Menilik Capaian Belajar Optimal Mahasiswa UNY | UNY COMMUNITY
Monday , 24 June 2019
Home / Pojok #UNYu / Menilik Capaian Belajar Optimal Mahasiswa UNY

Menilik Capaian Belajar Optimal Mahasiswa UNY

Jamak mahasiswa UNY telah familiar dengan predikat mahasiswa “kupu-kupu” (kuliah-pulang), “kura-kura” (kuliah-rapat), “kuda-kuda” (kuliah-dagang), dan segala pernik predikat yang disematkan pada diri mahasiswa dari aktivitas kegiatannya selama kuliah. Perdebatan aktivitas mana yang lebih baik antara satu dan lainnya menjadi debat tiada ujung dan menurut penulis menjadi sesuatu yang tidak berguna untuk dilakukan. Daripada harus membuang energi kehidupan hanya untuk sesuatu yang tidak perlu, mari kita telisik satu persatu, bagaimana mahasiswa UNY bisa mengisi waktu kehidupannya di UNY sampai mendapatkan capaian belajar optimal baik di bidang akademik dan non akademik sekaligus.

  1. Wisuda D3/S1 dengan Indeks Prestasi Kumulatif minimal Cumlaude

Prestasi akademik yang gemilang dengan ukuran IPK menjadi dambaan mahasiswa. Tiga aktivitas utama yaitu membaca, menulis, dan berdiskusi terkait keilmuan atau bidang studi perlu terus dilakukan dalam setiap kesempatan oleh mahasiswa.

  1. Asisten Dosen/Laboratorium

Raihan IPK terbaik dapat mengantarkan mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga menjadi asisten dosen atau asisten laboratorium selama proses studi D3/S1 berlangsung. Kesempatan ini bisa digali di masing-masing jurusan yang membuka peluang bagi mahasiswa aktif dengan potensi akademik di atas rata-rata dan tentunya sangat berminat menggali potensi akademiknya lebih berkembang. Mahasiswa dapat merasakan pengalaman belajar teori dan praktik secara lebih mendalam dengan bimbingan belajar lebih intensif dari dosen dibandingkan dengan pembelajaran dari dosen saat belajar di dalam kelas.

  1. Juara Lomba Kepenulisan Ilmiah/Penalaran

Setelah bergumul dengan teori dan praktik di ruang kelas, mahasiswa dapat belajar lebih banyak di berbagai kompetisi keilmiahan atau penalaran yang terkait dengan bidang studi atau di luar bidang studi dengan berkolaborasi dengan mahasiswa di lain prodi. Mahasiswa dapat menguji hasil pemikiran ilmiahnya di kompetisi dan bersaing dengan mahasiswa dari kampus lain untuk mengukur sejauh mana kualitas dirinya dalam menghasilkan ide-ide yang kreatif dan inovatif menjadi produk gagasan ilmiah yang unggul.

  1. Pemakalah Seminar Nasional/Internasional

Menjadi peserta seminar nasional maupun internasional bagi mahasiswa adalah suatu hal yang umum terjadi. Namun, peluang terbuka lebar bagi mahasiswa/i yang mau berinisiatif menggali informasi pada seminar yang mengajak serta mahasiswa D3/S1 untuk menjadi pemakalah pendamping seminar.

  1. Kuliah Tambahan di Kampus Dalam Negeri/Luar Negeri

Simpan saja segala keluh kesah tak diterima di perguruan tinggi impian. Masih ada kesempatan kedua, ketiga, keempat dan banyak sekali untuk belajar di kampus impian yang diidam-idamkan selama studi di kampus yang sebelumnya tidak diidamkan alias nomor paling akhir. Banyak hal yang bisa dieksplorasi untuk sekedar mencicip bagaimana rasanya kuliah di suatu kampus yang diidamkan. Tentunya kesempatan baik ini dapat dimiliki oleh mahasiswa/i yang punya rasa ingin tahu yang tinggi dan gigih untuk menggali informasi apa saja yang bisa didapatkan dari kampus “idamannya”. Contoh kegiatan yang bisa diambil selain berkompetisi adalah student exchange, short course, visit in, workshop, Model United Nation, youth conference/summit, dan lain sebagainya.

  1. Panitia Kegiatan Mahasiswa

Bagi mahasiswa/i yang tidak ingin terlalu mengikat dengan suatu organisasi mahasiswa, mengeksplorasi peran kepanitiaan di dalam maupun luar kampus juga bisa menjadi pilihan untuk mengisi kehidupan sebagai mahasiswa. Ada peran menjadi Ketua, Sekretaris, Bendahara, Sie Acara, Sie Konsumsi, Sie Humas, dan lain sebagainya. Contoh panitia kegiatan di luar kampus, bisa mengadakan kegiatan bersama mahasiswa/i antar kampus dalam satu provinsi.

