Hai Maba UNY, Tempat-tempat Penting ini Harus Kamu Ketahui! | UNY COMMUNITY
Sunday , 20 August 2017
Home / Pojok #UNYu / Hai Maba UNY, Tempat-tempat Penting ini Harus Kamu Ketahui!

Hai Maba UNY, Tempat-tempat Penting ini Harus Kamu Ketahui!

Selamat untuk kamu yang telah diterima menjadi mahasiswa UNY. Tentu tak mudah untuk mencapai posisi ini. Tak heran  bila ada perasaan bahagia yang begitu saja menyeruak begitu kamu diterima menjadi mahasiswa UNY. Walaupun begitu memasuki dunia baru terkadang menimbulkan perasaan cemas. Segala perubahan memang butuh adapatasi. Rangkuman tempat-tempat penting di sekitaran kampus UNY ini akan membantumu untuk cepat beradaptasi.

  1. Kopma UNY
pic : kopmauny.com

Kopma atau Koperasi Mahasiswa UNY, adalah salah satu tempat dimana kamu bisa “belanja hemat” sesuai dengan ukuran kantong mahasiswa. Apa aja yang bisa kamu beli disini? Dari alat tulis hingga peralatan mandi tersedia di sini.Selain itu, bagi kamu Maba-Maba UNYu yang akan memasuki masa-masa Ospek, tempat ini juga menyediakan beberapa kebutuhan ospek yang mungkin hanya bisa didapatkan di tempat ini. Pengin tahu,kira-kira apa ya kebutuhan Ospek yang tersedia disini? Yup, “Jus for yu” eh salah maksudnya “Jus Madu”. Hah, apa itu? Itu loh jus yang terbuat dari madu. Hah,masa sih? Bukan-bukan, jadi jus madu adalah nama jus yang terbuat kelengkeng, madu dan bunga melati.Bagi yang belum pernah nyoba, bisa tuh langsung dateng ke sini. Terus apalagi kak? Ohiya, Kopma UNY juga punya icon air mineral khusus seperti “aqua”nya UNY yaitu “Pelangi”. Wah, namanya UNYu ya, kok bisa gitu? Coba kamu tanya sama HIVI ya, soalnya dia yang nyiptain lagu “Pelangi”. Wah, kurang fokus nih belum minum pelangi. So, tunggu apalagi yuk ke KOPMA UNY, biar bisa fokus nentuin masa depan kamu, sama dia, eh sama karir, maksudnya, elah.

  1. Toko Merah

Toko Merah? Dari namanya sepertinya tokonya berwarna merah? Yup, nama memang mencerminkan identitas sesuatu dan atau seseorang.Jika kamu bingung dan pengin nyari alat tulis yang super duper lengkap, datang aja ke Toko Merah. Wah,lokasinya dimana kak? Coba tanya mbah google. Jadi tempat ini berlokasi di Jalan Gejayan, dekat sama Universitas Sanata Dharma dan Kantor Pos. Disini kamu bisa beli kertas samson (Wah kertasnya gedhe nih pasti kayak Samson), buffalo(Wah kertasnya pasti terbuat dari kulit kerbau nih), karton (wah kertasnya pasti gambar macam doraemon gitu nih). Eits, bukan dek, bukan. Jadi buat kamu yang semisal diminta sama dosen kamu untuk ngerjain tugas misalnya bikin mindmap gitu, pake jenis kertas tertentu, kamu bisa langsung datang ke Toko Merah aja dan cukup bilang “Mas/Mbak, saya pengin beli kertas X.” Pasti mas-mas atau mbak-mbaknya udah tahu kertas apa yang dimaksud. Dan akhirnya semua dugaan-dugaan kamu tentang jenis kertas yang tadi disebutkan, akan segera hilang perlahan-lahan dan kamu bakal tercerahkan. Hehe.

  1. Sunmor
pic : kompas.com

Sunmor , apasih? Sunmor atau Sunday Morning adalah sejenis pasar pagi yang biasa rame di hari Minggu (yaiyalah dari namanya aja udah Sunday, wah pinter emang). Eh, eh tapi dimana sih itu kok rame? Nah, buat kamu yang selo di hari minggu bisa mengunjungi sunmor yang berlokasi di sekitar daerah kampus UNY dan UGM, mulai dari sebelah barat FBS hingga dekat Fakultas Peternakan UGM, Fakultas Hukum UGM dst. Disini kamu bisa beli barang dengan harga super murah. Ga percaya? Coba aja dateng dan disana kamu bakal nemuin tulisan “10rb gratis 4 pasang kaos kaki”. Omooo, murah banget kan? Okay lanjut, selain itu bagi kamu “ukhty-ukhty” yang sedang belajar berhijab,jangan salah disini juga tersedia berbagai jenis hijab dari jenis paris,Inggris, Yunani, Romawi, Persia,eh Indonesia ada gak ya? Eh bukan,bukan dari itu maksudnya dari jenis paris, katun, sifon, wolfis dsb yang tentunya sesuai dengan kantong kamu. Apalagi? Ohiya biasanya ada bapak-bapak yang jual es goreng(es goreng, es yang digoreng kak, kapan matengnya ya kak?) dengan logatnya yang super unik yang mencoba akrab dengan pelanggannya dan menyempilkan informasi tentang Djogdja. Kamu penasaran? Yuk, dateng sama gebetan kamu? Eh, kaca mana kaca.

  1. Limuny

Limuny, wah bacanya “limuni” apa “limunai” ya kak? Terserah, bagi kamu yang normal, Inshaa Alloh bacanya juga normal. Tapi bagi kamu yang emang belum minum pelangi, pasti bacanya bakal, bakal gimana ya, biasa juga sih hehe. Limuny tuh tempat apa ya kak? Limuny adalah tempat yang super duper keren buat kamu yang suka browsing dan posting segala macem dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya (maap belum minum pelangi). Pokoknya tempat ini nyediain fasilitas internet yang pas banget buat kamu yang berstatus sebagai mahasiswa entah untuk ngirim tugas atau nulis jurnal, blog dsb.

  1. LPPMP
pic : poladata.co.id

LPPMP? Apa ya itu kok banyak “P”nya gitu? Lembaga Pusat Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, yup benar sekali pake banget. Wah keren kan. By the way, kenapa sih kita harus tahu tentang tempat ini, ada hubungannya sama mata kuliah kah? Jadi, disini adalah tempat buat kamu Maba-Maba UNYu yang akan melaksanakan Tes TEFL. Tahu kan itu tes apa? Itu loh tes bahasa inggris. Yup, pokoknya TEFL itu singkatnya tes kemampuan bahsa inggris dimana kamu mahasiswa D3 harus mendapat skor 400, S1 skor 425,dan khususon ila mahasiswa jurusan pendidikan bahasa inggris yang notabenenya terdiri dari program studi pendidikan bahasa inggris dan bahasa dan sastra inggris harus mendapat skor sebanyak 500, waw keren kan? Sebagai World Class University, bahasa inggris sebagai bahasa internasional memang harus bisa kita kuasai di era global dewasa ini. So, siap-siap aja buat tes tefl ya. SemangArt.

About Retna Ikawati

Mahasiswi Bahasa dan Sastra Inggris

Check Also

Karena Hidup adalah Sastra, Masuk Jurusan Sastra Bisa Menghidupi Hidup

Masuk Jurusan Sastra? Galau? Baper? Mau jadi apa? Mungkin ada segelintir bahkan banyak orang yang …