Garuda UNYKabar Kampus

Garuda UNY TEAM Uji Coba Garuda Hybrid (GH) 16

Garuda Hybrid (GH) 16, mobil hybrid buatan tim mobil Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang akan menjadi satu-satunya mobil buatan mahasiswa Indonesia pada kompetisi International Student Car Competition 2016 yang akan datang, tengah memasuki tahap uji coba.

GARUDA HYBRID (GH) 16

“Pada tahap uji coba ini, driver Garuda UNY Team (GUT) sudah mulai melakukan latihan rutin, tiga kali dalam sepekan di stadion Maguwoharjo, Sleman. Seiring dengan tahap uji coba ini, proses pengembangan masih terus dilakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal.”ungkap Teguh, selaku ketua tim ISCC.

Terhitung sejak November 2015, GUT memulai proses pengerjaan mobil untuk kompetisi yang akan dihelat 27-28 Mei 2016 di Songsan-Myun, Hwasung-si, Gyeonggi-Do, Korea Selatan. Setelah selesai tahap pembuatan desain dan proses analisis, GUT melakukan proses pengerjaan rangka. Mobil yang mendapat nomor 115 ini memiliki rangka yang sedikit berbeda dengan rangka mobil yang membawa Indonesia menjadi Juara Umum di ISCC tahun silam.

“Rangka tahun ini merupakan pengembangan rangka tahun kemarin.“ tutur Anwar Dwi Murwanto, Automotive Designer of Garuda UNY Team.

Anwar menambahkan bahwa rangka dibuat dengan berat seminim mungkin dan sesuai dengan regulasi kompetisi. Tahun kemarin peserta dibebaskan untuk membuat rangka dengan kreasi dan inovasi yang dikehendaki, tidak ada ketentuan khusus terkait ukuran, namun sekarang ada beberapa ketentuan, seperti ketebalan dan diameter pipa yang digunakan. Hal itulah yang menyebabkan perbedaan,selain untuk meminimalisir beratnya juga menyesuaikan regulasi untuk tahun ini.

Baca Juga  Hidup Prihatin Tak Halangi Zefki dan Sumarno Sabet IPK 4.0 di UNY

“Keseluruhan bahan dasar pembuatan rangka ini didukung oleh  PT. Indonesia Steel Tube Works (ISTW), perusahaan yang bergerak di bidang steel manufaktur dan telah menjadi sponsor GUT sejak tahun 2015. Dukungan semacam ini sangat membantu Garuda UNY Team untuk terus berkarya demi mengharumkan Indonesia di mancanegara. GUT selalu siap sedia dengan tangan terbuka menyambut bantuan sekecil apapun dari pemerintah, perusahaan, dan masyarakat.” tutup Anwar (Een)

sumber : uny.ac.id

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X