AsmaraPojok #UNYu

Jurus Jitu Menghadapi Bayangan Sang Mantan

Dibayangi masa lalu sang mantan? Gimana tuh, rasanya? Pasti sebagian besar dari kita bakal mendadak galau dan gak jarang bahkan sampai meneteskan air mata juga. Boleh nih disimak jurus jitu menghadapi bayangan sang mantan biar kamu tangguh dan elegan.

merdeka-dari-mantan

1. Woles, Hadapi dengan Biasa

Namanya pernah mengukir cerita bareng dan tiba-tiba keinget itu wajar, ya gaes. Kamu gak perlu ngamuk dan galau berkepanjangan. Kamu justru bisa dengan woles menghadapi bayangan sang mantan. Ingatlah bahwa perpisahan kalian sesungguhnya bisa membuat kalian jadi lebih dewasa. Menghadapi bayang-bayang sang mantan dengan biasa dan woles malah terkadang bisa membuat kita terpacu untuk lebih baik ke depannya. Tapi jangan berkepanjangan juga, ya gaes mengenangnya, cos mantan itu bukan pahlawan yang wajib dikenang sepanjang masa kok..ha..ha..

 2. Deleted and Open Minded

Bayangan masa lalu sang mantan yang kian hari makin membuat ruwet pikiran, bagi sebagian orang akan lebih memilih untuk menguburnya dalam-dalam. Gak salah juga kok, gaes cara tersebut. Sebab, potensi emosi setiap orang kan berbeda. Jika dirasa langkah menghapus itu lebih baik, maka lakukanlah. Barang-barang kenangan dari sang mantan boleh tuh disedekahkan biar lebih bermanfaat, daripada dibuang kan sayang tuh..ha..ha.. Kamu juga bisa menghapus contact person apapun yang berhubungan dengannya jika itu dirasa lebih baik. Namun, kadang cara ini kurang bijaksana bagi diri sendiri, gaes apabila ternyata kita udah terlanjur menghapal nomornya. Tapi gak papa deh deleted aja biar lega. Segeralah open minded bahwa tidak ada gunanya lagi berurusan dengan mantan. Biasanya cara ini dilakukan oleh mereka yang terlampau terluka akibat putus. Manusiawi, gaes. Ingat pernyataan ini ya, gaes. Sesungguhnya kamu hanya punya dua cara menghadapi masa lalu. Pertama, kamu menatap ke depan jangan pernah berbalik lagi ke belakang. Kedua, kamu dengan perkasa menikmati bayangan masa lalu.

Baca Juga  Jika Gelombang Theta Telah Memasuki Otak Mahasiswa Saat di Kelas

3. Bersibuk Ria

Gunakan energimu untuk melakukan kegiatan positif gaes, ketimbang hanya bermelow dengan bayangan sang mantan. Kamu bisa tuh menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan positif seperti, traveling (kalo punya duit), shopping (kalo punya duit juga, ha..ha..), nongkrong bareng temen-temen, bekerja atau fokus dengan karir, dan segudang aktivitas positif lain yang bisa menyita perhatianmu, gaes. Potensi pada dirimu harus dieksplor, gaes agar kamu bisa perlahan melupakan bayangan sang mantan. Nikmati setiap lelahmu sampai tidak ada ruang bagi bayangan sang mantan itu hadir. Kalo udah terbiasa kan, toh pada akhirnya kamu menjadi tangguh dan percaya diri. Salah besar deh kalo pasca putus malah gak bersibuk ria dengan kegiatan positif.

 4. You Are Not Alone

Kamu gak sendiri, gaes dan jangan pernah menyimpannya sendiri. Saat bayang-bayang sang mantan begitu heboh menari di pikiranmu, coba deh kamu berbagi dengan sahabat, orang tua, atau siapa pun yang membuatmu nyaman. Yes, curhat gitu gaes dan jangan menganggap kamu bisa mampu selalu  menghadapinya sendiri. Cos, hati kita ini kan rentan banget gaes, bisa sesekali rapuh kalo udah gak kuat. Jadi, baiknya kamu legakan dengan curhat karena dari langkah ini terbukti efektif untuk membuat senyum manismu kembali menghiasi dunia (ciyee….). Ingat lho, gaes banyak tuh angka kematian bunuh diri akibat putus cinta di Asia terutama. Itu karena mereka menyimpannya sendiri dan menge-judge bahwa “Aku sendiri di dunia ini.” Padahal, you are not alone, gaes. Gak mau kan senaif itu?

Baca Juga  Ini Dia 5 Tempat Sewa Kebaya Wisuda Dengan Harga Kantong Mahasiswa

 5. Intropeksi Diri

Intropeksi diri juga perlu, gaes. Pasca putus emang gak gampang ya. Kamu harus merasakan luka dan berani sesekali waktu dibayangi bayangan sang mantan. Ketika bayangan itu hadir, cobalah untuk merenung dan mencari kesalahan diri sendiri. Bisa jadi putusnya cinta kalian itu justru akibat dari kesalahan diri sendiri dan baru disadari setelah melakukan intropeksi diri. Gak papa, gaes. Dengan begitu kan kamu bisa lebih berhati-hati ke depannya ketika kembali menjalin hubungan. Kesalahan di masa lalu jangan sampai terulang kembali setelah kamu berintropeksi diri. Jangan lupa dicoba ya, gaes.

 6. Open Your Heart

Mati satu tumbuh seribu, gaes. Jangan lungkrah, lesu, tak bergairah lagi dong pasca putus. Buang bayang-bayang sang mantan dan mulailah membuka hati pada siapa pun. Nikmati pertemanan tak berbatas karena dari sana kamu bisa menemukan sosok yang mungkin klik di hati. Kalo kamu ingin memperluas jaringan pertemanan, bisa juga tuh minta dikenalkan dengan temanmu yang lain. Awalnya temenan dulu deh ya. Untuk selanjutnya, biarkan waktu yang menjawab..ha..ha.. Intinya, jangan sampai deh menutup diri. Dunia terlalu indah gaes, banyak makhluk Tuhan yang indah-indah juga.

Demikian, cara-cara yang bisa kamu tempuh untuk menghadapi bayang-bayang sang mantan. Kamu gak perlu menjadi rapuh dan terluka berkepanjangan yes. Angkat kepalamu dan beranilah menghadapi bayangan sang mantan.

Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Related Articles

Back to top button
Close
X