Garuda UNY Team Jalani Hari Pertama SEMA 2018 | UNY COMMUNITY
Home / Garuda UNY / Garuda UNY Team Jalani Hari Pertama SEMA 2018

Garuda UNY Team Jalani Hari Pertama SEMA 2018

Shell Eco-marathon Asia (SEMA) 2018 yang diadakan di Changi Exhibition Center, Singapura, memasuki hari pertama kompetisi. Kompetisi ini akan berlangsung selama 5 hari, terhitung sejak hari pertama, Rabu (7/3) hingga Minggu (11/3) mendatang. Tahun ini adalah tahun kedua GUT berpartisipasi dalam kompetisi tersebut. Pada tahun pertama, GUT berhasil menyabet gelar juara 3 untuk kategori Urban Concept ICE (Internal Combustion Engine) dengan hasil 221 km/L. Tahun ini, tim mengirimkan 16 orang delegasi dengan didampingi seorang advisor dan membawa mobil UG – 18.

GUT telah selesai melaksanakan hari pertama kompetisi yang dimulai pukul 08.30 waktu setempat. Tim tiba di Changi Exhibition Centre pada pukul 11.00. Setibanya di venue, tim langsung melakukan check-in yang kemudian segera disusul pelaksanaan technical inspection (TI). Sebelum check-in, tim terlebih dahulu menyiapkan dokumen-dokumen sejak pagi hari. Begitu check-in selesai, tim langsung membuka kargo mobil untuk kemudian di-repair bagian-bagian yang kurang sempurna. TI di hari pertama berlangsung selama 6 jam yang dimulai pada pukul 13.00 sampai dengan 19.00. Proses pengecekan kendaraan yang kemudian dilanjutkan hingga pukul 21.45 tersebut berhasil dilalui tim dengan melakukan pengecekan pada fuel line. Namun dikarenakan waktu TI hari pertama sudah usai, tim diminta untuk melanjutkan TI di hari esok yang akan dimulai pada pukul 07.30. Untuk TI hari kedua, tim akan dihadapkan dengan pengecekan komponen lain pada kendaraan UG-18.

Baca Juga  UNY Juara 2 Kontes Mobil Hemat Energi 2017

TI merupakan event yang sangat penting karena pada TI inilah kesesuaian syarat-syarat kendaraan dengan regulasi akan diperiksa oleh para juri. Semua tim harus bergegas untuk mengantre pada TI ini. Waktu yang diberikan panitia untuk TI pun juga terbatas. Tim yang kehabisan waktu untuk mengatre tidak dapat mengikuti perlombaan ini.

Cuaca yang berangin ringan dan hujan mewarnai TI hari pertama. Di hari itu juga, tim melakukan survei terkait track untuk membantu driver pada saat melakukan race serta site map guna mempermudah akses bagi setiap orang dalam sirkulasi bantuan dan komunikasi. Kondisi ini menjadikan koordinasi dengan panitia menjadi sangat penting karena belum tentu yang tertera dalam regulasi dan participant handbook dapat berjalan sesuai rencana.

Baca Juga  Kursi Relaksasi Ala Mahasiswa UNY

Garuda UNY Team menargetkan memperoleh hasil yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. “Bila sebelumnya menduduki posisi ketiga, tim berharap tahun ini bisa meningkat. Kami juga berharap bisa lolos ke DWC (Drivers’ World Championship) di London bulan Juli nanti,” tutur Ilham Nofi Yoga, selaku team manager.

Garuda UNY Team mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Ikatan Keluarga Alumni Otomotif UNY (IKATO), Motul Indonesia, Garuda Indonesia, Indonesia Steel Tube Works (ISTW), Yamaha, Stadion Maguwoharjo, PT Citra Jogja Kreasi, IGUS, DS Solidworks, YUASA, dan FDR. Tim memohon doa restu supaya mendapatkan hasil yang terbaik. (Zaf)

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Berkah Ramadhan Tokopedia Belanja Online Melimpah Untungnya !!

Hallo semua ! apa kabar nih puasanya? Semoga masih full ya gaes. Alhamduliah tidak terasa …