Kisah Seorang Putra TKI Asal SUL-BAR Yang Berhasil Lolos Jalur SM UNY | UNY COMMUNITY
Home / Pojok #UNYu / Kisah Seorang Putra TKI Asal SUL-BAR Yang Berhasil Lolos Jalur SM UNY

Kisah Seorang Putra TKI Asal SUL-BAR Yang Berhasil Lolos Jalur SM UNY

Putra TKI asal SUL-BAR berhasil Lulus Mendapatkan 1 Kursi Melalui Jalur SM UTUL UNY Yang Diikuti dari 18.014 Peserta Se Indonesia

Azwan putra TKI dengan sapaan wan, putra dari pasangan seorang TKI Yusuf & Haria telah berhasil Lulus sebagai Mahasiswa Baru Universitas Negeri Yogyakarta melalui jalur SM UTUL.

Laki- laki kelahiran Malaysia 25 Agustus 1999 merupakan anak ke 4 dari 4 bersaudara. Terlahir dari keluarga yang sederhana dan kesederhanaannya itu tidak membuat semangat dan perjuangan nya goyang sedikit pun untuk tetap maju dan mencapai cita-cita nya.

Sebelum mengikuti SM Utul UNY. Azwan telah diterima di salah satu Kampus Negeri di daerahnya melalui jalur SNMPTN, tetapi lebih memilih untuk tidak mengambil Kesempatan besar itu. Azwan lebih memilih untuk mengikuti Tes Mandiri Khusus yang di selenggarakan langsung oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Kenekatan nya pun menjadi keberuntungan untuknya, kedatangan nya jauh-jauh dari pulau Sulawesi terbayarkan.

Baca Juga  Ketika Cinta Bertepuk Sebelah Tangan, 4 Langkah ini Akan Menyelamatkan Hatimu

Saat itu Azwan tak tanggung-tanggung untuk menjadikan jurusan Administrasi Negara sebagai pilihan pertamanya dan Ilmu Komunikasi sebagai pilihan ke kedua pada jalur Sm Utul. Yang sudah jelas-jelas merupakan jurusan favorit di salah satu Fakultas Ilmu Sosial.

Alhamdulillah Takdir, Rezki, do’a dan usahanya berbuah hasil sehingga azwan di terima di pilihan pertamanya melalui tes tulis shosum di jurusan Administrasi Negara.

Azwan juga semasa menjadi seorang siswa aktif ia juga merupakan salah satu mantan ketos di salah satu sekolah kejuruan di kabupaten Polewali Mandar SMK Negeri 1 Polewali. Azwan menyumbang beberapa prestasi selama menjadi siswa aktif di sekolahnya.

Beberapa prestasi itu ialah terpilih sebagai Peserta Parlemen Remaja DPR RI Se Indonesia, 10 Besar Lawatan Sejarah Nasional Tk. Nasional yang di selenggarakan di Kota Yogyakarta – Pacitan – Nganjuk, dan dia juga merupakan salah satu peserta terbaik 1 pada pelatihan Jurnalistik menulis berita terbaik  Tk.Provinsi  se-Sulawesi Barat dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Ini Dia Pesan Rektor UNY Kepada 2.012 Wisudawan di GOR UNY

Putra ini punya cita-cita untuk mengubah kehidupan keluarganya melalui aksi nyata untuk waktu yang akan datang.

Pekerjaan ayah dan ibunya bukan menjadi penghalang untuknya tapi menjadi motivasi dan semangat yang kuat untuk maju bersama-sama dengan ribuan calon pemimpin masa depan.

“Aku bangga menjadi anak TKI, Bangga terlahir dari keluarga sederhana dan aku bangga menjadi Warganegara Republik Indonesia, karena Negara ku satu cita-cita terbaik ku” terang azwan.

Penulis : Azwan – Administrasi Negara – 2017

About admin

UNY COMMUNITY – Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY – kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

UNY Gelar Refleksi Kepahlawanan Lafran Pane

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar dialog nasional refleksi kepahlawanan Lafran Pane, Rabu (13/12/2017). Dialog nasional …