Jangan Ikut Organisasi Jika Ingin Melewatkan Hal-Hal Berikut Ini | UNY COMMUNITY
Home / Mahasiswa Banget / Jangan Ikut Organisasi Jika Ingin Melewatkan Hal-Hal Berikut Ini

Jangan Ikut Organisasi Jika Ingin Melewatkan Hal-Hal Berikut Ini

Banyak organisasi-organisasi yang mewadahi minat dan bakat mahasiswa baik dari dalam maupun luar kampus. Saat awal tahun ajaran baru, para mahasiswa mulai gencar mempromosikan masing-masing organisasinya. Sebelum jauh terombang-ambing pada ketidakpastian dalam memilih organisasi maka akan lebih baik jika kamu melanjutkan membaca artikel ini. Berikut hal-hal yang akan kamu lewatkan jika tidak berorganisasi:

Dokumen pribadi
  1. Mempunyai banyak relasi

Ini yang utama, karena saat pertama kali masuk organisasi kita pasti akan berkenalan dengan orang-orang baru. Semakin luas jangkauan organisasi maka semakin besar pula kesempatan kita untuk mengenal orang-orang dengan multidisiplin ilmu, bisa dari prodi, fakultas bahkan universitas yang berbeda. Memang, relasi tidak hanya bisa didapatkan dengan berorganisasi, namun di dalam organisasi memungkinkan relasi yang berkelanjutan dengan kerjasama, biasanya karena proyek tertentu, dituntut bekerja dalam tim, dan lain-lain. Bukan hanya antar mahasiswa saja, organisasi juga bisa mendekatkanmu dengan dosen, karyawan, penjaga kantin, penjaga gedung, tukang parkir dan masih banyak lagi. Kembali pada hakikat manusia yang tidak bisa lepas dari manusia lain maka suatu saat kita pasti akan membutuhkan orang lain, relasi dengan multidisplin ilmu inilah yang mungkin bisa membantu masalahmu. Tak hanya itu, mungkin kamu juga akan menemukan sahabat-sahabat yang selalu ada untukmu.

  1. Kemampuan mengatur waktu

Tugas utama menjadi mahasiswa tentunya adalah kuliah. Namun, selagi masih bisa bermanfaat untuk orang lain, tidak ada salahnya jika berkontribusi dalam organisasi. Mahasiswa yang ikut organisasi bukanlah mahasiswa yang kurang kerjaan, namun memang ia punya komitmen. Seringkali dihadapkan pada dilema ketika harus memilih pertemuan dengan jam dan waktu yang sama. Hal itu menjadi tantangan tersendiri, juga memberikan pelajaran agar pandai-pandai mengatur waktu disesuaikan dengan skala prioritas masing-masing.

  1. Menambah wawasan dan kecakapan berpikir

Dalam organisasi, tentu kita bertemu banyak orang dengan pemikiran yang berbeda sehingga dapat bertukar pikiran untuk berbagai macam hal. Berbagi pengalaman serta memberikan pengertian akan suatu hal. Belajar hal-hal baru yang belum kita ketahui sebelumnya. Disinilah kita bisa melatih kecakapan berpikir kita secara lebih luas mungkin dengan memperbanyak bahan bacaan, mengikuti diskusi-diskusi atau sekadar mengungkapkan pendapat dengan teman.

  1. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Tidak semua orang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Berawal dari kurangnya kemampuan itulah seharusnya seseorang mulai belajar. Salah satu jalan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi adalah ikut organisasi. Mau tidak mau kita akan bertemu dengan orang lain baik di dalam maupun di luar organisasi, bertutur sapa, menyampaikan pendapat, kritik dan saran dengan bahasa yang baik. Saat tata bahasa kita belum benar, kita bisa belajar pada anggota yang sudah senior. Bagaimana kita bersikap saat serta bahasa yang cocok digunakan pada saat-saat tertentu.

  1. Melatih mental

Dalam menghadapi hidup tentunya tidak akan berjalan dengan mulus. Banyak rintangan yang harus dihadapi. Begitu juga di organisasi, dalam organisasi kita akan belajar memecahkan persoalan atau masalah, bisa masalah administrasi organisasi bisa juga masalah sumber daya manusia di dalam organisasi tersebut namun jangan khawatir karena di organisasi kamu tidak akan bekerja sendirian. Dalam organisasi juga kamu akan menemukan cara bagaimana memanajemen diri di bawah tekanan. Menumbuhkan jiwa-jiwa kepemimpinan, setelah kamu berhasil memanajemen diri sendiri akan lebih baik jika kamu bisa membantu orang lain. Bekal ini akan sangat membantumu ketika terjun ke dunia kerja suatu saat nanti.

Baca Juga  Hai, Maba! Semoga Hari Awal Kuliahmu Mempesona!

Setelah membaca keuntungan-keuntungan ikut organisasi, yakin ingin melewatkan kesempatan berorganisasi? Kalau masih saja bimbang untuk bergabung organisasi, ada beberapa tips nih supaya kamu lebih mantap menentukan keputusanmu.

  1. Pilihlah organisasi yang sesuai dengan minatmu jangan lupa minta restu pada orang tua, jangan hanya ikut-ikutan atau atas dasar coba-coba. Karena hal tersebut bisa merugikan dirimu dan orang lain suatu saat nanti.
  2. Cari informasi mengenai organisasi bidikanmu. Kegiatannya apa saja, jadwal pertemuannya kapan dsb. Kamu bisa tanya-tanya kepada anggota yang sudah lebih dahulu bergabung di organisasi tersebut.
  3. Mantapkan pilihan, pikirkan risikonya. Hal ini penting agar aktivitasmu tetap berjalan tanpa hambatan.
  4. Jika sudah mantap, daftar dan jalani prosesnya.
Baca Juga  Spot Menarik di UNY bagi Pencinta Foto

Semoga lebih tercerahkan. Tetap semangat belajar dan terus berkarya.

About Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Check Also

Kata-Kata Berikuti Ini Akan Sering Kamu Dengar Ketika Kuliah Di Jogja

Selain menyandang predikat istimewa, Jogja juga dijuluki dengan kota pelajar. Di Jogja terdapat lebih dari …