Kiat Sukses Keluar dari Lilitan Hutang | UNY COMMUNITY
Home / Pojok #UNYu / Kiat Sukses Keluar dari Lilitan Hutang

Kiat Sukses Keluar dari Lilitan Hutang

Hampir semua orang pernah berhutang, baik yang tidak dicatat maupun yang sistematis seperti berhutang di bank maupun lembaga peminjam dana lainnya. Beberapa diantaranya bahkan mempunyai hutang dengan nominal yang cukup mencengangkan. Dapat terlepas dari jeratan hutan memang menjadi suatu yang didambakan oleh mereka yang mempunyai banyak hutang. Hutang telah membuat hidup mereka menjadi tidak tenang dan seolah menjelma menjadi beban yang sangat berat. Namun ada pula individu yang dapat melepaskan dirinya dari jerat hutang yang selama ini mengikatnya. Agar dapat keluar dari jeratan tanggungan hutang ini ada beberap hal atau kiat-kiat sukses keluar dari liitan hutang yang musti dilakukan oleh para individu yang berhutang.

5 Kiat Sukses Keluar dari Lilitan Hutang

Ada beberapa kiat sukses keluar dari lilitan hutang yang harus Anda tempuh supaya terbebas dari jeratan hutang. 5 kiat sukses untuk keluar dari lilitan hutang ini dapat Anda aplikasikan untuk dapat keluar dari lilitan hutang yang selama ini mengikat. Apa saja kiatnya? Berikut pembahasan lengkapnya.

  1. Menerapkan Perencanaan Matang

Perencanaan yang dimaksud disini adalah segala persiapan mulai dari perhitungan, memperiapkan segala kemungkinan yang didapat pada saat memutuskan untuk berhutang. Keputusan untuk meminjam dana sebelumnya telah dipikirkan masak-masak dan penuh perhitungan. Hal ini penting dilakukan agar uang yang dipinjam dapat dikembalikan tepat waktu dan tanpa menjual aset pribadi lainnya. Perencanaan yang matang dan baik akan mengantar Anda kepada banyak kemudahan dikemudian hari. Bayangkan jika semuanya dilakukan tanpa persiapan dan perencanaan yang matang maka dijamin semua akan berantakan. Terlebih menyangkut hutang piutang sesuatu yang sangat sensisitif dan rawan tuntut menuntut ini memang perlu perencanaan ekstra. Dalam perencanaan biasanya individu mempunyai lebih dari satu alternatif solusi, misal jika kemungkinan terburuk tidak dapat membayar hutang tepat waktu maka akan dilakukan plan b yaitu menggadaikan beberapa harta benda yang bernilai misalnya. Selalu merencanakan segala sesuatunya dengan baik dapat meminimalisir Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Perhatikan Kondisi Finansial Anda
Baca Juga  Rasanya Kamu Belum Resmi Disebut Anak Kost, Jika Belum Ngalamin Hal-hal berikut Ini

Sangat penting sekali untuk mengetahui secara luar dalam kondisi keuangan yang Anda miliki saat ini. Kondisi finansial yang ada akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hutang yang dimiliki. Ketika kondisi keuangan Anda tidak stabil dalam artian lebih besar pengeluaran daripada pemasukan maka Anda harus segera mencari alternatif solusi lain. Berhemat dan mencari pekerjaan sampingan adalah jalan yang paling masuk akal untuk mengatasi permasalahan tersebut. Jika terlintas untuk berhutang lagi guna menutup hutang yang telah ada sedangkan kondisi finansial tengah limbung itu sama saja bunuh diri. Menjaga kondisi keuangan agar tetap stabil adalah langkah bijak yang harus dilakukan. Membeli sesuai dengan kebutuhan saat ini dapat menjadi solusi lain untuk menjaga kondisi finansial tetap berimbang. Semakin membaik kondisi keuangan Anda maka kemungkinan untuk melunasi hutang semakin besar begitu pula sebaliknya.

  1. Mempunyai Skala Prioritas

Jika Anda mempunyai hutang kepada lebih dari satu orang atau lembaga maka memiliki skala prioritas sangatlah diperlukan. Merepotkan memang ketika Anda mempunyai banyak hutang dan kepada banyak orang pula. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar mana saja hutang yang harus segera dibayarkan. Setelah mendapati semua hutang telah terdaftar tinggal gunakan skala prioritas untuk memnentukan mana yang harus diutamakan. Apabila hutangnya menyertakan jaminan seperti rumah atau aset berharga lainnya maka patut untuk didahulukan mengingat sanksi yang didapat jika telat membayar yaitu rumah dapat disita pihak penjamin dana. Namun apabila semua hutang menggunakan agunan maka dahulukan mana hutang yang menggunakan agunan paling penting bagi Anda misal rumah, kendaraan, atau surat berharga. Jika satu hutang telah lunas maka Anda dapat fokus terhadap hutang yang lain dan jangan lupa untuk menggunakan skala prioritas.

