Pojok #UNYu

Tips Untuk Maba, Cepat Menyesuaikan Kehidupan Kampus

Kehidupan perkuliahan menjadi sesuatu yang baru bagi mahasiswa baru. Tentunya berbeda dengan kehidupan saat masih duduk di bangku sekolah menengah atas. Tak sedikit yang merasa kaget dengan kehidupan saat menjadi maba di suatu kampus dan harus menyesuaikan diri.

Apakah kamu termasuk salah satu mahasiswa baru? Tapi masih bingung bagaimana cara menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus?

Berikut beberapa tips buat kamu agar bisa menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus yang cukup membingungkan bagi mahasiswa baru.

1. Bekali diri dengan karakter dan sikap yang baik

Sebelum mencari tahu lebih lanjut tentang bagaimana menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus, hal yang harus kita perhatikan tentunya adalah diri kita sendiri. Bekali diri kita dengan karakter dan sikap yang baik sehingga bisa dengan mudah menyesuaikan diri dengan siapa pun dan di mana pun.

Baca Juga  5 Keistimewaan “Kebun Apple” Digital Library UNY : Perpustakaan Zaman Now

2. Cari tahu tentang identitas dan budaya kampus

Penting banget buat para mana ketahui nih kalau setiap kampus bahkan fakultas itu punya budaya yang berbeda-beda, jadi wajib banget kamu tahu lebih awal biar gak kaget. Memang sih lama kelamaan kamu bakalan tahu dan terbiasa dengan budaya kampus tapi kalau kamu sudah cari tahu lebih dulu pasti akan membantu kamu dalam banyak hal.

Contohnya nih, budaya di fakultas kamu tuh kalo mau ke ruang jurusan harus konfirmasi dulu gak bisa asal nyelonong aja nah kayak gitu contohnya. Kamu bisa cari tahu dengan cara tanya-tanya ke dosen pembimbing akademik kamu atau bisa ke kakak tingkat.

3. Cari mentor atau kenalan kakak tingkat

Jangan sungkan atau malu buat kontak kakak tingkat kamu, minimal ada satu orang yang kamu kenal dengan baik dan pastikan kalau dia bisa memberikan informasi seputar perkuliahan dengan baik.

Baca Juga  Hal-hal Bermanfaat yang Bisa Dilakukan Ketika Menunggu Waktu Wisuda

Kakak tingkat ini juga bisa kamu jadikan sebagai mentor perkuliahan kamu loh. Terlebih kakak tingkat yang satu prodi karena biasanya memiliki banyak pengalaman terkait mata kuliah, dosen, dan informasi lainnya.

4. Ikut minimal satu organisasi

Untuk semester 1 sebenarnya opsional mau bergabung organisasi atau tidak. Namun, tak ada salahnya jika kamu bergabung Biasanya kamu bisa ikut organisasi seperti himpunan mahasiswa jurusan atau keluarga mahasiswa kerohanian.

Semakin sering kita berinteraksi dengan teman-teman kampus, seperti teman organisasi contohnya. Itu bisa membuat kita semakin nyaman dan dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan perkuliahan.

Itulah beberapa tips untuk maba agar cepat menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus. Semoga bermanfaat!

Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Related Articles

Back to top button
X