, static event terlebih dahulu, dan dynamic event lebih awal,” terang Teguh yang ditemui saat acara peluncuran FG-16 di Wisma Joglo, Senin (15/8/2016).

Lanjut mengenai FG-16, sistem pemindah tenaga FG-16 memiliki percepatan dengan double shifter yaitu electric shifter dan manual hand shifter, dengan material STKM 11 A dengan bagian belakangnya menggunakan Rear bulkhead dengan material alumunium 7075.

Untuk suspensi nya, FG-16 Suspension system memakai tipe unequal non parallel link arm dengan pull rod pada suspensi depan dan push rod pada suspensi belakang. FG-16 damper damper memakai tipe double barrel yang dilengkapi dengan compression dan rebound adjuster.

Baca Juga  Daya Tampung dan Peminat SBMPTN Universitas Negeri Yogyakarta 2018

Kemudian sebagai fitur tambahan juga dilengkapi dengan anti roll bar dan suspension travel sensor. FG-16 Brake system memiliki 2 master cylinder dengan fix caliper yang terpasang pada ke empat rodanya.

Untuk bodynya, FG-16 menggunakan material Full Fiber Carbon dan untuk aerodinamicnya dilengkapi dengan undertray dan diffuser. FG-16 Ergonomi memiliki driver seat yang telah disesuaqikan dengan posisi punggung driver dengan material fiber carbon supaya kuat dan ringan.

Selain itu, Steering Wheel nya juga bermaterial sama dengan handle kemudi dilapis karet supaya nyaman untuk pengemudi. Dan untuk safety systemnya pada bagian depan menggunakan Impact Attenuator (crash box) bermaterial alumunium yang telah diuji kelayakan.

Dan pada bagian cookpit diselimuti dengan fire wall bermaterial alumunium.

“Alhamdulillah dengan pengalaman yang pertama kita jadi tahu kekuatan dan kelemahan kita, kita akan tingkatkan, terlebih kelemahan kita, sudah kita selesaikan sehingga InsyaAllah, adik-adik ini akan cepat masuk pada putaran untuk dynamic test,” tutup Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta

sumber : tribunnews.com

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X