KPU Goes To Campus UNY | UNY COMMUNITY
Sunday , 24 March 2019
Home / Kabar Kampus / KPU Goes To Campus UNY

KPU Goes To Campus UNY

Komisi Pemilihan Umum Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta, koordinasi melalui Bidang Bidang Kemahasiswaan dan BEM KM UNY program kerjasama tersebut mengadakan sosialisasi Pemilihan Umum 2019 kepada mahasiswa (pemilih muda) dengan peserta perwakilan pengurus organisasi mahasiswa dilingkungan UNY, Kamis (14/2) di Ruang Sidang Senat Rektorat.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes, dalam sambutannya mengatakan pentingnya pemahaman mengenai pemilihan umum bagi mahasiswa. “Sinergi dengan KPU sering kami lakukan dalam menyukseskan program nasional sosialiasi pemilihan umum bagi mahasiswa”, kata Sumaryanto.

pic : instagram.com/unyofficial/

Komisioner KPU DI Yogyakarta, Ahmad Shidqi, M.Hum menjelaskan tentang tujuan diadakan sosialiasi pemilihan umum diharapkan mahasiswa dapat menyebarkan pemahaman mengenai pemilihan umum kepada mahasiswa-mahasiswa lain sehingga ada multilevel informasi tentang sosialisasi pemilihan umum. “Alasan sosialisasi ini ditujukan kepada perwakilan organisasi mahasiswa agar mahasiswa menjadi agen sosialisasi yang bertanggung jawab untuk menyosialiasikan kepada teman-teman yang lain”, jelas Ahmad Shidqi.

Kepala UPT LKBH UNY, Anang Priyanto, SH., M.Hum, menjelaskan mengenai hakikat demokrasi dan pemilu secara teoritis rakyat harus bertanggung jawab atas jalannya pemerintahan, maka dibuatlah aturan pemerintahan di mana kekuasaan berada di tangan rakyat dengan kepala pemerintahan dipilih secara periodik”, jelas Anang.

Baca Juga  Kuliner : Lumpia Daun Pepaya Rendah Kolesterol

Untuk mengurangi risiko golput pada Pemilihan Umum 2019, KPU juga berupaya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat calon pemilih yang berdomisili di luar daerah untuk dapat menggunakan hak pilihnya. KPUD Kabupaten Sleman akan membuka posko pendaftaran formulir A-5 di Hall Rektorat UNY pada hari kamis dan jumat tanggal 14-15 Februari 2019 untuk memudahkan proses pemilihan umum pada 17 April 2019.

Hadir sebagai narasumber kegiatan tersebut: Anang Priyanto, SH., M.Hum, Kepala UPT LKBH UNY; Ahmad Shidqi, M.Hum, Komisioner KPU DIY; dan dipandu oleh Nurtanio Agus Purwanto, M.Pd (Staf Ahli Wakil Rektor III).

About Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Check Also

Fakta Menarik Tentang Gedung Parkir Terpadu UNY

Gedung Parkir Terpadu UNY mulai beroperasi pada bulan Februari 2019 terletak di sebelah barat Digital …

X