Pojok #UNYuTips

Kiat Sukses Saat Kuliah Bagi Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa tentunya berbeda dengan seorang siswa. Perbedaan bisa dilihat dari cara belajar dan sikap. Misalnya, seorang mahasiswa yang tidak mengerjakan tugas kuliah akan mendapat nilai yang jelek tanpa peringatan seperti saat disekolah dulu. Sikap dan perilaku pun juga harus lebih dewasa.

foto : via pmb.uny.ac.id

Buat kalian yang pengen menjalani kehidupan seorang maba dengan lancar dan sentosa, terapin 5 cara ini nih.

1. Selalu update informasi

Biar nggak jadi mahasiswa yang ‘kudet’ alias kurang update kamu harus selalu update informasi perihal dunia kampus maupun dunia luar. Ketika kamu harus bertemu orang baru atau sedang mengobrol dengan teman maka kamu nggak akan kesulitan untuk mencari bahan obrolan atau nyambung jika diajak membahas tentang suatu hal.

Baca Juga  Cara Hadapi Pertanyaan Sumber Kegelisahan Mahasiswa

Kamu bisa membiasakan diri untuk membaca berita setiap hari dan mengikuti media sosial akun yang berkaitan dengan kampusmu.

2. Personal branding

Sebagai mahasiswa baru kita perlu membangun personal branding. Personal branding ialah bagaimana seseorang membangun persona dengan cara memaksimalkan potensi diri. Manfaat dari personal branding bagi mahasiswa baru dapat memudahkan dalam memperoleh kepercayaan orang lain.

3. Mau belajar
Agar memperoleh banyak pengetahuan, kamu harus mau belajar hal-hal baru yang bermanfaat untuk kamu. Banyak pengetahuan yang bisa kamu dapat melalui platform daring seperti Youtube, Instagram atau Webinar.

4. Taat aturan
Tips ini harus kamu terapin kalo mau jadi mahasiswa yang bebas dari labeling dosen sebagai mahasiswa yang bandel. Peraturan yang diberikan oleh kampus maupun dosen harus kamu patuhi ya.

Baca Juga  Wajib Tahu! 5 Komunitas dan Info Turnamen Free Fire Untuk Gamers Jogja

5. Aktif Berkegiatan
Mumpung masih maba, banyak banget lho kesempatan kamu untuk menyelami dunia perkuliahan dan mencari banyak relasi dengan aktif berkegiatan misalnya ikut UKM atau daftar kepanitiaan.

Nah, itu tadi lima tips yang bisa kalian khususnya mahasiswa baru terapkan biar lebih sukses jalanin kuliah kalian. Semangat!

Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Related Articles

Back to top button
X