  1. Pengurus Organisasi Mahasiswa Internal UNY

Dapat menjadi pengurus Ormawa UNY adalah harapan bagi mereka yang ingin aktif di kampus sekaligus memberikan sumbangsih dalam memajukan UNY melalui Ormawa. Ormawa UNY berupa DPM, BEM, UKM di tingkat fakultas dan universitas, serta HIMA di tataran jurusan menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan satu sama lain dan mempunyai perannya masing-masing. Capaian peran tertinggi di Ormawa UNY tidak selalu merujuk kepada seseorang yang mampu menjadi Ketua dan Wakil Ketua Ormawa, namun siapapun mahasiswa/i yang benar-benar memahami perannya dan mengoptimalkan perannya untuk membuat UNY jauh lebih berprestasi.

  1. Pengurus Organisasi Mahasiswa Daerah

Terbatasnya kuota mahasiswa/i untuk berkegiatan di dalam kepengurusan ormawa internal kampus, mahasiswa dapat mengikuti Ormada untuk turut terlibat memajukan kampusnya melalui daerah asalnya. Salah satu contoh kegiatan Ormada adalah melakukan sosialisasi kampus ke sekolah-sekolah di daerah asal. Selain itu bisa mengadakan kegiatan antar organisasi mahasiswa yang berbeda daerah di kampus yang sama untuk menjalin kekerabatan sesama warga kampus.

  1. Pengurus Komunitas Pemuda Daerah, Nasional, Internasional

Kegiatan berorganisasi tak akan berhenti hanya pada cakupan Ormawa internal kampus saja, mahasiswa bisa mengeksplorasi berbagai isu yang ada di lingkungan masyarakat, seperti kerohanian, pendidikan, lingkungan, ekonomi, bahasa, seni dan budaya, olahraga, teknologi, dan sebagainya. Mahasiswa/i bisa belajar mengembangkan potensinya untuk bersosialisasi dan memperluas pengetahuannya di suatu bidang dan berkontribusi lebih banyak di dalam masyarakat. Komunitas pemuda tingkat daerah, nasional, hingga internasional bisa digali lebih luas terkait isu tertentu yang diminati oleh mahasiswa/i.

  1. Internship di Kantor/Lembaga UNY

Kampus UNY membuka peluang bagi mahasiswa aktif untuk dapat ikut serta merasakan pengalaman belajar secara professional di unit-unit lembaga tertentu. Tahun 2018 dan 2019, misalnya Kantor Humas UNY membuka kesempatan mahasiswa UNY yang aktif untuk turut terlibat langsung proses di balik layar membantu peningkatan kualitas UNY melalui kerja-kerja jurnalistik dan media sosial.

  1. Penghargaan Mahasiswa Berprestasi UNY 4 bidang (Penalaran, Seni, Olahraga, dan Minat Khusus)

Mahasiswa/i UNY pasti familiar dengan laman presma.uny.ac.id. Laman tersebut dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa UNY untuk mendokumentasikan segala hasil belajar terbaiknya selama di UNY, khususnya dalam 4 bidang pengkaryaan. Berbagai kejuaraan yang diraih bisa diusulkan menerima Penghargaan Mahasiswa Berprestasi UNY sebagai Mahasiswa Berprestasi UNY dalam 4 bidang tersebut.

  1. Penghargaan Organisasi Mahasiswa Internal UNY

Buah dari memahami peran dan fungsi serta tujuan Ormawa UNY, ada inisiatif dari suatu Ormawa tertentu entah BEM atau UKM yang akan memberikan apresiasi ke pengurus hingga alumninya mendapatkan sebuah “Award”. Sebuah pemacu semangat untuk para aktivis mahasiswa memberikan yang terbaik dan totalitas untuk kampus UNY.

  1. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi UNY

Setiap tahun, UNY berjuang untuk menyiapkan mahasiswa berprestasi di tingkat fakultas hingga universitas. Ukuran prestasi yang dinilai secara komprehensif tak hanya IPK, kegiatan sosial, peran organisasi, maupun prestasi, namun juga gagasan ilmiah yang tertuang dalam karya tulis ilmiah serta kemampuan bahasa inggris hingga kepribadiannya. Seleksi ketat dalam tataran universitas akan mewakili UNY untuk ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional.

  1. Tindak lanjut Penelitian Tugas Akhir

Siapa yang mau jikalau penelitian tugas akhirnya hanya berakhir di perpustakaan???

Baca Juga  Dear Maba, 6 Tips Ini Akan Membuatmu Cepat Beradaptasi Di Kampus Baru!

Bagaimana mahasiswa UNY, apakah kamu salah satu yang bisa meraih semua capaian belajar ini di UNY? Atau masih ingin mengeksplorasinya lebih banyak lagi? Wow, luar biasa! Lanjutkan semangat belajar, berkarya dan berprestasi! Semangat menginspirasi, para calon pendidik bangsa!

About Adinuringtyas Herfi Rahmawati

Alumni Bimbingan dan Konseling FIP UNY
X