Pojok #UNYuTips

Inilah Cara Mengetahui dan Mengolah Potensi Diri

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, mengolah potensi diri adalah menjadi hal yang sangat penting dan tidak bisa dikesampingkan. Mengapa penting? Karena potensi adalah suatu kelebihan yang kita miliki dan belum tentu dimiliki oleh orang lain pada umumnya. Seperti bakat atau skill yang setiap orangnya memiliki keunikan masing-masing. Potensi diri tak melulu harus dengan kemampuan akademis.

Potensi diri bagi sebagian orang dapat terlihat dengan jelas mungkin semenjak mereka masih kecil. Namun, bagi sebagian banyak orang yang lain, potensi diri juga sangat sulit ditemukan bahkan baru bisa ditemukan sampai dirinya menginjak dewasa. Hal tersebut berkaitan erat dengan kepekaan orangtua terhadap perkembangan potensi anak, serta kemampuan anak dalam mengeksplor sesuatu yang sudah disadarinya sebagai bakat yang sangat suka dan mudah untuk dia lakukan.

potensi diri

Seperti contoh, banyak anak-anak yang semenjak usia dini seperti 2-5 tahun sudah terlihat potensi dirinya. Biasanya orangtua yang peka atau jeli, memahami potensi anaknya dengan melihat ketertarikan anak dalam melakukan sesuatu yang berkaitan dengan bakat. Misalnya, seorang anak terlihat sering memukul-mukul panci saat masih berusia dini. Ada kemungkinan besar anak tersebut memiliki bakat dalam hal memainkan drum jika diarahkan dengan baik. Atau, seorang anak sangat mudah mempelajari lebih dari dua bahasa, atau anak yang sudah suka menggambar unik semenjak dini.

baca juga : 5 Cara Kreatif Menjadi Mandiri Ala Mahasiswa

Banyak sekali contoh yang bisa dilihat terkait dengan potensi diri anak yang dapat dilihat semenjak dini. Lalu, bagi yang belum terlihat, biasanya akan menemukan disaat dia mengalami proses dalam bersosialisasi. Kapan? Seumur hidup dan tak terbatas pada usia. Bahkan bisa jadi seseorang baru sadar akan potensi diri saat dia sudah memasuki usia dewasa ataupun lanjut. Lalu bagaimana cara mengetahui dan mengolah potensi diri?

  1. Temukan hal yang paling suka kalian lakukan dan terasa lebih spesial atau khas, jika dibandingkan dengan kemampuan orang pada umumnya.
  2. Asah hal yang spesial tersebut dengan giat.
  3. Kembangkan hal yang menjadi potensi diri itu untuk menjadi lebih baik dan lebih berkualitas.
  4. Mencoba mengukur kemampuan diri dengan mengikuti kompetisi atau hal-hal yang dapat memberikan pengalaman lainnya.
  5. Dengan percaya diri, buatlah jalanmu sendiri dengan potensi diri yang sudah dimiliki untuk menjadi pribadi yang unggul.
  6. Jangan pernah bosan untuk berkreasi dan berinovasi dengan potensi yang kalian miliki.
Baca Juga  10 Hal Tentang Dunia Pertemanan yang Selalu Berubah

Kurang lebih beberapa hal tersebut di atas yang dapat dijadikan rujukan dalam mengetahui dan mengolah potensi diri yang kalian miliki. Intinya adalah jangan takut salah, harus suka tantangan, dan jangan pernah puas untuk mengolah sampai sejauh mana potensi diri yang kita atau kalian miliki. Apapun itu, asal mengarah pada hal yang positif serta tidak menyimpang dari norma hukum yang dipegang teguh dimanapun itu.

Libriana Candra

Mahasiswi Pendidikan Sosiologi |Menulis, Backpacking |amarisdaren.blogspot.com

Related Articles

Back to top button
Close
X