Kabar Kampus

Mahasiswa Dengan IP Tertinggi, Lulus Tercepat Dan Usia Termuda Periode November 2016

Wisuda lulusan S3, S2, S1, dan D3 Universitas Negeri Yogyakarta periode November telah dilaksanakan di GOR UNY (26/11). Pada wisuda kali ini Anita Nur Khasanah dari prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi berhasil meraih indeks prestasi tertinggi untuk jenjang S-1 yaitu 3,87. Gadis kelahiran Kulon Progo 27 Juli 1994 tersebut mencapai prestasi tersebut dengan cara memberi perhatian penuh pada pelajaran yang disampaikan dosen di kelas. “Setiap semester saya upayakan mengambil SKS semaksimal mungkin” katanya. Alumni SMKN 1 Pengasih tersebut mengatakan bahwa dalam belajar juga diatur sebaik mungkin antara kuliah dan keaktifan dalam organisasi mahasiswa yang diikutinya, yaitu Himpunan Mahasiswa Akuntansi. “Kalau belajar saya tidak mau diganggu agar tidak membuyarkan konsentrasi” ujar warga Bulak, Tuksono, Sentolo, Kulonprogo tersebut. Putri kedua pasangan Paingun dan Sugini tersebut berhasil memperoleh beasiswa bidikmisi dan saat ini sudah bekerja di salah satu perusahaan multimedia di Yogyakarta.

mahasiswa-dengan-ip-tertinggi

Mahasiswa yang lulus tercepat dalam wisuda UNY periode ini adalah Agung Baskoro dari prodi Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial yang berhasil menempuh pendidikan S-1 dalam waktu 3 tahun 2 bulan. Menurut pria kelahiran Lubuk Pakam 22 April 1994 tersebut, untuk bisa lulus dalam waktu singkat strategi yang diambil adalah mengambil paket maksimal SKS tiap semesternya. “Saya menargetkan agar tidak terlalu lama di bangku kuliah” kata Agung. Alumni SMAN 2 Lubuk Pakam Sumatera Utara tersebut selalu fokus pada tujuannya yaitu kuliah dalam waktu singkat. Putra pasangan Gunadi SB dan Jusmawati HS tersebut berkisah bahwa penyelesaian tugas akhir skripsinya juga cukup cepat karena selalu mengajukan konsultasi tiap selesainya satu bab. Dari sinilah warga Jl. Gelatik, Perbaungan Sumatera Utara tersebut berhasil menamatkan studinya dalam waktu singkat.

Sedangkan Fauziyah Althaf Amani dari prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi merupakan lulusan termuda dalam wisuda UNY periode ini. Gadis yang lahir di Bogor, 20 November 1995 tersebut berhasil menjadi lulusan termuda karena berhasil meraih gelar sarjana dalam usia 21 tahun. Alumni SMAN 2 Bogor tersebut memulai pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) pada usia 3,5 tahun di TK Bina Insani Bogor. Kemudian masuk ke jenjang Sekolah Dasar (SD) Bina Insani pada usia 5,5 tahun. “Pada saat saya kelas 4 SD, saya mendapatkan peringkat 3 besar dan guru saya merekomendasikan saya untuk mengikuti program akselerasi” kata Fauziyah “Program akselerasi adalah program percepatan dari kelas 5 SD langsung bisa mengikuti ujian kelas 6 SD dan meneruskan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP)”. Pada awalnya orangtua Fauziyah yaitu Akhmad Mahmudin, S. IP, M. Si. dan Musrifah Al Rasyid tidak mengizinkan karena umur Fauziyah saat itu baru 8,5 tahun, tetapi karena warga Perum BTN Sindang Barang Indah Bogor tersebut bersikeras ingin mengikuti program tersebut pada akhirnya orangtua mengizinkan. Fauziyah melanjutkan pendidikan ke SMP pada umur 10,5 tahun dan menyelesaikan studi di SMA Negeri 2 Bogor umur 16,5 tahun. Setelah itu Fauziyah mengikuti tes SNMPTN Undangan ke prodi Akuntansi UNY dan menyelesaikan studi pada umur 20 tahun. Sekarang Fauziyah sudah bekerja sebagai honorer di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di Biro Keuangan dan Umum bagian Akuntansi dan Pelaporan.

Baca Juga  UNY Wisuda 1.122 Lulusan, 2 Diantaranya lulus dengan IPK 4.0

sumber : uny.ac.id

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X