PMB UNYPojok #UNYu

Kesempatan Masuk Lebih Besar ! Catat , Ini dia Program Studi ‘Renggang Persaingan’ UNY 2020

Kesempatan Masuk Lebih Besar ! Catat , Ini dia Program Studi ‘Renggang Persaingan’ UNY 2020

Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri favorit di Yogyakarta, UNY menjadi langganan favorit banyak calon mahasiswa yang ingin belajar di perguruan tinggi eks-IKIP ini. Beberapa prodi seperti Akutansi, Ilmu Komunikasi, Sastra Inggris hingga PGSD merupakan beberapa prodi pilihan terbanyak calon mahasiswa baru.

Meskipun begitu, bagi kamu yang hendak memperjuangkan kampus beralmamater biru tua ini bisa mencari peluang melalui beberapa prodi yang tidak banyak diserbu. Berikut ini informasi mengenai jurusan yang sepi peminat namun tetap memiliki prospek dan profil program studi yang bagus di UNY. Yang perlu diingat, sepi-sesepinya peminat jurusan di UNY tetap masih ada nilai persaingannya dan bukan berarti tidak sekaliber prodi yang lain. Paling tidak informasi ini bisa menjadi gambaran peluang dan jawaban alternatif bagi kamu yang masih ingin meminang UNY sebagai tempat berkuliah !

KLUSTER SAINTEK

  1. Ilmu Keolahragaan – Fakultas Ilmu Keolahragaan

Kamu atlet sewaktu sekolah menengah atas? Memiliki passion di ilmu keolahragaan? Memiliki segudang prestasi ilmu olahraga?

Nah, tidak ada salahnya kamu meneruskan kegiatan keilmuan ini melalui tatanan yang lebih tinggi di Prodi Ilmu Keolahragaan. Peminatnya yang berkisar pada angka 85 orang di tahun 2019 bisa menjadi gambaranmu untuk mendaftar.

Jangan sia-siakan piagam dan passionmu !

  1. Pendidikan Teknik Elektronika-Fakultas Teknik

Seputar ilmu teknik memang menjadi salah satu primadona di beberapa perguruan tinggi tidak terkecuali di UNY. Salah satu prodi yang bisa kamu incar di Fakultas Teknik ialah pendidikan teknik elektronika. Jika dibanding saudaranya di fakultas seperti teknik sipil atau informasi yang mencapai animo angka 1.000 lebih, prodi ini dipilih 129 calon mahasiswa baru pada tahun akademik 2019 yang lalu.

  1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani – Fakultas Ilmu Keolahragaan
Baca Juga  Seleksi Mandiri PPs UNY Gelombang Khusus 2018

Satu lagi yang bisa menjadi alternatif dari Fakultas Ilmu Keolahragaan yaitu PGSD Pendidikan Jasmani atau biasa disebut PGSD PENJAS. Sebagai gambaran tahun lalu 168 camaba memilih prodi ini. Jika dipetakan PGSD Penjas tidak seketat PJKR  dirumpun ilmu yang sama. Meskipun begitu, tatanan profil yang ditawarkan keduanya juga sama-sama berkualitas.

  1. Pendidikan Teknik Elektro – Fakultas Teknik

Fakultas Teknik memang menjadi salah satu fakultas yang banyak diincar camaba UNY. Ilmu-ilmu teknik yang memiliki prospek bagus menjadi salah satu daya tariknya. Nah, untuk kamu yang mengambil ilmu teknik sewaktu sekolah menengah kejuruan atau memiliki minat di bidang teknik bisa mencoba teknik elektro yang pendidikan. Tahun lalu, 273 camaba memilih prodi ini sebagai incarannya.

  1. Teknik Manufaktur –Fakultas Teknik

Ilmu teknik satu ini juga bisa menjadi alternatif bagimu yang ingin memilih Fakultas Teknik UNY sebagai tempat berkuliah. Untuk persaingannya ,tahun lalu sebanyak 310 camaba menjadikan prodi ini sebagai prioritasnya.

KLUSTER SOSHUM

  1. Pendidikan Seni Kriya –Fakultas Bahasa dan Seni

Sebagai salah satu cabang ilmu seni , seni kriya atau seni kerajinan bisa menjadi pilihan untukmu yang ingin mengembangkan keilmuan dan passion lebih matang secara profesional mengenai. Dalam peta, sebanyak 84 camaba memilih prodi ini sebagai pilihannya tahun lalu.

  1. Pendidikan Seni Tari- Fakultas Bahasa dan Seni
Baca Juga  Jangan Pernah Lupakan Mereka, Tim Sukses Di Balik Kesuksesanmu

Masih dari fakultas bermakara ungu , untuk kamu yang memiliki minat pada bidang seni tari bisa mencoba peluang pada Pendidikan Seni Tari FBS. Banyak maestro-maestro tari yang terkenal dari FBS belajar dibawah naungan prodi ini. Tahun lalu, prodi ini diminati 130 camaba.

  1. Berturut-turut 4 Prodi dari Fakultas Bahasa dan Seni- Pendidikan Seni Rupa ,Pendidikan Seni Musik dan Pendidikan Bahasa Perancis serta Bahasa Jerman

Empat prodi tersebut menjadi prodi yang bisa kamu pertimbangkan saat ingin memilih UNY. Dengan prospek kerja yang juga bagus ,empat prodi tersebut menjadi incaran 215 camaba Seni Rupa ,225 camaba seni musik dan 317 camaba yang menginginkan Bahasa Perancis. Terakhir, 356 camaba memilih ingin belajar di prodi bahasa Jerman. Jika dibandingkan dengan Sastra Inggris atau Indonesia, keempat prodi tersebut memiliki persaingan yang cukup renggang sehingga lebih banyak terdapat peluang dengan kualitas yang sama bagusnya.

  1. Kebijakan Pendidikan –Fakultas Ilmu Pendidikan

Program studi yang disebut-sebut satu-satunya di berdiri di perguruan tinggi Indonesia ini patut diperhitungkan. Dengan animo tahun lalu mencapai angka 351 camaba, prodi ini bisa kamu renungkan sebagai pilihan. Angka persaingannya cukup renggang dibanding prodi lain yang  dimiliki Fakultas Ilmu Pendidikan seperti Psikologi, PGSD, PLB, PLS atau Bimbingan Konseling.

  1. Teknologi Pendidikan-Fakultas Ilmu Pendidikan

Program studi yang berada dibawah naungan fakultas bermakara hijau ini bisa menjadi pilihanmu. Tahun lalu,  sebanyak 469 camaba memilih prodi ini. Peluang persaingannya cukup renggang dengan prospek kerja yang tetap bagus .

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
Close
X