Ini lho Ke keunggulan Kuliah di FIK UNY, CAMABA Wajib Baca | UNY COMMUNITY
Home / intip Jurusan / Ini lho Ke keunggulan Kuliah di FIK UNY, CAMABA Wajib Baca

Ini lho Ke keunggulan Kuliah di FIK UNY, CAMABA Wajib Baca

Tentu sebagian dari kita pasti tidak asing dengan sebuah pepatah populer yang mengatakan sebagi berikut : “ Mensana in corpore sano “ .Pepatah tersebut dapat diartikan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat “

Ya betul sekali ! Kesehatan menjadi amat penting sebagai pendukung sendi-sendi kehidupan manusia . Oleh karena itu ,Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta hadir sebagai fakultas olahraga di Indonesia yang siap ‘menempa’ kamu menjadi insan olahraga yang tidak hanya ‘sportif’ tetapi juga kreatif dan adaptif (IOKSA).

Fakultas yang  terhitung berdiri semenjak 1 Oktober 1951 ini sering disebut sebagai ‘Kampus Kuning’.Dengan jumlah peminat yang semakin meningkat setiap tahun telah menjadi bukti bahwa FIK UNY telah mendapat ‘hati’ di kalangan masyarakat.

Lalu apa saja keunggulan tersebut ? Berikut ini ulasannya:

  1. Sarana dan Prasarana Yang Mumpuni

Sarana dan prasarana yang mumpuni jelas akan menunjang kegiatan baik perkuliahan maupun kegiatan praktek lapangan . FIK UNY memiliki sarana dan prasarana yang tidak ada di fakultas olahraga dari universitas lain. Contohnya GOR UNY sebagai kebangaan FIK dan civitas akademika UNY. GOR yang disebut-sebut memiliki aset lebih dari 6 milyar ini biasa digunakan oleh mahasiswa FIK atau saat ospek mahasiswa baru .

Baca Juga  Petuah Sederhana untuk Calon Mahasiswa Baru

Selain itu ada juga kolam renang bertaraf internasional,stadion sepakbola dengan lintasan atletik bertaraf internasional ,indoor dan outdoor tenis,hall tenis meja ,hall bulutangkis ,lapangan voli dan bola basket serta fasilitas lainnya.

  1. Program Studi dengan akreditasi “Amat Baik (A)”

Prodi-prodi yang ada di FIK UNY semua telah terakreditasi nasional dengan nilai “A”. Selain itu animo pada tahun 2017 tiap program studi juga mencapai angka seribu lebih Sebut saja prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga yang memiliki angka animo di tahun akademik 2017 mencapai kurang lebih 2.196 .Ditempat kedua diduduki oleh prodi PJKR dengan animo mencapai 1.641 orang. Selanjutnya ,ada  Ilmu keolahragaan sebagai satu-satunya prodi di FIK UNY yang berbeda rumpun (Read : Semua prodi FIK adalah rumpun Soshum, kecuali Ikora) memiliki jumlah animo sebanyak 1.212. Dan prodi yang keempat yaitu PGSD Pendidikan Jasmani memiliki animo tsebanyak 964 orang. (sumber : brosur PMB UNY 2018)

  1. Peluang Kerja Yang Banyak

Lulusan dari FIK UNY memiliki peluang kerja pada instansi pemerintah,swasta ,sebagai guru pendidikan jasmani ,pelatih olahraga ,pembina olahrga rekreasi,instruktur kebugaran,terapi dan rehabilitasi ,bahkan manajer olahraga

  1. Prestasi Yang telah banyak ditorehkan

Prestasi –prestasi membanggakan telah banyak diraih baik oleh FIK sendiri ataupun para mahasiswa dan mahasiswinya. Sebut saja ,para pemain timnas U-19 sekelas Hansamu Yama dan Evan Dimas pernah menjalani masa-masa sebagai mahasiswa di FIK UNY .Bahkan pada OSPEK 2014 para pemain timnas juga mengikutinya. Yang terbaru ,Timnas Islandia pernah berlatih menggunakan stadion UNY sebelum menghadapi Indonesia Selection pada uji coba di Stadion Maguwoharjo ,Sleman pada 11 Januari 2017. Selain itu mahasiswa FIK UNY atas nama Prima Wisnu Wardana (PJKR ) berhasil ‘menggondol’ medali emas untuk Indonesia pada SEA GAMES 2017 .

  1. Pernah memiliki Dekan Fakultas Olahraga ‘termuda’ di Indonesia

Tidak banyak yang tahu jika FIK UNY pernah memiliki dekan termuda  se –Indonesia pada tahun 2003. Beliau adalah Drs.Sumaryanto ,M.Kes yang menjabat sebagai dekan pada usia yang menginjak 38 tahun

  1. Identik memiliki mahasiswa dengan ‘icon’ GGS (Ganteng-Ganteng Sporty)

Entah bagaimana pandangan paling utama dari FIK adalah banyaknya populasi laki-laki .Padahal sebenarnya ada pula mahasiswi di FIK. Selain itu banyak pula yang mengatakan jika FIK adalah ‘gudang’ dari mahasiswa dan mahasiswi ‘tampan’ dan ‘cantik’ dengan tubuh  atletis yang proposional. Dengan berbagai prestasi dan keistimewaan yang dimiliki FIK UNY maka  tidak salah jika kamu ingin ‘menambatkan’ pilihan. Dengan begitu kamu bisa berjuang untuk menjadikan bangsa ini lebih maju untuk kedepannya ,khususnya melalui jalur olahrga .

Baca Juga  Ibu, Dengarkan Pengakuanku. Aku Rindu Omelanmu

About Tentrem Restu Werdhani

-Ik been een Student at Yogyakarta Universiteit -PLS 2017 -Follow me on @pramudhiyawardhani

Check Also

Pengen Lolos SBMPTN UNY, Lakukan Tips Ini

Bercita-cita menjadi mahasiswa di sebuah kampus negeri adalah keinginan sebagian pelajar. Di masa-masa kritis seperti …