Pojok #UNYuTips

Kegiatan agar bisa Survive dan Productive saat Pandemi

Hello, sobat UNYu gimana nih kabarnya? Semoga tetap sehat dan bahagia yaaa. By the way gimana nih kuliahnya? Sebentar lagi kita masuk kuliah di semester ganjil, tetap semangat ya hihi. Kita tahu bahwa pandemi COVID-19 ini belum berakhir, tapi kita harus tetap survive untuk melewati masa-masa sulit ini. Gimana sih caranya supaya bisa survive di masa-masa seperti ini? Mungkin aku akan sedikit bercerita tentang kegiatan yang cocok dilakukan selama masa pandemi ini. Tunggu apa lagi let’s get start it!

Saat awal-awal virus ini melanda di negara kita awalnya masih biasa saja, karena belum tahu pasti efek yang terjadi. Setelah beredarnya berita di sosial media, televisi, dan surat kabar barulah aku menyadari bahwa virus ini begitu membahayakan. Kita semua disuruh stay at home, susah bagi kita yang pekerjaannya harus keluar rumah dan tidak bisa dikerjakan secara online. Nah, seiring berjalannya waktu fluktuasi penyebaran virus ini merubah kebiasaan dari yang awalnya kita bisa berkummpul rame-rame di tempat umum sekarang harus berjaga jarak, harus memakai masker saat bertemu orang di luar rumah, harus rajin mencuci tangan, dan menjaga imun agar tetap sehat. Untuk melalui masa seperti ini apa aja yang perlu kita lakukan?

Baca Juga  Tengoklah Bapak-Ibumu “Pulanglah Nak ....”

Berikut ini hal-hal baru yang harus dilakukan saat pandemi berlangsung:

  • Menerapkan protokol Kesehatan 6 M (Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak fisik, membatasi mobilitas, menghindari kerumunan, dan menguatkan imun dengan pola makan yang bergizi)
  • Melakukan vaksin
  • Membiasakan kegiatan New Normal

Setelah kita melakukan kegiatan New Normal dengan baik, untuk menghindari stress perlu kita self healing, gimana sih caranya?

Menurut versi aku nih self healing saat pandemi bisa coba cara berikut ini:

  • Nonton film atau series kesukaan kalian, kalau aku suka nonton web series gitu atau kalian coba liat short movie di youtube
  • Kalian bisa memasak, nah semenjak pandemi berlangsung aku jadi hobi memasak karena gabut hehe, masak yang gampang aja kalian bisa liat tutorialnya di youtube
  • Olahraga, disekitaran rumah kalian tetep bisa olahraga seperti jogging di sekitar rumah, sepedaan, basket, sepak bola dan lain sebagainya
  • Lakukan hobi yang kalian sukai, bisa dengan menulis cerita, edit foto atau video
  • Kalua udah bingung mau ngapain biasanya scroll sosmed aja seperti Instagram, youtube, twitter, dan yang lainnya
Baca Juga  Pengen Kuliah di Pendidikan Matematika UNY ? Yuk Intip Keasyikannya

Hmm, sudah melakukan kegiatan itu semua, tapi masih merasa kurang produktif? Menurut pengalamanku kalian bisa lakukan kegiatan berikut:

  • Ikut organisasi seperti HIMA, BEM, atau organisasi yang ada di masyarakat
  • Mendaftar kepanitiaan
  • Mengikuti webinar
  • Mendaftar beasiswa
  • Belajar hal-hal baru
  • Nah terakhir nih, buat mahasiswa yang mau punya penghasilan kalian bisa menjadi reseller atau dropship, atau kalian bisa membuat suatu karya dan dijual, hal ini akan memberikan tambahan uang jajan dan bisa menjadi produktif di masa-masa pandemi

Itu aja sih kegiatanku selama pandemi ini, jika kalian memiliki kegiatan yang lebih seru lagi bisa dilanjutkan ya.

Mungkin hanya itu yang bisa aku tulis, ingat ya kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan 6 M di mana pun kalian berada, lakukan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat agar hari-harimu penuh warna, tetap semangat dan jaga kesehatan, semoga pandemi ini cepat berakhir.

Silvia Adisty

Mahasiswi PLS UNY 2020

Related Articles

Back to top button
Close
X