Mahasiswa BangetPojok #UNYu

Kamu Harus Bersyukur Ketika Tidak Diterima di Kampus Impianmu

Selamat kepada para mahasiswa baru yang telah lolos seleksi dan kini dapat menginjakkan kaki di perguruan tinggi. Dulu status masih sebagai siswa sekarang sudah menjadi mahasiswa cieeee. Pertanyaan selanjutnya ketika kamu sudah menjadi mahasiwa baru adalah apakah kamu sudah senang dengan jurusan kuliah sekarang? Dengan kampus sekarang? Kamu lolos seleksi di kampus mana nih? Sudah sesuai dengan keinginanmu kah? Dear para mahasiswa baru, sesungguhnya kamu patut bersyukur ketika kamu tidak diterima di kampus impianmu. Mengapa?

1. Coba lihat sekitar, banyak lho anak lulusan SMA/SMK yang tidak dapat melanjutkan kuliah

tidak dapat melanjutkan kuliah

Kamu yang lolos seleksi masuk perguruan tinggi adalah orang-orang terpilih. Kamu sudah berjuang dengan maksimal dan kini kamu dapat mendapatkan hasilnya. Coba lihat sekitarmu, banyak juga kan anak-anak lulusan SMA/SMK yang tidak dapat melanjutkan kuliah? Dengan berbagai alasan pun itu. Misalnya masih belum lolos seleksi, belum memiliki biaya yang cukup, dan alasan lainnya. Jadi kamu patut bersyukur ya.

Baca Juga  Betah #DirumahAja : Ini dia Deretan Rekomendasi Buku untuk temani Work Home mu !

2. Yang baik untukmu tetapi belum tentu baik di mata Tuhan

2. Yang baik untukmu tetapi belum tentu baik di mata Tuhan

Pastinya kamu sudah mengenal kampus-kampus favorit yang dikenal di Indonesia. Misalnya kamu sudah memilih kampus favorit tersebut di pilihan pertama. Tetapi kamu malah lolos di pilihan kedua atau pun ketiga. Dear maba, kamu tidak perlu risau atau pun sedih. Sudah lolos seleksi saja kamu wajib bersyukur lho. Pastinya kan butuh perjuangan yang berat. Nah selain itu kamu tidak perlu terlalu ingin masuk ke pilihan pertama. Benar gaes, yang baik untukmu belum tentu baik di mata Tuhan. Coba ambil sisi positif-nya deh. Seandainya kamu bisa masuk ke pilihan pertama, tetapi ternyata uang semester yang harus dibayar terlalu mahal. Lebih mahal dibandingkan uang semester yang harus dibayarkan pada kampus pilihan kedua atau ketiga. Nah hal ini kan juga memberatkan bagi orang tua mu. Jika kamu masuk ke pilihan kedua atau pun ketiga tetapi akreditasi kampus sama-sama baik dengan pilihan pertama, mengapa harus kamu sesali?

Baca Juga  D3, D4, S1, Bedanya apa sih?

3. Bisa jadi kehidupan perkuliahanmu lebih baik di saat kamu tidak diterima di kampus impianmu

Graduate sitting alone --- Image by © Sean De Burca/Corbis

Bener banget nih. Bisa jadi kamu malah lebih bahagia dan dikelilingi teman-teman yang asyik disaat kamu pada akhirnya memilih untuk masuk kuliah ke pilihan kedua atau ketiga. Kamu kan juga tidak tahu bagaimana kehidupan perkuliahan jika kamu diterima di pilihan pertama? Jadi kamu harus memanfaatkan momen terbaik ini. Intinya tetap bersyukur ya para maba.

Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Related Articles

Back to top button
Close
X