Kapan Kamu Mau Bangga Dengan Kampusmu Sendiri? | UNY COMMUNITY
Sunday , 20 August 2017
Home / Opini / Kapan Kamu Mau Bangga Dengan Kampusmu Sendiri?

Kapan Kamu Mau Bangga Dengan Kampusmu Sendiri?

Cerita tentang mahasiswa memang tidak ada habisnya untuk dibahas dan dibicarakan. Mulai dari pendaftaran dan pengumuman seleksi yang membuat hati dag-dig-dug, kegiatan ospek yang menguras tenaga ditambah atribut yang heboh, proses kuliah yang menyebalkan karena dosen killer, suka dengan teman sekelas sendiri atau malah dengan kakak tingkat yang sedang skripsi, derita anak kost yang telat bayar kost-kost-an, dan lain-lain. Menjadi mahasiswa itu menyenangkan. Ada rasa kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri dalam proses perjalanan pendidikan yang ditempuh. Menginjakkan kaki di kampus pun juga merupakan sebuah anugerah. Bagaimana pun pula, kampus tak seperti tempat dimana kita dulu sekolah. Pasti ada perbedaan.

Berbicara mengenai mahasiswa dan kampus, kurang afdol kalau tidak menyinggung soal kampus elite atau kampus favorit, dan masalah tentang salah jurusan atau salah kampus. Pasti banyak mahasiswa di luar sana sudah bangga dengan status menjadi mahasiswa sekarang dan dengan jurusan atau kampus yang diidamkan. Namun bagaimana dengan mahasiswa yang masuk jurusan atau pun masuk kampus yang tidak sesuai keinginan?

jas biru kebangganku

Tak lepas dari kampus nomor satu di Jalan Colombo, yakni Universitas Negeri Yogyakarta. Saat mengikuti ospek tahun 2014 lalu ada berbagai macam lagu yang harus dihafalkan oleh mahasiswa baru. Seperti hymne UNY, Mars UNY, Lancaran FBS, tak lupa pula Risalah Mahasiswa. Nah lagu Risalah Mahasiswa ini dulu sering diubah liriknya oleh mahasiswa yang men-cap dirinya salah kampus dan jurusan. Pada reff Risalah Mahasiswa seharusnya seperti ini:

 Wahai kalian yang rindu kemenangan

Wahai kalian yang turun ke jalan

Demi mempersembahkan jiwa dan dan raga

Untuk negeri tercinta

 Namun dengan embel-embel bercanda, diubah seperti ini:

 Wahai kalian yang sedang kebingungan

Wahai kalian yang salah jurusan

Demi mempersembahkan nilai sempurna

Untuk ortu tercinta

Begitulah sekelumit keluhan “mahasiswa salah jurusan dan salah kampus” tersebut. Namun apa dengan mengeluh semua akan berubah 180 derajat? Dan semua keinginan mahasiswa tersebut akan terkabul? Bisa jadi tidak. Kalau hanya terus mengeluh dengan keadaan, alhasil para mahasiswa mau berubah kapan? Mau menjadi untuk lebih maju kapan? Bukan kah jika hanya mengeluh dan terus berharap tanpa melakukan tindakan [baca: belajar], malah membuat keadaan semakin buruk?

Seharusnya yang sudah menjadi mahasiswa kini lebih bersyukur. Banyak remaja diluar sana yang ingin kuliah juga namun tidak mampu atau karena ada masalah lain. Seharusnya kamu lebih bangga dengan kampusmu dan jurusanmu! Lebih mengamati apa yang menarik dari kampus dan jurusanmu itu, pasti ada. Misalnya dengan mengamati apa sih fasilitas kampusmu yang kamu punya namun kampus lain tak punya? Atau prestasi apa yang sangat membanggakan kampusmu namun kampus lain belum pernah? Sebaiknya, pikiran kamu lebih luas dan positif dimana kamu berkuliah sekarang. Jangan terus mendewa-dewakan kampus lain, justru kamu sebagai mahasiswa harus berkepribadian baik dan membanggakan almamatermu dengan prestasimu. Dunia itu luas. Pikiranmu juga harus lebih luas dan terbuka akan kampusmu.

Kampusmu itu hebat! Kampusmu bagus! Kampusmu favorit! Jurusanmu keren! Jadi, kamu masih mau mendewakan kampus lain? Udah basi, dan nggak guna. Jadi, kalau kamu terus bangga dengan kampus lain, kapan kamu bisa bangga dengan kampusmu sendiri?

Mulai sekarang ya!!! Bangga terhadap kampus dan jurusanmu! Hidup Mahasiswa Indonesia!

Penulis: Bekti Renggani / Bahasa dan Sastra Indonesia / 2014

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Upacara 17-an Dengan Konsep Bhineka Tunggal Ika

Sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI tanggal 16 Agustus 2017 dan peringatan HUT RI …