Artikel

Kiamat Sugra di Sekitar Kita, Apa Saja?

Mendengar kata kiamat pasti akan membuat Anda terdiam dan sedikit berpikir. Ya, siapa makhluk yang tidak takut atau risau dengan hari yang pasti tiba atau terjadi ini. Namun, nyatanya sebelum kiamat sesungguhnya terjadi, kiamat kecil telah terjadi di keseharian kita.

Kiamat memang dibagi ke dalam dua jenis yaitu kiamat kubro atau kiamat sesungguhnya dimana seluruh alam semesta beserta isinya luluh lantah. Lalu yang kedua adalah kiamat sugra yang disebut juga kiamat kecil, kiamat inilah yang ternyata sering terjadi di sekitar kita. Apa saja? Mari ikuti pembahasannya bersama!

Bentuk Kiamat Sugra yang Terjadi di Sekitar Kita

Bagi Anda yang belum mengetahui, contoh kiamat kecil yang pasti sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah kematian. Kematian manusia, baik itu tetangga, teman, atau bahkan keluarga adalah salah satu bentuk dari kiamat kecil. Lantas apa saja bentuk kiamat kecil lainnya? Kami telah menyiapkan beberapa contoh dari kiamat kecil yang kini kian mudah kita temui :

Merebaknya Nabi Palsu

Seperti yang kita ketahui Nabi terakhir adalah Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam. Namun di akhir zaman ini, banyak sekali bermunculan orang-orang yang mengaku bahwa dirinya Nabi. Tentu hal ini adalah sesuatu yang menyimpang dan sesat sekaligus bentuk dari kiamat sugra.

Namun, untuk Anda ketahui fenomena inilah yang telah di sebutkan dalam sebuah hadits Rasulullah bahwa tanda akhir zaman adalah merebaknya para pendusta yang mengaku Nabi. Dan hal ini pulalah bentuk nyata dari kiamat kecil yang ada di sekitar kita.

Berlomba-lomba Mempercantik Masjid

Masjid sejatinya adalah tempat ibadah umat muslim. Namun kini kerap kita jumpai masjid-masjid yang dihias dan didesain sebagus dan semewah mungkin bukan hanya untuk kenyamanan ibadah namun juga dijadikan tempat wisata dan berfoto. Fenomena ini adalah salah satu contoh dari kiamat sugra yang telah disebutkan dalam salah satu Hadits Shahih.

Orang Tua Berpenampilan seperti Anak Muda

Di era yang serba canggih dimana semua orang beramai-ramai memakai media sosial ada sebuah fenomena yang terjadi dimana banyak orang yang sudah tua berpenampilan layaknya anak muda. Mereka merias diri dan menyamarkan usia senja dan tampil layaknya anak muda. Hal ini jelas merupakan bentuk kiamat sugra  yang sangat mudah kita temui kini.

Hilangnya Sopan Santun

Seringkah Anda temui orang-orang yang kerap berbuat dan berkata keji atau kasar bahkan pada teman ataupun keluarganya sendiri? Tahukan Anda bahwa ini juga bentuk dari kiamat kecil yang semakin sering terjadi. Sopan santun semakin hilang bahkan kebiasaan bicara kasar telah dibiasakan sejak kecil. Sungguh salah satu fenomena yang harus kita renungkan bersama.

Selain keempat hal yang telah disebutkan, masih banyak lagi bentuk kiamat sugra yang kini mulai bermunculan dan bahkan sering sekali kita temui. 

Semoga kita termasuk orang-orang yang sadar dan selalu berbenah. Semoga kita tidak termasuk ke dalam golongan kaum yang merugi yang melakukan hal-hal yang telah dibahas.

Demikian informasi seputar kiamat sugra yang ada di sekitar kita. Semoga menjadi bahan renungan bersama dan semoga Allah SWT selalu menjernihkan pikiran dan hati kita agar senantiasa mawas diri dan tidak terseret pada fenomena akhir zaman yang menyesatkan. Wallahu A’lam Bisshawab.

Baca Juga  PMB UPN Yogyakarta Jalur Seleksi Mandiri

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
X