Pojok #UNYuUNY BangetUNY Wates

Ini Lho Keistimewaan Asrama UNY Wates !

Bagi kalian, mahasiswa UNY Wates pasti sudah tidak asing lagi dengan Asrama UNY bukan? Lalu pertanyaan selanjutnya, bagi kalian seluruh mahasiswa UNY dan seluruh pembaca, apakah kalian telah mengetahui bagaimana dan seperti apa Asrama UNY Wates? Yuk kita intip bagaimana kira-kira kondisi asrama satu-satunya dari UNY ini.

Selain difasilitasi khusus mengenai moda transportasi secara gratis yaitu adanya shuttle UNY, Mahasiswa UNY Wates memiliki keistimewaan yang lain yang tidak dapat mahasiswa UNY selain Kampus Wates dapatkan. Apa keistimewaan tersebut? Ya, seperti judul diatas, kita akan mengulas sedikit mengenai Asrama UNY !

Asrama Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Kampus Wates dibangun sejak tahun 2008 oleh Kementrian Perumahan Rakyat (Kemenpera) dan berlokasi di belakang kampus UNY wates, satu lokasi dengan bangunan gedung kamppus, kolam renang, beserta masjid UNY Wates. Penasaran letaknya seperti apa? Yuk tengok sebentar postingan mengenai UNY Kampus Wates di website unycommunity ini juga yaa..

doc pribadi

Asrama ini diperuntukan bagi mahasiswa tahun pertama semester 1 dan 2. Pada pamflet Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pasti Program Studi yang berada di wilayah Kampus Wates, akan tertera keterangan bahwa 1 tahun wajib asrama. Asrama di UNY Wates ini dibagi menjadi dua bagian yaitu Asrama Laki-Laki dan Perempuan. Asrama putra berada di sebelah utara yang terdiri dari 4 lantai. Sementara asrama putri berada di sebelah selatan dengan bangunan yang terdiri dari 5 lantai. Meskipun asrama putri dan putra berhadapan, tapi tenang ada penjaga asrama yang stay 24 jam menjaga asrama.

Jadi tenang, hal-hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi karena ketatnya penjagaan oleh asrama. Penjaga laki-laki pun tidak berani naik ke asrama putri kok. Asrama memiliki jam malam yaitu pukul 22.00. jika ingin izin pulang telat dikarenakan ada kegiatan kampus atau organisasi yang melebihi jam tersebut bisa izin ke ruang jaga ya. Setiap pagi, ada petugas perempuan yang membersihkan asrama. Begitupun dengan asrama putra. Kira-kira apa ya fasilitas yang akan kita dapatkan jika menjadi bagian dari Asrama UNY Wates ?

  1. Fasilitas Kamar yang Cukup Luas

Satu kamar di asrama baik putra maupun putri berisi 3 orang. Yang masing-masing penghuni mendapatkan satu tempat tidur beserta kasur, bantal dan seprei. Kemudian satu set meja belajar beserta almari serta meja kecil disamping tempat tidur. Lalu yang tidak boleh ketinggalan, didepan kamar masing-masing tersedia tempat jemuran. Selain memiliki fasilitas kamar, asrama juga memiliki ruang tamu di lantai bawah, Ruang UKS, serta Ruang TV di masing-masing lantai.

Foto : revaiasha.blogspot.com

2. Listrik gratis

Selama satu tahun menghuni asrama ini, kita tidak akan lagi dipusingkan dengan biaya listrik yang telah kita gunakan setiap harinya. Biaya listrik selama satu tahun sudah termasuk dalam biaya yang kita keluarkan pertama saat membayar biaya asrama.

  1. Wifi Sepuasnya
Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat Dengan Perpustakaan Pascasarjana UNY

Nah ini menjadi hal kecil namun bermakna bagi seorang manusia millenial, termasuk mahasiswa tentunya. Jaman sekarang, siapa yang tidak butuh akses internet? Pasti semua menggelengkan kepala. Sebab, akses internet beralih menjadi kebutuhan primer manusia-manusia sekarang. Wifi asrama 24 jam nonstop akan diberikan kepada kita, para penghuni asrama. Mantap sekali bukan? Satu hal ini yang sering membuat iri para mahasiswa lain yang tidak menghuni asrama. Dan hal ini yang menjadi betah di asrama tentunya.

4. Kamar mandi banyak & Mesin Cuci

Asrama putri maupun putra terdiri dari beberapa lantai.nah, disetiap lantai terbagi lagi menjadi bagian barat dan timur, atau biasa disebut dengan RT Barat atau RT timur. lalu, disetiap Rt tersebut terdapat kamar mandi dan satu buah mesin cuci. Wc ada 4 bilik, kamar mandi ada 4 bilik. Jadi, total ada 8 kamar mandi disetiap Rt. Ditambah lagi, akses air bersih yang nonstop lagi lagi bisa kita gunakan tetapi harus tetap hemat air dan hemat listrik ya.

doc pribadi
doc pribadi

5. Kegiatan Ekstrakulikuler

Setiap tahun ajaran baru, pasti akan ada temu perdana seluruh anggota asrama. Pengenalan mengenai asrama dan segala tata peraturannya. Lalu, pada akhir sesi, seluruh anggota asrama baru akan diminta untuk mengisi kegiatan ekstrakulikuler. Diasrama, menyediakan beberapa kegiatan. Seperti karawitan, band, olahraga, renang,dll. Dan kesemua kegiatan tersebut gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Semua sudah ditanggung oleh asrama. Selain itu, diasrama ada pula kegiatan rutin seperti ngaji bersama dan senam bersama, biasanya kegiatan akan dilaksanakan setiap 2 pekan sekali ataupun sebulan sekali.

