Kamu Mahasiswa UNY? Calon Guru Dong! | UNY COMMUNITY
Home / Pojok #UNYu / Kamu Mahasiswa UNY? Calon Guru Dong!

Kamu Mahasiswa UNY? Calon Guru Dong!

Berapa banyak mahasiswa UNY yang udah mendapatkan pertanyaan ini? Mungkin hampir semua mahasiswa pernah, tak terkecuali mahasiswa yang tidak mengambil prodi kependidikan sekalipun.

calon guru
pic : instagram.com/ithadiy

Mungkin karena image UNY yang dulunya disebut kampus IKIP, dan memang sebuah institusi yang diperuntukkan bagi para calon guru untuk menimba ilmu. Terlebih sampai saat ini UNY sendiri memang mayoritas terdiri dari prodi kependidikan. Jadi, sewajarnya hampir semua orang menganggap mahasiswa UNY adalah para calon guru.

Bagi yang memang memiliki cita-cita luhur untuk menjadi guru, justru hal tersebut menyenangkan. Tapi bisa juga menjadi beban mental. Bagaimana kalau setelah lulus memiliki pekerjaan yang menyimpang dari ilmu yang digeluti selama duduk di bangku perkuliahan? Rejeki dan masa depan memang nggak ada yang tau sih. Yang selalu ingin tahu justru masyarakat di sekitarnya hehehe. Pertanyaan selanjutnya, “Kalau tidak jadi guru? Lulusan UNY mau jadi apa?”.

Baca Juga  5 Tempat Seru Berburu Alat Tulis di Jogja

Walaupun memang banyak sekali mahasiswa UNY prodi kependidikan yang ketika lulus menjadi guru, banyak pula dari mereka yang memiliki profesi di luar itu.

baca juga :  7 Keuntungan pacaran dengan seorang guru

Seperti dengan menjadi wirausahawan, seniman, jurnalis, teknisi, pekerja kantoran, dan masih banyak lainnya. Berbicara masalah profesi atau pekerjaan masa depan, akhirnya kembali lagi pada “rejeki”. No body knows. O iya, di UNY yang perlu digaris bawahi adalah, tidak semua prodi bernuansa kependidikan.

Well, tak semua mahasiswa UNY hanya memiliki keahlian mengajar. Banyak kok yang ternyata selama kuliah merasa salah jurusan dan kompeten di bidang lainnya. Banyak banget malahan. So, gelar S.Pd. belum tentu menjamin juga mahasiswa keguruan ahli sebagai seorang pendidik. Then, tidak semua yang non S.Pd. juga kompeten sesuai dengan pendidikan yang ditempuhnya. Mengingat, sudah banyak terlihat di lapangan, gelar bukanlah sebuah ukuran kompetensi seseorang.

Baca Juga  Toko Buku di Jogja dengan Harga Kantong Mahasiswa
uny mengajar
pic : instagram.com/s_rusmantoro

Berkuliah di prodi kependidikan bukanlah sebuah alasan mahasiswa UNY untuk terjebak atau mengurung diri di dalam keterbatasan yang mengikat mereka untuk mengekspresikan diri dengan lebih. Apalagi jika benar-benar ingin menjadi seorang pendidik, pola pikir kreatif dan inovatif harus dimiliki. Dari mana hal tersebut didapat? Jelas, jika hanya berkutat menjadi mahasiswa keguruan yang “baik” dan lempeng atau “lurus”, pola pikir tersebut sangat sulit untuk didapatkan.

Otak harus terus diasah, rasa ingin tahu harus terus ditingkatkan, badan tidak bisa duduk diam begitu saja, memiliki keinginan untuk belajar akan segala sesuatu, berani bereksperimen dan mengambil resiko (termasuk mengerjakan tugas dengan metode SKS atau Sistem Kebut Semalam). Apapun itu, dilakukan dengan hati yang senang serta tanpa beban. Begitulah semangat mahasiswa seharusnya, tak hanya mahasiswa keguruan

Baca Juga  5 Derita Punya Pasangan dengan Rambut Gondrong

About Libriana Candra

Mahasiswi Pendidikan Sosiologi |Menulis, Backpacking |amarisdaren.blogspot.com

Check Also

Tips 5 Sehat 6 Sempurna Ala Mahasiswa Kost

Jika kalian adalah orang-orang yang mengaku sebagai mahasiswa kost yang jauh dari orangtua, dan ingin …

  • Fauzan Awanda Alvian

    mau tanya, apakah di UNY khususnya Infomatika itu tidak ada teknik yang murni Informatika atau memang hanya ada Pendidikan Informatika

    • unycommunity

      untuk informatika hanya ada Pendidikan Teknik Informatika tidak ada yang murni