Mahasiswa BangetPojok #UNYu

Kostum dan Asesoris Kampus yang Sering Digunakan Mahasiswa

Mahasiswa tak pernah habis untuk dibahas. Dari perkara yang besar hingga yang kecil-kecil. Seperti pembahasan ini yang akan bercerita mengenai soal kostum dan asesoris yang sering dipakai mahasiswa. Apakah kostum mahasiswa itu sebegitu pentingya? Yuk simak, cekidot!

1. Jas Almamater

alamamter
kartikaadhi.wordpress.com

Kostum ini adalah kostum penting dan wajib yang harus dimiliki. Bukan hanya mahasiswa, anak sekolah pun juga harus wajib memiliki (ya walaupun ada beberapa sekolah yang tidak mewajibkan muridnya untuk mempunyai jas almamater, sih). Namun kalau mahasiswa ya harus punya kan? Seperti saat masa-masa sebelum ospek biasanya dibagikan jas almamater. Karena jas almamater ini memiliki banyak fungsi, misalnya untuk studi lapangan, kunjungan ke kampus lain, observasi, dan masih banyak lagi. Sehingga dapat dikatakan penggunaan jas almamater ini sangat sakral, tidak asal digunakan. Tapi ya hal lumrah terjadi ketika maba pada awal masuk kuliah masih sering menggunakan jas almamater untuk jam perkuliahan, aseli itu hal lumrah.

2. Korsa atau PDL

korsa uny
pic : kmpp-uny.blogspot.com

Ngaku aja, di antara kalian pasti teman seangkatan pada bikin korsa atau PDL kan? Itu lho semacam pakaian yang ada kerahnya gitu, biasanya di lengan kanan ada cap bendera merah putih terus yang sebelah kiri ada cap universitas? Udah, ngaku aja. Hal ini juga lumrah terjadi kok. Biasanya pada awal-awal masuk kuliah tuh, kan udah pada kumpul sama temen-temen seangkatan, nah biar keren dan dikenal mahasiswa lain ya bikin korsa atau PDL itu. Rata-rata sih harga yang dipatok sekitar Rp 100.000 hingga Rp 150.000. Tergantung bagaimana kain atau bahan yang telah disepakati bersama. Korsa atau PDL ini biasanya bisa menambah kepercayaan diri lho. Kan kalau di korsa atau PDL itu pasti ada tulisan jurusan apa dan dari kampus mana, nah yang kayak gitu tuh biasanya bisa buat keren dikit. Biasanya korsa atau PDL ini digunakan mahasiswa tingkat atas untuk kegiatan ospek adik kelasnya (kan biar dikenal gitu, apalagi di korsa ada namanya juga), selain itu juga untuk kegiatan kemahasiswaan lainnya seperti waktu seminar (panitia biasanya menggunakan korsa atau PDL).

Baca Juga  7 Tempat Makan Dekat UNY Dengan Harga Bersahabat Bagi Dompet Mahasiswa

3 Kaos dan jaket

buy-now-GIF

Nah uraian di atas kan menjelaskan kostum yang resmi. Kalau pembahasan yang satu ini yang agak santai, yaitu kaos dan jaket. Hayo teman-teman yang seangkatan bikin kaos dan jaket siapa? Hal ini juga sangat wajar terjadi. Karena belum puas dengan kostum jas almamater dan korsa atau PDL, banyak mahasiswa yang masih membuat kaos dan jaket untuk teman seangkatan. Kaos dan jaket kan ibarat amplop dan perangko, nempel terus kemana-mana. Jadi ya cocok banget buat dipadupadankan. Kalau kaos biasanya harga yang dipatok sekitar Rp 70.000 hingga Rp 100.000, nah kalau jaket mungkin agak mahal kalik ya. Makanya sering tuh teman seangkatan mengadakan iuran per minggu atau per bulan demi punya jaket angkatan. Kalian udah tahu kan kalau ke kampus wajib menggunakan pakaian yang rapi? Alias nggak boleh pakai kaos oblong (tanpa kerah) dan sandal jepit. Nah makanya, untuk kegiatan santai biasanya teman seangkatan bikin kaos dan jaket. Dan fungsinya memang bukan untuk digunakan kegiatan perkuliahan di kampus. Yakalik mungkin entah kapan teman seangkatan mau mengadakan main bareng-bareng, nah kostum kaos dan jaket ini kan juga bisa dipakai hehe.

Baca Juga  Tipe-tipe Mahasiswa yang Datang ke Perpustakaan

4. Stiker kampus

Jpeg

Dari zaman sekolah pun bikin stiker juga sudah biasa kalik ya. Misal stiker nama sekolah atau kelas gitu. Hal ini juga masih terjadi di lingkungan mahasiswa. Ada yang membuat stiker dengan nama universitas, jurusannya, atau stiker UKM apa gitu. Biasanya sering ditempel di helm atau motor. Biasanya kalau yang motor ditempel stiker universitas, kalau yang helm ditempel stiker jurusannya. Iya kan gaes? Ngaku aja. Stiker ini juga secara tidak langsung akan memberitahu kepada khalayak umum dimana kita kuliah, apa jurusan kita. Kan kalau di jalan raya pasti banyak yang menemukan mahasiswa seperti itu kan? Jadinya kita tahu, oh dia kuliah disana. Ya walaupun kita nggak kenal sih. Hehehe.

Sekian paparan dari saya. Gimana, ngaku juga kan kalau kalian punya kostum dan asesoris seperti yang disebutkan di atas? Hehe itu wajar kok. Kostum kampus seperti itu juga bisa mengakrabkan kalian dengan teman seangkatan kalian. Yeee ^_^

Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Related Articles

Back to top button
Close
X