Pojok #UNYuUNY Banget

Kenalan Dulu Sama UKM di UNY yuk!

Perguruan tinggi tidak hanya sebagai tempat memperdalam ilmu secara akademik, di luar itu perguruan tinggi juga memfasilitasi mahasiswanya untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat di berbagai bidang yang dikenal dengan Organisasi mahasiswa (Ormawa). Ormawa di tingkat universitas sendiri terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang dinekal sebagai BEM KM UNY, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), dan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM). Sedangkan untuk ormawa di tingkat fakultas yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF), Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPMF), dan juga terdapat Himpunan Mahasiswa (Hima) dari setiap jurusan/prodi.

Dalam mewadahi mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakatnya terdapar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada baik di tingkat universitas maupun fakultas. UKM merupakan lembaga yang mewadahi mahasiswa yang memiliki kesamaan dalam minat, bakat, kegemaran, orientasi dan kreativitas dalam sebuah kegiatan ekstrakurikuler di dalam kampus. UKM di UNY dikelompokkan dalam empat bidang, yaitu Bidang Penalaran, Bidang Olah Raga, Bidang Seni, dan Bidang Kesejahteraan/Khusus.
Bidang Penalaran

UKM di Bidang Penalaran berfokus pada pengembangan pemikiran dan kekreativitasan mahasiswa secara sistematis, komprehensif, dan tepat. Sehingga mahasiswa mampu menganalisis dan menyikapi dengan tepat permasalahan serta memiliki pemikiran yang analitik. UKM Bidang Penalaran terdiri dari UKM Penelitian, UKM Lembaga Pers Mahasiswa “Ekspresi”, UKM Radio “Magenta FM”, UKM Bahasa Asing “SAFEL”, dan UKM Rekayasa Teknologi “Restek”.

Bidang Olah Raga
UKM Bidang Olah Raga memfasilitasi mahasiswa dalam meningkatkan mutu akan kegemaran berolahraga. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kemampuan berorganisai dan kesehatan serta kebugaran jiwa tentunya. Selain itu, mahasiswa dapat ikut andil dalam berbagai cabang perlombaan olahraga. UKM bidang ini terdiri dari UKM Atletik, UKM Bola Voli, UKM Catur, UKM Hockey, UKM Judo, UKM Karate, UKM Pecinta Alam “Madawirna”, UKM Panahan, UKM Pencak Silat, UKM Renang, UKM Sepak Bola, UKM Softball dan Baseball, UKM Tenis Lapangan, UKM Tenis Meja, UKM Tae Kwon Do, UKM Marching Band “CDB”, UKM Bola Basket, UKM Bulu Tangkis, dan UKM Sepak Takraw. Disamping itu, UNY juga memiliki fasilitas lapangan baik sepak bola, tenis indoor maupun outdoor dan yang lainnya, sehingga lebih memudahkan mahassiwa dalam menekuni bidang yang diminatinya.

Baca Juga  Tentang Hotspot Yang Bernama YSU

Bidang Seni
Bidang Seni berkonsentrasi pada peningkatan mutu pembinaan minat dan kreativitas mahasiswa di bidang seni. Di sini, mahasiswa dapat belajar dalam menyajikan seni yang menarik, apresiasi seni dan menambah wawasan budaya. UKM Bidang Seni terdiri dari UKM Musik “Sicma Band”, UKM Unit Studi Sastra dan Teater “Unstrat”, UKM Keluarga Mahasiswa Seni Tradisi “Kamasetra”, UKM Paduan Suara Mahasiswa “Suara Wardhana”, dan UKM Seni Rupa dan Fotografi “Serufo”.

Bidang Kesejahteraan/Khusus
Bidang ini bertujuan untuk meningkatkan mutu kesejahteraan mahasiswa dan juga kewirausahaan. Sedangkan kegiatan khusus bertujuan untuk mengembangkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta terhadap tanah air dan sesama. UKM Bidang Kesejahteraan/Khusus yaitu:
Bidang Kesejahteraan terdapat enam UKM: UKM Koperasi Mahasiswa “Kopma UNY”, UKM Unit Kegiatan Kerohanian Islam “UKKI”, UKM Ikatan Keluarga Mahasiswa Katholik “IKMK”, UKM Persekutuan Mahasiswa Kristen “PMK”, UKM Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma “KMHD”, serta UKM Kewirausahaan “KWU”.
Sedangkan Bidang Khusus terdiri dari: UKM Pramuka Racana W.R. Supratman dan Racan Fatmawati, UKM Resimen Mahasiswa “Pasopati”, UKM Korps Suka Rela PM “KSR-PMI”, dan UKM Kewirausahaan

Baca Juga  KTM Kamu Hilang? Ingin Mengurus KTM Baru? Ikuti Prosedur Ini Ya

Dari sekian banyak UKM yang ada di UNY, masing-masing bidang memiliki tujuan dan karakteristik khusus. UKM inilah yang menjadi kebanggaan UNY, karena dari sini banyak menghasilkan mahasiswa berprestasi dan memiliki daya saing, baik tingkat regional, nasional, atau bahkan internasional. Bagaimana, kira-kira kalian tertarik masuk UKM yang mana nih?

Dika Andri Pradana

Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Jerman

Related Articles

Back to top button
Close
X