Kuliah Di UNY, Orangtuamu PNS Ya? | UNY COMMUNITY
Wednesday , 21 August 2019
Home / Opini / Kuliah Di UNY, Orangtuamu PNS Ya?

Kuliah Di UNY, Orangtuamu PNS Ya?

“Orangtuamu PNS ya?” Berapa ratus mahasiswa UNY yang sudah mendapat pertanyaan ini? Bahkan saya yang bukan berasal dari keluarga PNS pun pernah dilempari pertanyaan yang sama oleh dosen Pembimbing Akademik saya saat sedang mengobrol santai di ruang Jurusan. Pertanyaan yang entah sudah pernah dijadikan penelitian di UNY atau belum. Sebenarnya saya juga penasaran, mengapa hampir sebagian besar mahasiswa yang berkuliah di UNY berasal dari keluarga PNS?

kampus UNY

Tak usah jauh-jauh, teman sekelas saya sendiri sebagian besar adalah berasal dari keluarga PNS. Hal tersebut juga menjadi motivasi mereka untuk berkuliah di jurusan pendidikan dan dengan harapan kelak menjadi guru PNS. Mendengar cerita mereka, aku pun bertanya, “Apakah cita-cita keluarga PNS yang diturunkan adalah se-simpel ini?”

“Jadi PNS itu enak. Walaupun gaji pas-pasan, tapi saat sudah pensiun kita masih mendapatkan tunjangan dari pemerintah. Setidaknya tidak takut bangkrut seperti orang berwirausaha.” Begitu yang sering saya dengar dari para PNS ataupun calon PNS.

Baca Juga  Universitas Kehidupan Adalah Sebenar-benarnya Universitas

Waduh, kalau semua orang berpikiran seperti itu, bakalan bangkrut dong negara untuk membayar PNS?! Apalagi kalau kualitas PNS-nya tidak ada perkembangan alias begitu-begitu aja dari jaman dulu. Repot ya ternyata, yang penting jadi diri sendiri aja deh hehehe. Tapi, coba kita tengok dari sudut pandang yang lain. PNS memang dibutuhkan, dan regenerasi itu sangat perlu. So, sebenarnya tak ada salahnya orang bercita-cita menjadi PNS. Tapi alangkah lebih baik jika cita-cita tersebut diperbijak. Bukan hanya karena gaji dan tunjangan, tapi lebih kepada salah satu wujud mencintai dan mengabdi pada negara.

O iya, sebenarnya apa yang menyebabkan jutaan orang berbondong-bondong ingin menjadi PNS? Sampai sekarang, saya masih sangat penasaran dengan jawaban dari pertanyaan itu. Terlebih, di UNY sendiri sebagaimana telah diketahui bahwa kebanyakan dari mahasiswanya berlatar belakang PNS. Ini baru UNY, belum dari kampus lain. Tapi, haruskah anak dari PNS juga diarahkan menjadi PNS?

Baca Juga  Pilihan Rasional Mahasiswi UNY Dalam Berpakaian

Sah sih, boleh sih, tapi tidak harus kok. Why? Banyak jalan menuju Roma, banyak cara menuju sukses dan bahagia, dan tidak hanya menjadi PNS saja. Bagi saja, terlalu banyak orang Indonesia yang suka mencari titik aman, dan kurang berani mengambil resiko untuk sukses dengan cara yang berbeda. Parahnya, hal itu terjadi turun-temurun dan mengakar begitu saja.

Memang banyak sih pengusaha muda, wirausahawan muda, kreator muda, dan lain sebagainya yang tersebar di Indonesia. Tapi, banyaknya mereka tak sebanding dengan banyaknya para PNS dan para pengantre PNS yang luar biasa banyaknya.  Buruh (karyawan) dan PNS menjadi pilihan utama dan terbesar masyarakat di negara dunia ketiga ini. Jangankan menjadi pengusaha atau wirausahawan sukses, bermimpi pun masih tak berani. Terlalu banyak manusia pesimis di negera ini.

About Libriana Candra

Mahasiswi Pendidikan Sosiologi |Menulis, Backpacking |amarisdaren.blogspot.com

Check Also

Tips 5 Sehat 6 Sempurna Ala Mahasiswa Kost

Jika kalian adalah orang-orang yang mengaku sebagai mahasiswa kost yang jauh dari orangtua, dan ingin …

X