Hai CAMABA UNY, Ini Dia Jalur SM UNY Yang Bisa Kamu Ikuti! | UNY COMMUNITY
Thursday , 13 December 2018
Home / PMB UNY / Hai CAMABA UNY, Ini Dia Jalur SM UNY Yang Bisa Kamu Ikuti!

Hai CAMABA UNY, Ini Dia Jalur SM UNY Yang Bisa Kamu Ikuti!

Pada seleksi masuk universitas, ada beberapa jalur penerimaan yang memungkinkan calon mahasiswa baru berkompetisi sesuai dengan sistem jalur penerimaan masing-masing.Salah satunya adalah Seleksi Mandiri. Seleksi ini biasanya dilakukan setelah seleksi SNMPTN dan SBMPTN. Seperti Universitas Negeri Yogyakarta yang juga memiliki jalur penerimaan melalui Seleksi Mandiri untuk jenjang S1/ D3 loh. Buat kamu yang belum lolos SNMPTN maupun SBMPTN di UNY jangan bersedih hati karena jalur SM UNY masih membuka kesempatan buat kamu. Apa aja sih yang mesti diketahui di SM UNY? Yuk simak artikel ini.

Universitas Negeri Yogyakarta membuka jalur penerimaan S1 dan D3 melalui seleksi mandiri antara lain: Seleksi Mandiri Kerjasama, Seleksi Mandiri Prestasi, Seleksi Mandiri SBMPTN dan Seleksi Mandiri Ujian Tulis.

1. SM- Prestasi Unggul

Seleksi ini buat kamu yang memiliki prestasi, jadi tidak perlu seleksi melalui tes. Upload prestasimu disitus resmi PMB UNY. Seleksi ini juga menerima Hafidz Qur’an loh. Pada seleksi ini kamu hanya bisa memilih satu program studi S1/D3.

2. SM- SBMPTN

Seleksi ini menggunakan nilai hasil tes SBMPTN kamu di tahun yang sama, otomatis kamu harus mengikuti SBMPTN ya sebelumnya. Pilihan program studi harus sesuai dengan kelompok yang di pilih ketika ujian SBMPTN sebelumnya. Ingatnya, kelompok. Kelompok yang dimaksud itu seperti SAINTEK, SOSHUM dan CAMPURAN. Kamu bisa memilih maksimum 2 program studi S1/ D3.

Baca Juga  Perilaku Mahasiswa yang Sulit Untuk Dimaafkan

3. SM- Ujian Tulis

Seleksi ini berbasis tes akademik. Kamu bisa memilih maksimum dua program studi S1/ D3. Untuk kelompoknya ada SAINTEK, SOSHUM dan CAMPURAN. Pada seleksi ini, kamu bisa mengikuti tes dengan dua cara yakin Paper Based Test (PBT) atau Computer Based Test (CBT) tentunya kamu sudah tidak asing lagi ya dengan istilah tadi. Jadi bisa pakai kertas manual dan bisa pakai computer. Namun untuk computer kuotanya terbatas ya jadi kalau ingin ikut yang CBT kamu harus segera mendaftarkan diri. Materi yang diteskan pada seleksi ini antara lain sebagai berikut:

  • SAINTEK: Tes Potensi Akademik, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
    dan Bidang Studi IPA
  • SOSHUM: Tes Potensi Akademik, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
    dan Bidang Studi IPS
  • Campuran: Tes Potensi Akademik, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bidang Studi IPA dan Bidang Studi IPS

4. SM- Kerja Sama

Seleksi ini merupakan Seleksi Mandiri Ujian Tulis yang diselenggarakan atas dasar Kerja Sama antara UNY dengan instansi pemerintah atau swasta.

Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri UNY

Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri UNY kisaran Rp 150.000- Rp 250.000. Untuk jalur SM Prestasi biaya pendaftarannya Rp 200.000, SM SBMPTN Rp150.000, SM Ujian Tulis Rp 200.000 untuk kelompok SAINTEK dan SOSHUM sedangkan untuk Campuran membayar biaya pendaftaran Rp 250.000. Calon peserta yang memilih prodi yang mensyaratkan Uji Keterampilan maka membayar biaya Uji Keterampilan sebesar Rp 100.000. (Untuk biaya setiap tahun bisa saja berubah)

Baca Juga  5 Hal Yang Wajib Kamu Tahu Dari PGSD Penjas UNY

Lokasi Tes

Lokasi Tes ini khususnya untuk Seleksi Mandiri Ujian Tulis ya, lokasinya di Yogyakarta. Bisa di Universitas Negeri Yogyakarta dan bisa juga di SMP/ SMA di Yogyakarta. Kalau kamu berasal dari luar Jogja dan mengambil jalur Seleksi Mandiri Ujian Tulis hendaknya kamu mempersiapkan keberangkatanmu. Transportasi apa yang akan digunakan serta akan menginap di mana.

Materi Tes

Materi Tes ini juga untuk Seleksi Mandiri Ujian Tulis. Materi untuk k Tes Kemampuan Dasar SOSHUM antara lain: Ekonomi, Geografi, PKn, Sejarah dan Sosiologi yang terdiri dari 100 butir soal dan masing-masing 20 soal. Sedangkan untuk Tes Kemampuan Dasar SAINTEK antara lain: Biologi, Kimia, Fisika dan Matematika.

Jadwal Pendaftaran dan TES

info lengkap untuk kapan mulai pendaftaran, tes dan pengumuman SM UNY bisa kamu akses melalui Link berikut ya gaes http://pmb.uny.ac.id/jadwal-penerimaan-mahasiswa-baru-uny-th-2018

Di atas adalah secuil informasi dasar yang perlu kamu ketahui mengenai Seleksi Mandiri UNY. Sedikit saran untuk kalian nih, update terus informasi mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru UNY agar bisa mempersiapkan segala sesuatunya. Selamat berjuang, semoga sukses!

About Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Check Also

Yuk Belajar Broadcasting dan “Express Your Mind” Bersama Magenta Radio

Kemampuan broadcasting tentunya perlu diasah agar public speaking dan pengetahuan tentang dunia broadcasting semakin mumpuni. …

X