Pojok #UNYuTips

Kata Siapa Sulit Merintis Usaha Saat Masih Menjadi Mahasiswa? Kamu Cukup Melakukan 6 Tips Ini!

Berbagai masalah pelik yang menimpa para mahasiswa salah satunya adalah keuangan. Tak dapat disangkal lagi, memang uang adalah suatu hal yang penting. Apalagi kalau sudah mendekati tanggal-tanggal akhir bulan, tak jarang ada mahasiswa yang makan dua kali sehari dan hangout-nya tuntas dibasmi, eh.

Nah untuk mengatasi keuangan yang tak kunjung stabil dan perlu ada injeksi dana, untuk kalian para mahasiswa bias memulai berwirausaha. Untuk mengawali wirausaha tentunya juga harus dibekali dengan modal yang cukup. Tapi, bagi kalian yang hanya mempunyai modal pas-pasan atau bahkan belum ada modal, lakukan berbagai macam tips-tips berikut dibawah ini. Penasaran apa saja tipsnya? Yuk, simak baik-baik!

  1. Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Sisihkan uang sakumu untuk modal usaha!
pic : staticwhich.co.uk

Pasti dari kalian yang hidup masih bergantung pada uang saku pemberian orang tua kadang terdapat masalah bingung mengatur keuangan. Untuk mengatasi pusing tak berujung ini maka cobalah membuat skala prioritas kebutuhan. Jangan lupa sisihkan sedikit uang untuk menabung, meskipun itu receh. Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Nah, dari hasil menabung sisa uang bulanan, bisa kamu jadikan modal usaha. Yang penting niat dan jauhkan godaan untuk jiwa-jiwa boros.

  1. Agar lebih ringan, kamu juga bisa mengajak teman untuk bergabung dalam bisnismu!
pic : diedit.com

Hari gini siapa sih yang tidak tertarik untuk berbisnis dengan keuntungan melimpah? Pasti banyak yang berminat. Tentunya bisnis yang ingin kalian bangun haruslah meyakinkan dan mempunyai prospek yang baik untuk kedepan sehingga mereka yakin untuk join bisnis dengan kalian. Nah, untuk hal ini kalian harus memiliki banyak teman atau jaringan supaya dapat diajak untuk berbisnis. Bagaimana? Berminat?Mudah bukan?

  1. Kamu juga bisa mencari modal usaha dari hasil bekerja part time!
pic : studylink.com

Pekerjaan yang biasanya digeluti mahasiswa adalah pekerjaan part time atau biasa disebut dengan bekerja paruh waktu. Untuk hal ini kalian harus mempertimbangkan jenis pekerjaan apa yang cocok dan harus dipikirkan secara matang-matang, karena apabila ceroboh maka aktivitas kuliah tak jarang terganggu. Dengan bekerja part time ini tentunya akan mendapatkan upah, nah upah yang didapat bisa untuk tambahan modal. Lumayan bukan? Selain belajar dunia kerja, dapat uag, dan bangun usaha dari hasil kerja sendiri? Nikmat!

  1. Rajin mengikuti lomba juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan modal usahamu. Siapa tahu kamu menang dan mendapat hadiah uang!
pic : mediabnr.com

 

Baca Juga  Dear Maba, Masuk UNY Adalah Potret Perjuanganmu Yang Menjadi Nyata !

Sebagai mahasiswa tentunya tak asing dengan banyaknya lomba yang tersedia. Pilih lomba yang menurutmu kamu ada bakat didalamnya supaya peluang untuk menang menjadi lebih besar. Jika lomba dalam bentuk TIM, maka ajak temanmu yang memiliki potensi dalam bidang yang dilombakan, peluang untuk menang juga kemungkinan terbuka lebar. Nah apabila mendapat juara, pastinya aka nada uang pembinaan dong, hehehe. Dapat dikumpulkan untuk modal usaha. Selain menambah modal, prestasi pun kalian dapat. Asik!

  1. Meski tanpa modal kamu juga tetap menjalankan bisnis online dengan sistem dropship!
pic : syamelaizatmotivation.blogspot.com

Masih bingung apa itu sistem dropship kata yang seringkali muncul dalam onlineshop? Dropship  adalah system dimana kamu meminta kepada penjual untuk mengirimkan barang pesanan kepada pembeli kamu dengan mencantumkan nama took, alamat, dan nomor handphone kmu sebagai pihak pengirim. Tanpa susah-susah cari barang dan kamu tinggal anya apakah readystock atau tidak maka apabila sudah deal maka kamu akan dapat untung dari harga yang sudah kamu tetapkan yang tentunya lebih tinggi dari produsen barang yang kamu ajak kerjasama untuk system dropship. Mudah bukan? Tanpa modal kamu sudah dapat untung yang lumayan! Hehehehe. So? What do you waiting for?

 6. Beramal dan bersedekah tidak akan membuatmu rugi, justru malah akan memperlancar rejekimu!

Baca Juga  5 Kebutuhan Ekonomi yang Menghantui Kehidupan Mahasiswa
pic : islamidia.com

Untuk hal ini sudah tidak diragukan lagi. Ya, untuk melancarkan rezeki biasanya dengan cara sedekah. Entah sedekah dalam bentuk apa saja bisa. Banyak bukti bahwa sedekah dapat memperlapang rezeki, nah apabila ingin rezeki lancar untuk modal usaha, cara ini bisa dilakukan loh guys!  Sedekah tak akan membuat harta yang kamu punya semakin habis, malahan semakin bertambah. Belum percaya? Coba saja!

Diah Ayu KW

Mahasiswa tingkat empat jurusan Manajemen Pendidikan yang mencoba peruntungan menjadi seorang penulis.

Related Articles

Back to top button
Close
X