Kabar Kampus

Green House UNY Panen Melon

FMIPA UNY khususnya Jurusan Pendidikan Biologi mempunyai banyak laboratorium (lab), salah satunya green house yang ada di lantai 4 lab Biologi.Green house tersebut ditanami beberapa jenis tanaman di antaranya sawi, bayam, cabai, dan melon yang ditanam dan dikelolah oleh mahasiswa dan pengelola lab. Di tempat tersebut ada lebih dari 200 tanaman melon yang siap dipanen.

FMIPA UNY panen melon

Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., bersama para pejabat UNY lainnya melakukan panen melon yang ada di green house tersebut, Selasa (14/7/2015).  Sebelum memanen para pejabat tersebut mendapat penjelasan dari  pengelola green house yaitu Suratsih, M.Si.  Waktu memanen mereka memetik sendiri  buah melon sesuai selera masing-masing.

Baca Juga  Jadwal Registrasi Semester Gasal 2017-2018 UNY

Di sela-sela panen, Rektor mengatakan bahwa dengan adanya kebun percobaan ini bisa memberikan bukti kepada para mahasiswa dan dosennya untuk bisa berbuat sesuatu di bidang agrobisnis.

“Buah melon bukan hanya dikonsumsi di daerah Jogja saja tetapi  juga menjadi konsumsi di belahan dunia lainnya. Di hotel-hotel dalam negeri dan luar negeri  hidangan makannya hampir selalu ada buah melon dan semangka,” lanjutnya.

Kalau ini dikembangkan terus dan tidak berhenti sampai di sini, serta ada marketing yang bagus maka hal ini bisa menjadi sumber kehidupan dengan berwirausaha. Buah melon dan semangka yang banyak dikonsumsi manusia di belahan dunia lain menunjukkan bahwa buah melon ini mempunyai prospek pasar yang bagus.

Baca Juga  Mahasiswa Sastra Indonesia UNY Usung Mangir dan Rahim Semesta dalam Malam Puncak Bulan Bahasa

Sementara itu Suratsih menjelaskan bahwa tanaman yang ada di green house ini hanya menggunakan pupuk organik. Pupuk kimia hanya untuk menstimulasi saja. Sedangkan untuk tempat tanam, satu tempat hanya untuk satu pohon, karena jika satu tempat untuk dua pohon hasilnya kurang maksimal atau buahnya hanya kecil-kecil.

sumber : uny.ac.id

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X