Tips ini akan mempermudah langkahmu meraih toga | UNY COMMUNITY
Home / Mahasiswa Banget / Hai Pejuang Skripsi, Tips ini akan mempermudah langkahmu meraih toga

Hai Pejuang Skripsi, Tips ini akan mempermudah langkahmu meraih toga

Menyusun skripsi merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah. Gampang untuk sebagian orang, tapi bisa juga terasa sangat sulit dan lama. Nah, skripsi yang lama kadang membuat mahasiswa jenuh. Belum lagi biaya kuliah yang akan semakin membengkak seiring semakin lamanya proses menyusun skripsi.

tips skripsi

Skripsi yang terasa sulit dan membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaannya bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mahasiswa yang malas mengerjakan skripsi merupakan faktor utama yang menyebabkan proses pengerjaan lama, akan semakin lama bila mahasiswa tersebut terus berleha-leha dan tidak segera bangkit untuk mengerjakan tugas suci tersebut. Belum lagi beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan skripsi terhambat. Antara lain dosen pembimbing yang super sibuk dan sulit ditemui dan sulitnya mencari referensi untuk skripsi. Nah, agar skripsi kamu lancar jaya, serta cepat selesai, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba.

Baca Juga  Ekspansi Kating Kepada Dedek MABA

1. Buanglah rasa malas sejauh mungkin dari hidupmu

Berikan motifasi pada dirimu sendiri. Katakan pada diri kamu untuk bisa meyelesaikan skripsi secepat mungkin. Jangan biarkan dirimu terjebak dalam kemalasan sedikit pun. Sekali kamu malas, akan lebih sulit untuk kamu  keluar dari lingkaran kemalasan itu. Untuk sementara waktu, syukur-syukur untuk selamanya, usir penyakit malas dari jiwa dan pikiran kamu.

2. Keep contact dengan teman-teman kamu yang jauh lebih rajin

Dengan terus menjaga komunikasi dengan teman-teman kamu yang jauh lebih rajin, kamu akan jauh lebih terpacu untuk mengerjakan skripsi. Kamu bisa menanyakan sejauh mana perkembangan skripsi mereka, dan kamu akan ikut termotifasi. Jangan mau ketinggalan dengan teman-teman kamu yang dari sononya memang sudah rajin.

Baca Juga  Mahasiswa Hobi Nonton Anime Tidaklah Childish

 3. Rajin menemui DOSBING (Dosen Pembimbing)

Jangan pernah ada kata takut untuk menemui dosen pembimbing kamu. Anggap dosen pembimbing kamu sebagai orang tua kamu. Nasihat dan kritik mereka adalah demi kebaikan kamu juga. Bangun hubungan yang baik dengan dosen pembimbing kamu. Jangan pernah mengulangi kesalahan yang sama karena itu bisa membuat kamu dimarahi dosen pembimbing kamu. Kepoin sosial medianya, agar kamu memiliki bahan obrolan di sela-sela bimbingan skripsi. Bersikap ramah dan menggunakan pakaian yang rapi saat bimbingan skripsi juga merupakan point penting yang harus kamu perhatikan.

4. Menyerah berarti kamu gagal 

Apapun itu, ketika kamu merasa sangat berat saat mengerjakan skripsimu, ketika kamu merasa sudah ingin menyerah, jangan pernah membiarkan dirimu menyerah sedikitpun. Di balik kesulitan pasti ada kemudahan. Semua yang pada awalnya sulit akan terasa indah begitu kamu berhasil melewatinya. Manisnya perjuangan akan kamu reguk ketika kamu telah memakai toga dan kamu pasti akan merindukan masa-masa kuliah.

5. Jangan pernah lupa untuk minta restu orang tua

Restu dari orang tua adalah syarat utama yang harus kamu punya karena  restu tuhan turun melalui restu orang tua, terutama restu ibu.  Restu mereka akan membuat langkahmu  untuk meraih Toga akan semakin ringan dan dipenuhi banyak berkah.  Jika usaha kamu telah maksimal dalam berjuang maka serahkanlah pada Sang pencipta

Baca Juga  Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Sahur

Nah #UNYu, di balik kesulitan pasti ada kemudahan, so jangan mudah menyerah. Tetap semangat mengerjakan tugas suci kamu. Ingat, impian wisuda siap menantimu sebentar lagi. Iya, sebentar lagi

About Resti Dhian

Apa yang saya tulis belum tentu saya | Alumni PBSI UNY

Check Also

Kamu Yang Pernah Naksir Kakak Angkatan Pasti Merasakan 7 Hal Ini. Ayo Ngaku!

Kegiatan perkuliahan kadang menenmpatkan kita satu kelas dengan kakak angkatan. Bukan hanya bisa jadi kenal …