Pojok #UNYuTips

Ingin Masuk PTN Lewat Jalur SNMPTN?? Ini Dia Tips Lolos SNMPTN

Ngga kerasa ya bentar lagi udah penerimaan mahasiswa baru lagi.Jika membicarakan tentang penerimaan mahasiswa baru mesti kita nggak bisa lepas dari kata SNMPTN. By the way kalian tau ngga sih apa itu SNMPTN ?? Kalau kalian jawab SNMPTN adalah salah satu jalur masuk ke perguruan tinggi, yupss….. kalian bener bangett. SNMPTN pada hakikatnya adalah salah satu jalur masuk ke perguruan tinggi dengan sistem undangan/tanpa test. Jadi dalam SNMPTN kalian ngga perlu ikut test buat masuk ke perguruan tinggi yang kalian impikan. Wahh… keren banget kan jalur SNMPTN ini, tapi walau SNMPTN adalah salah satu jalur yang keren banget buat masuk perguruan tinggi, perlu diingat dalam SNMPTN ini saingannya juga banyak banget lho. Tapi, jangan khawatir kalau kalian mau lolos SNMPTN ada beberapa tips yang bisa kalian coba lhoo.

Daripada penasaran, yuk kita simak bersama apa aja sih tips buat lolos SNMPTN

  • Lakukan Rasionalisasi Nilai secara Sederhana

Tips pertama yang bisa kalian lakukan kalau kalian ingin lulus SNMPTN adalah lakukan rasionalisasi nilai. Rasionalisasi nilai disini biasannya adalah rasionalisasi nilai dari semester 1 sampai semester 5 selama kalian sekolah. Adapun fungsi dari adannya rasionalisasi ini adalah untuk mengetahui sampai dimanakah kemampuan kalian dan kirannya amankah posisi kalian jika kalian mendaftar SNMPTN pada suatu jurusan dalam suatu universitas.

  • Pilih Jurusan Sesuai dengan Minat Kalian

Tips kedua yang bisa kalian lakukan kalau kalian ingin lulus SNMPTN adalah pilih jurusan yang sesuai dengan minat kalian. Pada hakikatnya setelah kalian melakukan rasionalisasi nilai, kalian harus mempertimbangkan dan memilih jurusan yang sesuai dengan minat kalian namun kalian juga harus tetap memperhatikan kira-kira dengan hasil dari rasionalisasi nilai yang telah dilakukan, di universitas dan jurusan mana nih yang kirannya aman buat kalian masukin. Adapun kalian harus memperhatikan betul minat kalian terhadap suatu jurusan, karena hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan kuliah kalau kalian diterima nantinya dimana dengan memilih jurusan yang sesuai minat, hal itu akan membuat kalian lebih enjoy dalam menjalani proses perkuliahan. So… memilih jurusan yang kalian minati penting banget buat kalian yang pingin lolos SNMPTN

  • Konsultasi dengan Orangtua, Guru serta Kakak Kelas yang diterima SNMPTN
Baca Juga  Boleh Saja Kuliah Sambil Kerja, Tapi Perhatikan Hal Berikut

Tips ketiga buat kalian yang pingin lolos SNMPTN adalah konsultasi mengenai jurusan serta universitas yang kalian impikan kepada orangtua,guru, serta beberapa kakak kelas kalian yang sebelumnya diterima dalam sebuah universitas melalui jalur SNMPTN dalam beberapa tahun sebelumnya. Adapun, hal ini penting banget karena dengan berkonsultasi dengan orangtua, guru, maupun kakak kelas kalian yang keterima SNMPTN, nantinnya kalian bakal dapat banyak tips dan trik mengenai gimana sih cara lolos SNMPTN dan kalian juga pasti bakal banyak dapet gambaran baru mengenai universitas maupun jurusan yang kalian tuju.

  • Masukkan Sertifikat yang Pernah Kalian dapat Selama Sekolah

Tips keempat yang dapat kalian lakukan kalau kalian ingin lolos SNMPTN adalah masukkan segala sertifikat yang pernah kalian dapat selama sekolah. Adapun sertifikat yang dimaksud disini bisa sertifikat lomba yang berskala nasional maupun berskala internasional ataupun sertifikat-sertifikat kegiatan lainnya yang pernah kalian ikuti selama kalian masih duduk di bangku sekolah.

  • Jangan Lupa Berdoa
Baca Juga  3 Hal Yang Jarang di Bahas di Kuliah, Ketahui Sebelum Terlambat!

Tips kelima dan yang gak kalah penting buat kalian yang pengen lolos SNMPTN adalah jangan lupa berdoa. Hal ini perlu kalian lakukan karena pada hakikatnya kita sebagai seorang manusia hanya bisa untuk berusaha namun kita tidak boleh melupakan peran Tuhan dalam segala kegiatan kita. So, kalau kalian pengen lolos SNMPTN dan masuk ke Universitas serta Jurusan yang  kalian impikan jangan lupa berdoa dan selalu menyerahkan diri kepada Tuhan dalam setiap kesempatan yaaa.

Dan itulah kira-kira beberapa tips buat kalian yang pingin lolos SNMPTN,akhir kata di masa pandemic ini meskipun kalian lagi sibuk-sibuknya nyiapin buat masuk universitas serta jurusan yang kalian impikan. Jangan lupa buat selalu jaga kesehatan kalian karena di masa pandemic ini kesehatan kalian juga penting banget dan kalau kalian sehat tentu akan mempermudah kalian dalam menjalani setiap proses yang akan kalian jalani terutama segala proses buat masuk ke universitas maupun jurusan yang kalian impikan.

Related Articles

Back to top button
X