  1. Peminjaman sepeda dan motor gratis

Kita, sebagai penghuni asrama juga mendapatkan fasilitas menarik satu ini yaitu ada peminjaman sepeda dan motor. Setelah melakukan izin ke pihak penjaga,maka kita akan dapat menggunakan fasilitas tersebut. Tentu diikuti dengan tanggungjawab yang baik ya.

doc pribadi

7. Minimarket Asrama

Sebetulnya bukan minimarket yang kita bayangkan sih hehe tapi tempat tersebut seperti toko kecil berisi kebutuhan-kebutuhan sehari hari seperti air minum, kopi, mie instan, roti, ice cream,dll. Jadi, jika ingin membeli kebutuhan-kebutuhan sepertin itu tidak perlu jauh-jauh lagi untuk membelinya.

doc pribadi

8. Tempat Belajar yang Luas dan Nyaman

Foto : setiyawanbudis

Siapa disini yang suka menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengerjakan tugas kelompok, belajar, atau sekadar bersua di lantai bawah asrama? Pasti banyak ya. Jadi, lantai bawah asrama putra maupun putri menjadi salah satu tempat favorit mahasiswa uny wates jika ingin mengerjakan tugas kelompok. Mengapa demikian? Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa tempatnya luas dan tentunya disebabkan oleh kecepatan jaringan wifi yang ada diasrama yang menambah kenyamanan hehe

Bagaimana? Sampai disini, sudah memutuskan untuk menerima atau sama sekali tidak tertarik? Eitss tunggu ya. ada beberapa keistimemawaan selanjutnya yang akan penulis sampaikan. Tetap setia membaca sampai bawah ya. Lalu, apa saja keistimewaan Asrama UNY Wates ?

  1. Lokasi Strategis Dekat Kampus
Baca Juga  D3, D4, S1, Bedanya apa sih?

Kita hanya membutuhkan waktu beberapa menit atau bahkan hanya beberapa detik untuk sampai ke lokasi kampus. Karena, jarak kampus dan asrama hanya terpisahkan oleh lapangan. So, jika ada kegiatan perkuliahan atau kegiatan apapun di kampus, anak-anak asrama usah lagi risau terlambat ya. Kalau sampai terlambat, kebangetan !

  1. Lokasi Dekat Masjid Kampus

Masbara, itulah sapaan akrab masjid kampus uny wates. Masjid Baiturrahman kepanjangannya. Jika ingin berjamaah, langsung deh jalan kaki beberapa detik akan sampai di masbara tercinta.

  1. Outbound Gratis Setiap Tahun

Nah, satu ini yang lagi-lagi membuat nyaman menjadi anak asrama. Yaitu adanya outbound gratis tiap tahunnya. Kita pun akan mendapatkan polo gratis. Main-main ke pantai, makan sepuasnya, dan tentunya jalan-jalan. Tanggal 24 November 2019 kemarin, telah terlaksana outbound untuk Tahun baru ajaran ini.

Foto : Amelia

4. No Mati Listrik

Hal spesial lainnya ketika kita menjadi warga asrama yaitu tidak akan merasakan namanya mati listrik berjam-jam lo. Mati listrik pun dalam hitungan 5 detik akan menyala kembali. Wah kok bisa? Ada mesin rahasianya dong. So, jadi warga asrama aja ya biar tidak semakin penasaran hehe

5. Beasiswa Pengurus

Mungkin baru kali ini ada yang menginformasikan mengenai beasiswa pengurus ini ya hehe. Penulis bocorkan ya. Jadi, setiap tahun ajaran baru, akan ada pembukaan beasiswa sebagai pengurus asrama atau biasa disebut mobilisator. Biasanya, syarat utamanya adalah mahasiswa penghuni asrama sebelumnya, atau bisa dibilang mahasiswa terdahulu atau diatasnya maba begitu ya. Selain itu, IPK dan riwayat organiasi juga akan menjadi bahan pertimbangannya. Kita akan diminta untuk menyerahkan CV dan surat permohonan untuk mengikuti beasiswa tersebut. Nah, benefit atau hak yang akan kita dapat yaitu tempat tinggal beserta fasilitas gratis asrama selama satu tahun. Tapi ada kewajiban yang harus kita lakukan, yaitu membantu segala pengoperasian kegiatan asrama. Nanti kitalah yang akan menyampaikan informasi-informasi dari pengelola asrama kepada para mahasiswa baru. Kitalah yang akan berkoordinasi dengan pengelola asrama. Tidak rumit kok, seperti belajar menjadi bapak atau ibu saja hehe. Biasanya, beasiswa ini terdiri dari 3 putri dan 3 putra. Namun, kebijakan tersebut bisa beruba-ubah tergantung pengelola. Yukk siapa yang berminat menjadi bagian dari pengurus asrama ?

Nah, bagaimana semakin tertarik dengan Asrama UNY Wates? Pertanyaan selanjutnya adalah, kira-kira berapa ya biaya asrama dengan fasilitas luar biasa yang telah dijelaskan diatas? 1.750.000 pertahun. Jika dihitung perhari biaya asrama hanya sekitar 4.800 Terjangkau sekali bukan? Kami tunggu kalian menjadi bagian dari Mahasiswa UNY Wates dan Asrama UNY Wates ya !

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
Close
X