Kenali Program Studi Kebijakan Pendidikan, Prodi S1 Rasa S2 | UNY COMMUNITY
Sunday , 24 March 2019
Home / intip Jurusan / Kenali Program Studi Kebijakan Pendidikan, Prodi S1 Rasa S2

Kenali Program Studi Kebijakan Pendidikan, Prodi S1 Rasa S2

Sebentar lagi seleksi penerimaan mahasiswa baru 2019 nih! Pasti banyak calon mahasiswa baru yang bertanya-tanya mengenai jurusan dan program studi. Kali ini kita akan membahas mengenai program studi satu-satunya di Indonesia untuk tingkat sarjana atau S1, yakni program studi Kebijakan Pendidikan. Terdengar asing? Tentu. Jangankan mahasiswa baru, mahasiswa lama saja banyak yang belum tahu kalau UNY punya program studi ini, hehehe

Kebijakan Pendidikan merupakan program studi dibawah jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan. Jurusan ini sebelumnya tidak menerima mahasiswa, hanya menyediakan tenaga pendidik untuk UNY. Pada tahun 2006 dibukalah penerimaan mahasiswa untuk jurusan ini, dengan program studi Analisis Kebijakan Pendidikan. Seiring berjalannya waktu nama Analisis dihilangkan, menjadi Kebijakan Pendidikan saja. Program studi ini tidak menampung banyak mahasiswa, karena memang peminatnya sedikit dibandingkan dengan program studi lainnya. Selain itu, program studi Kebijakan Pendidikan UNY ini satu-satunya di Indonesia untuk tingkat sarjana. Untuk program pascasarjana, ada beberapa kampus yang sudah memilikinya. Karena satu-satunya, program studi ini memiliki gojekan KPSI (Kebijakan Pendidikan Seluruh Indonesia), berbeda dengan program studi lain yang memiliki ikatan mahasiswa program studi seluruh Indonesia.

Baca Juga  7 Maskot Fakultas di UNY yang Perlu Kamu Ketahui
pic : instagram.com/mrendiyatimaria/

Apa saja sih yang dipelajari program studi ini? Jawabannya, kompleks! Program studi ini berakar pada filsafat, sosiologi, pendidikan, dan kebijakan. Perpaduan keempatnya menjadi dasar yang kuat untuk mahasiswa Kebijakan Pendidikan mempelajari dan menyusun sebuah rencana kebijakan. Jadi, kalau suka filsafat, sosiologi, atau pendidikan yang tidak menjadi guru, bisa nih masuk di program studi Kebijakan Pendidikan. Satu lagi, untuk beberapa mata kuliah yang didapatkan sama dengan mata kuliah untuk pascasarjananya.

Menjadi satu-satunya program studi studi yang lazimnya untuk mahasiswa pascasrjana, pasti membuat siapapun bertanya-tanya, “Bagaimana prospek lulusannya?”. Bidang keahlian yang harus dikuasai oleh mahasiswa Kebijakan Pendidikan meliputi analisis kebijakan, penelitian kebijakan, dan advokasi kebijakan dalam bidang pendidikan. Kompetensi lulusannya yakni menjadi analis kebijakan pendidikan yang  berbasis fondasi-fondasi pendidikan untuk membantu pembuatan keputusan kebijakan pendidikan, peneliti kebijakan pendidikan yang mampu melakukan telaah kritis-empiris terhadap masalah-masalah sosial-pendidikan, dan praktisi  pendidikan dalam lembaga advokasi pendidikan. Bagi masyarakat awam tentu asing dengan hal-hal diatas. Namun, justru keberadaan analis, peneliti, praktisi dalam advokasi bidang  pendidikan merupakan hal yang sentral. Keberadaannya tidak disadari banyak orang, namun bermanfaat bagi banyak orang.

Baca Juga  Kuliah Seni Musik Tidak Harus Handal Bermusik

Wah berat sekali pembahasannya! Jadi, program studi Kebijakan Pendidikan ini terdengar serius dan berat. Padahal nggak juga, mahasiswa Kebijakan Pendidikan terkenal absurd dan berpola pikir nyeleneh. Tidak heran karena yang dipelajari juga hal-hal nyeleneh, filsafat, sosiologi, pendidikan, dan kebijakan dipadupadankan menjadi satu kesatuan makanan sehari-harinya.

Menjadi mahasiswa Kebijakan Pendidikan tentu memiliki kebanggan tersendiri, karena unik dan satu-satunya di Indonesia, serta UNY saja yang punya! Nah, sekarang sudah sedikit mengenal kan program studi ini? Yuk gabung menjadi keluarga besar KPSI

Oh ya, untuk mengenal program studi Kebijakan Pendidikan ini, kalian bisa kepoin social medianya juga, adminnya ramah dan asik kok.

Website           : http://fsp.fip.uny.ac.id/

Instagram        : https://www.instagram.com/himakpuny/

Twitter            : https://twitter.com/himakp_fipuny

Youtube           : kebijakan pendidikan

OA Line           : @cty5902u

About Safira Faiz Indarti

Check Also

Puisi : Manusia Galaksi

Manusia Galaksi Oleh : Safira Faiz Indarti Kepadamu yang masih berada dalam rengkuhan bulan… Algoritma …

X