Pojok #UNYuUNY BangetUNYpedia

Manfaatkan Fasilitas Health and Sport Center UNY!

Hai sobat UNYu! Pada tahu nggak kalau UNY kini sudah memiliki Health and Sport Center? Gedung ini terletak di Jl. Colombo, tepatnya di sebelah barat Taman Randu UNY yang hits itu. Masuk lewat gerbang utama rektorat, lurus terus sampai air mancur rektorat lalu belok kiri lurus wae. Gedungnya sebelah selatan lapangan softball FIK. Nah di Health and Sport Center UNY ini ada poliklinik dan masase. Kita bahas satu-satu ya!

foto : Faiz Firdaus

Poliklinik dulu biasanya mahasiswa UNY nyebut Klinik IKA UNY. Yap, klinik tersebut udah pindah ke Health and Sport Center UNY ini. Untuk mendapatkan layanan kesehatan satu ini, kamu harus daftar dulu. Jadi, daftarnya tinggal bawa KTM dan isi form sekaligus kartu kontrol yang disediakan oleh petugas. Kita akan mendapatkan nomor anggota yang ditempel pada bagian belakang KTM. Setelah itu menunggu antrian untuk dipanggil bertemu dokter. Oh ya jangan lupa kartu kontrolnya dibawa saat konsultasi ke dokter.

foto : Irawan Dinata

Setelah berkonsultasi dengan dokter biasanya mendapatkan obat, nah kartu kontrol tersebut berikan pada apoteker yang bertugas untuk mendapatkan obat. Nah jika kamu sudah memiliki nomor anggota, tinggal tunjukkan saja KTM dan nomor anggotamu, petugas akan memberikan kartu kontrolmu dan langsung tunggu antrean konsultasi ke dokter. Mudah bukan? Di poliklinik ini tidak dipungut biaya apapun, ini adalah fasilitas kesehatan dari kampus yang memang ditujukan untuk mahasiswa UNY khususnya. Untuk pelayanan poliklinik ini lima hari kerja, hari senin sampai kamis pukul 08.00-16.30, ada jam istirahat 12.00-13.00 dimana tidak ada pelayanan saat jam istirahat. Untuk hari jumat mulai pukul 08.30-15.00 dan jam istirahat pukul 11.30-13.00.

Baca Juga  Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Sahur

Masase terapi di Health and Sport Center UNY ini memiliki empat jenis pelayanan.

Pertama ada masase untuk relaksasi, ibu hamil dan pasca melahirkan, serta masase bayi dan anak. Nah masase jenis ini free untuk mitra dan civitas UNY, dan tarif untuk umum sejumlah Rp.150.000 untuk regular dan Rp.300.000 untuk VIP.

Kedua ada masase terapi cedera olahraga, tarifnya untuk civitas UNY Rp.70.000, mitra Rp.75.000, dan umum Rp.80.000.

Ketiga ada masase stabilitas sendi dan otot yang tarifnya juga sama dengan masase terapi cedera olahraga. Nah, masase di Health and Sport Center UNY ini seluruhnya menggunakan Metode Ali Satia Graha. Oh ya, di masase terapi ini juga menyediakan sauna dan hydrotheraphy dengan tarif Rp.100.000 untuk umum.

jenis dan tarif pelayana foto : prismara putri

Gimana sih cara mendapatkan fasilitas layanan masase ini? Ada lima tahapan alur pelayanan masase terapi di Health and Sport Center UNY ini.

Pertama kita harus daftar dulu, ada pendaftaran secara langsung yang dilayani pukul 09.00-15.00, ada juga pendaftaran melalui telepon yang dilayani mulai pukul 10.00-15.00. Nah pendaftaran pasien yang sudah dilakukan baik secara langsung atau via telepon akan ditentukan jam antrian.

Baca Juga  11 Fakta Tentang Masjid Kampus Al-Mujahidin UNY

Kedua adalah registrasi ulang, pasien yang sudah mendaftar akan dilaksanakan pendataan ulang, bagi pasien yang belum hadir saat dilakukan registrasi ulang akan dilewati untuk antrian urutan penanganan, bagi yang belum datang lebih dari 30 menit akan dilakukan penyesuaian jam antrian berikutnya.

Ketiga adalah masuk ke dalam ruangan, petugas front office memanggil pasien yang sudah melakukan registrasi ulang untuk masuk ke dalam ruangan penanganan dan pasien akan daiantar oleh masseur untuk memasuki ruang penanganan.

Keempat adalah penanganan dengan treatment yang dibutuhkan oleh pasien. Pada tahap ini masseur laki-laki melakukan penanganan pada pasien laki-laki. Jika masseur laki-laki dan pasiennya perempuan, maka harus didampingi oleh orang tua, suami, anak, atau saudara dari si pasien.

Kelima adalah pembayaran yang dilakukan di front office dan dilakukan saat selesai mendapatkan terapi. Pada pelayanan masase terapi ini tidak menangani retak, patah tulang, robek otot, dan ligamen yang robek. Pasien juga diharapakan menunjukkan foto rongten dan keterangan dari dokter.

foto : vincentius suryadi

Begitulah sedikit ulasan dari Health and Sport Center UNY. Semoga informasi ini membantu kalian yang membutuhkannya dan jangan lupa manfaatkan fasilitas kampus sebaik mungkin ya kawan!

Related Articles

Back to top button
Close
X