intip JurusanPojok #UNYu

Ini Asyiknya Kuliah di Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNY

Universitas Negeri Yogyakarta memiliki prodi yang fokus pada bahasa asing, salah satunya ialah Prodi Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni. Selain menjadi guru bahasa Jerman, prodi ini juga bertujuan mencetak lulusan yang berkualitas dalam bidang yang berkaitan dengan kejermanan. Prodi dengan akreditasi A ini bisa menjadi pilihan buat kamu yang bingung menentukan jurusan kuliah atau kamu sudah mantap buat memilih prodi ini?

Berikut beberapa hal yang bisa menambah informasi kamu mengenai Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNY.

pic : instagram.com/fafaaaq/
  1. Susah senangnya kuliah di Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNY

Susahnya kuliah di PBJ, pelafalan menjadi kendala tersendiri karena gramatik yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Kita harus belajar memahami dialek dan aksen bahasa Jerman agar mudah mengikuti mata kuliahnya.

Senangnya, di balik ketidaktahuan orang tentang Prodi Pendidikan Bahasa Jerman sebenarnya prospek kerjanya luas antara lain di bidang pendidikan, pariwisata, penerjemahan, dan masih banyak lagi. Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman bisa berkesempatan untuk kuliah di Jerman dengan berbagai program. Beberapa dosen berasal dari Jerman sehingga bisa belajar langsung dari nativenya. Kuliah di Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNY diajari dari nol kok, jadi jangan khawatir kalau bakal ketinggalan mata kuliahnya asal kita mau belajar.

  1. Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Kuliah di Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNY

Untuk kuliah di Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNY harus memiliki motivasi kenapa kuliah di Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNY nih. Motivasi itu penting lho agar kita menjadi lebih bersemangat untuk menggapai sesuatu, misalnya ingin ke Jerman, kuliah di sana dan sebagainya. Harus siap dengan segala konsekuensi tugas dan ujian, namanya juga kuliah pastinya ada tugas dan ujian yak, hehe. Mental juga harus dipersiapkan nih karena sistem perkuliahan tentunya berbeda dengan SMA. Mulai mencari tahu bagaimana budaya Jerman dan belajar bahasa Jerman lewat aplikasi di android. Harus update informasi mengenai kejermanan dan Prodi Bahasa Jerman UNY. Mulai nyicil belajar sesuai dengan jalur masuk perguruan tinggi, baik SNMPTN, SBMPTN, atau mandiri.

  1. Tips Kuliah di Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNY
Baca Juga  Membaca Aksara Menggusur Lupa Melalui Kenangan Manis N.V Boekhandel En Drukkerij Kolff Bunning Van Djokja

Tipsnya, jangan menyepelekan setiap ilmu yang diberikan baik dari dosen, kakak tingkat atau temen kita. Kosa kata bahasa Jerman bisa ditingkatkan lewat latihan, mengikuti sosial media berbahasa Jerman, bisa tambah pengetahuan juga tentang Jerman. Kita juga bisa belajar budaya Jerman melalui buku, video atau media sosial karena di Prodi Pendidikan Bahasa Jerman nantinya juga membahas kebudayaan Jerman. Bisa juga baca teks berbahasa jerman, dengan begitu jadi terbiasa membaca teks bahasa Jerman. Menonton film dan mendengarkan lagu berbahasa Jerman, bisa terhibur sekaligus belajar bahasa Jerman. Di awal kuliah catat baik-baik grammar yang diberikan karena akan berguna di semester berikutnya. Jangan jadi pemalas untuk segala hal karena bakalan menghambat kuliahmu deh yakin. Disiplin dan tepat waktu sangat diperlukan ya di Prodi Pendidikan Bahasa Jerman, for your information yak orang Jerman itu sangat menghargai waktu jadi mereka sangatlah tepat waktu. Satu lagi, rajin-rajin review pelajaran dan ingat kembali apa yang sudah diajarkan saat di kampus, bakalan lupa gitu aja kalau kita nggak review lagi, hehe.

pic : himajermanuny.com
  1. Belajar Bahasa Jerman dari Nol
Baca Juga  Alasan Klasik Mahasiswa yang Terlambat Datang Kuliah

Tips belajar Bahasa Jerman dari nol, bisa dari internet atau aplikasi nih tapi yang terpenting adalah niat dan tekad, kalau kita sudah niat belajar tapi nggak ada tekad buat mewujudkannya ya bakalan susah nantinya. Bisa dengan membaca dan lihat berita Jerman, lama kelamaan pasti terbiasa dengan cara berbicara bahasa Jerman. Bisa juga dengan kursus di lembaga yang menyediakan pelatihan bahasa Jerman. Kalian bisa pelajari materi kemudian dianalisis agar lebih paham. Kata kerja dalam bahasa Jerman dapat berubah – ubah tergantung subjeknya, kita dapat membuatnya dalam sebuah tabel agar mudah dalam menghafal. Belajar kosa kata bisa dilakukan dengan menulis kata dalam bahasa Jerman dalam sebuah potongan kertas kemudian dibaliknya dituliskan artinya dalam bahasa Indonesia atau bisa juga belajar melalui permainan sederhana dengan teman kalian.

  1. Cara Dosen Mengajar di Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNY

Dosen-dosen di Prodi Pendidikan Bahasa Jerman mengajari mahasiswanya untuk lebi disiplin dan tepat waktu namun tetap enjoy. Cara mengajar inovatif dengan berbagai gaya mengajar agar mahasiswa tidak bosen. Bahan ajarnya tidak melulu materi dalam teks tapi berupa gambar dan permainan bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Ada yang mengajar dengan permainan yang tentunya menyenangkan dan nggak bikin ngantuk. Ada pula yang melalui video musik yang tidak kalah menyenangkan. mahasiswa juga ditugaskan untuk terjun langsung ke lapangan untuk berkomunikasi dengan bule Jerman yang sedang di Jogja.

Informasi di atas didapatkan langsung dari wawancara penulis dengan teman-teman Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNY yang senang hati berbagi pengalaman kuliahnya. Semoga bermanfaat dan selamat berjuang.

Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Related Articles

Back to top button
Close
X