  1. Membuat Jadwal Pelunasan Hutang
Baca Juga  Menjadi Aktivis Kampus? Why Not! Justru Inilah Kelebihan Menjadi Seorang Aktivis

Setiap hutang pasti mempunyai tanggal jatuh tempo, mempunyai jadwal dalam melunasi hutang dirasa perlu dilakukan. Membuat jadwal pelunasan hutang akan menjadikan Anda waspada dan ingat akan hutang yang dimiliki. Dengan melihat jumlah uang yang ada maka Anda dapat mengira-ira kapan akan membayar hutang. Terlebih jika Anda mempunyai hutang lebih ke satu oang maka jadwal yang dibuat juga harus sesuai dengan jumlah hutang yang ada. Berhutang memang kegiatan yang mengasyikan sekaligus menyebalkan. Mengasyikan karena Anda dapat memperoleh banyak uang dalam waktu yang relatif singkat, namun menyebalkan ketika harus membayar dan bahkan sampai terjerat hutang. Jika Anda berminat untuk berhutang lagi maka cobalah kredit online Indonesia yang akan memberikan Anda dana segar dengan proses yang mudah serta tidak merepotkan. Cicilan yang ditawarkan juga sangat variatif dan dengan suku bunga rendah tentunya.

  1. Bertekad Ingin Terbebas dari Hutang

Kemauan yang keras akan membuat mimpi dan cita-cita menjadi nyata apabila diiringi dengan kerja keras. Mempunyai tekad yang kuat agar dapat terbebas dari jeratan hutang dapat dimulai dengan mulai berusaha melunasi hutang yang ada. Kejar setoran dan menambah produksi bagi mereka yang mempunyai usaha dapat menjadi langkah nyata dalam usaha melunasi hutang. Berhutang dilakukan karena tidak ada pilihan lain lagi dalam mendapatkan uang. Hutang juga merupakan langkah terakhir seseorang ketika mencari uang untuk menutup kebutuhan yang ada. Jika ditelaah lagi sebenarnya hutang telah banyak membantu kehidupan umat manusia. Jika Anda tengah mengalami kesulitan keuangan maka Anda dapat menjajal pinjaman online langsung cair yang langsung cair kurang dari waktu 1×24 jam. Prosedur yang mudah dan cepat akan memanjakan Anda dalam memperoleh dana segar.

Baca Juga  5 Hal Penting Yang Perlu Dipersiapkan Saat Mendekati Wisuda

Demikian adalah ulasan mengenai 5 kiat sukses keluar dari lilitan hutang. Ketika memutuskan untuk berhutang tentunya Anda paham betul dengan resiko yang akan dihadapi. Kemungkinan untuk hilangnya rumah dan barang berharga karena dijadikan jaminan pada saat berhutang tentu dapat terjadi sewaktu-waktu. Mendapatkan suntikan dana segar dalam waktu yang singkat memang mempunyai kompensasi yang setimpal. Membayar cicilan tepat waktu setiap bulannya, ditambah membayar bunga adalah ganti dari telah dipinjami Anda uang oleh pihak pemberi hutang.

Jika Anda tidak mempunyai pekerjaan tetap dan aset yang bernilai maka jangan sesekali berhutang meskipun Anda berhutang dengan nominal cicilan yang paling ringan. Apabila tetap nekat untuk berhutang maka Anda selamanya akan dikejar penagih hutang dan tidak akan tenang hidupnya. Berhutanglah apabila memang perlu, dan berhutanglah sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Jangan sampai hutang justru bukan membantu hidup Anda namun justru menambah beban yang ada. Bagi Anda yang terlanjur berhutang segeralah lunasi hutang-hutang yang ada. Manusia paling bahagia adalah mereka yang ketika tidur tidak memikirkan hutang dan bangun tidak pusing bagaimana cara membayar hutang. Semoga apa yang telah diuraikan diatas dapat menginspirasi dan memberikan manfaat bagi Anda semua serta dijadikan pelajaran ketika hendak berhutang.

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

UKMF Sekrup FMIPA Pentas Raya Tahun 2017

🎊👺 ZETAN 👺🎊 Hai semua ✋ Selamat pagi, selamat siang, selamat sore dan selamat malam …