Pojok #UNYuUNY Banget

Ingin PKKMB Online Kamu Lancar? Berikut Tipsnya

Halo sobat #UNYu gimana kabarnya? Semoga sehat dan penuh semangat. Siapa nih yang keterima kampus impian? Bahagia pastinya, ketika kerja keras dan perjuangan terbayarkan. Nah, sebelum benar-benar menjalani kehidupan disana, baiknya kita mengenal dulu kampusnya (tak kenal, maka kenalan dulu). Kegiatan yang identik dengan mahasiswa baru yaitu PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru). PKKMB sebagai wadah untuk memperkenalkan kampus, mulai dari tingkat Universitas hingga Fakultas. Namun berbeda dari biasanya, dimasa pandemi kampus di Indonesia memberlakukan PKKMB secara daring/online. Tapi jangan khawatir, karena tulisan kali ini akan berbagi tentang tips PKKMB online. Yuk, langsung disimak.

jadwal PKKMB
  1. Cari tau tentang informasi PKKMB

Kita bisa mulai dari jadwal pelaksanaan, urutan acaranya, platform yang digunakan (apakah lewat youtube, facebook, dan lain-lain). Informasi tersebut bisa kita dapatkan melalui akun resmi kampus, atau biasanya mahasiswa baru dikirimkan informasi kegiatan melalui email yang telah terdaftar.

  1. Siapkan kuota internet
Baca Juga  Yuk Kenalan Dengan UNY Kampus Wates

Karena dilakukan secara online, maka wajib bagi mahasiswa baru mempunyai kuota internet. Gak mau kan habis paket pas lagi streaming, tau-tau pas masuk udah bubar acaranya. Estimasi penggunaan internet yang digunakan, biasanya PKKMB dilaksanakan selama 3 hari. Mulai dari jam 7 sampai 3 sore.

  1. Perlengkapan Mahasiswa Baru

Sebenarnya tips ini berlakunya untuk PKKMB offline, namun tidak menutup kemungkinan akan berlaku juga dalam PKKMB online. Siapkan alat tulis menulis/catatan, kartu peserta, dresscode yang digunakan saat PKKMB juga patut diperhatikan. Terpenting juga, persiapkan konsumsi serta obat-obatan yang cukup.

  1. Lokasi PKKMB

Jangan salah paham ya, yang dimaksud lokasi disini tempat kamu mengikuti kegiatan PKKMB online. Mencari tempat yang nyaman serta sesuai, karena pelaksanaannya akan berlangsung cukup lama. Mau dikamar, ruang tamu, atau kosan.

  1. Cari tempat yang bagus sinyalnya

Jadi selain nyaman, sesuai dengan etika, tempat kita juga memiliki sinyal yang bagus. Gak kebayang kalau kita online bersamaan dalam satu platform pasti akan lelet jaringannya. Oleh karena itu, pastikan tempat kita memiliki kualitas sinyal yang bagus, jika tidak bisa berupaya untuk mencari lokasi yang tepat.

Baca Juga  Antara Penerus dan Pembaru

6. Membangun relasi selama PKKMB

Gunakan kesempatan selama PKKMB untuk mencari teman dari jurusan/fakultas yang sama, kakak tingkat, karena mereka akan menemani selama PKKMB berlangsung, bahkan ketika kita kuliah nantinya.

Memang PKKMB kali ini akan berbeda dari biasanya, namun ketahuilah ini akan kita lewati. Sama halnya dengan aktifitas lainnya, wisuda online, belajar dari rumah, bekerja dari rumah. Hal tersebut bukanlah penghalang untuk menjadikan PKKMB online momen yang berkesan. Nikmati momen yang ada, ini akan menjadi catatan sejarah bahwa angkatan 2020 melaksanakan PKKMB online. Bahkan, bisa menjadi cerita dimasa mendatang bahwa ada angkatan tangguh yang melaksanakan PKKMB dari rumah.

Mohamad Riyandi Badu

Let's inspire the world

Related Articles

Back to top button
Close
X