Kabar Kampus

Ini Lho Capaian Membanggakan UNY di Tahun 2019

Tidak terasa tahun 2019 sudah berada di penghujung tahun,  tentunya banyak prestasi yang ditorehkan oleh kampus tercinta Universitas Negeri Yogyakarta. Untuk memaparkan capaian UNY tahun 2019 dan target UNY pada tahun 2020, UNY Community berkesempatan untuk mengikuti agenda Diskusi Pendidikan dan Temu Media pada tanggal 26 Desember 2019, di Mang Engking Sorogan Castle. Rektor UNY, Sutrisna Wibawa mengungkapkan capaian-capaian yang telah dicapai UNY selama tahun 2019 sebagai berikut.

Diskusi Pendidikan dan Temu Media

Peringkat Nasional dan Internasional

Pada tahun 2019 ini, UNY mendapatkan peringkat yang membanggakan dari berbagai lembaga. Pada peringkat universitas versi Kemenristekndikti, UNY menduduki peringkat 16, Greenmetric peringkat 19 dari 355 instansi, QS Asean peringkat 85, WCU THE peringkat 7 Indonesia dan 301 peringkat dunia, Webometric peringkat 16, 4ICU peringkat 2 serta QS Asia peringkat 401.

Pemeringkatan tersebut memiliki standar penilaian-penilaian yang berbeda. 4ICU misalnya, menilai kapasitas akademik sekaligus diseminasi informasi dan ilmu pengetahuan yang dilakukan universitas melalui media internet. Pemeringkatan QS menitikberatkan pada pengindeksan artikel jurnal. Sedangkan Greenmetric menganalisis lahan terbuka hijau dan fasilitas ramah lingkungan yang tersedia di universitas. Berdasarkan capaian peringkat nasional dan internasional, UNY bersungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitasnya baik tingkat nasional maupun dunia.

Baca Juga  Sebanyak 11.622 Peserta Ikut Seleksi Mandiri UNY

Capaian Bidang Pengajaran

Sepanjang tahun 2019, UNY telah mencetak 14 guru besar baru. Sebanyak 369 tenaga pendidik UNY, atau sejumlah 34,5%, yang sudah bergelar doktor. Ratusan dosen sedang menjalani studi S3 dan akan menuntaskan studinya dalam beberapa bulan ke depan, UNY optimis meningkatkan kualitas pengajaran di kampus secara berkelanjutan. UNY juga meningkatkan pembelajaran dengan fasilitas elearning secara signifikan. Saat ini, UNY sudah memiliki sebanyak 1.109 modul pembelajaran online yang bisa diakses mahasiswa kapan saja.

“Ke depannya kami akan terus dorong sampai 10 bahkan 15 persen dosen bergelar profesor dan 50 sampai 60 persen doktor dalam empat tahun. Target sementara tahun 2020, 8 persen profesor. Artinya tahun depan kami akan targetkan 10 guru besar lagi,” ungkap Sutrisna.

Baca Juga  LIMA Futsal Yogyakarta Conference 2019, UNY Sapu Gelar Juara

Capaian Bidang Penelitian

Di bidang penelitian, pada tahun 2019, UNY memiliki 10 paten, 430 hak cipta, dan 3 desain industri. Sebanyak 40 jurnal yang diterbitkan UNY dan banyak ditulis oleh civitas, juga secara berkelanjutan berhasil mendiseminasikan ilmu, karya, serta pemikiran terbaik untuk kemajuan dunia pendidikan.

Capaian Bidang Pengabdian

Di bidang pengabdian masyarakat, UNY pada tahun 2019 memberikan beasiswa bidikmisi kepada 6.138 mahasiswa. UNY juga mempunyai kuota afirmasi untuk anak dari Papua dan daerah 3T, dimana pada 2019 ini menerima total 41 anak. Melalui program tersebut, UNY ingin pendidikan diakses seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Nah, di atas merupakan capaian-capaian UNY selama tahun 2019. Untuk mewujudkan visi UNY sebagai universitas kependidikan berkelas dunia yang unggul, kreatif, inovatif dan berkelanjutan pada tahun 2025, UNY terus berinovasi di berbagai bidang.

Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Related Articles

Back to top button
Close
X