MahasiswaPojok #UNYuTips

Kuliah Sambil Kerja Lancar Tanpa Kendala? Ini Dia Tipsnya

Dalam menjalani kehidupan mahasiswa biasanya kita membutuhkan penghasilan tambahan dan mengasah skill baru, bekerja menjadi pilihan beberapa orang. Ada juga yang awalnya bekerja tetapi ingin melanjutkan pendidikan.

foto : grid.id

Buat kalian yang ingin menjalankan keduanya, bisa banget kok asal kamu nerapin beberapa tips ini.

  1. Buat Waktu Khusus

Biasanya abis kerja terus capek, ngantuk terus tidur dan ga ada waktu buat ngerjain tugas. Hal ini bisa disiasati dengan kita buat waktu khusus buat ngelakuin sesuatu misalnya ngerjain tugas. Misalnya kita kerja pukul 15.00-20.00 WIB nah ketika udah capek kita bisa bersih-bersih terus istirahat tapi coba setel alarm dini hari buat fokus ngerjain tugas. Kamu juga bisa pilih waktumu sendiri sesuai dengan jadwalmu. Prinsipnya, waktu khusus ini tidak bisa diganggu jadi harus komitmen sama diri sendiri biar tetep bisa balance antara kuliah dan kerja.

Baca Juga  Mengenal Tradisi Islam Jawa Menyambut Bulan Puasa, “Megengan”

2. Sesuaikan antara kuliah dan pekerjaan

Jangan sampai dua hal ini crash ya. Kita harus pintar-pintar menyesuaikan antara kuliah dan kerja. Kalau kerjanya shifting, pilih yang nggak nabrak kuliah kamu. Terus gimana kalau ada yang tabrakan? Mau nggak mau kita emang harus ngerelain salah satu. Mana yang saat itu jadi prioritas kita.

3. Istirahat cukup

Kenapa istirahat cukup jadi poin penting? Karena ini bakalan mempengaruhi kamu baik saat kuliah maupun bekerja. Kalau pas kuliah kurang istirahat nantinya bakalan nggak konsen pas dengerin mata kuliah, begitu juga pas kerja bakalan menurunkan performa kerja.

4. Tetap fokus
Penting banget diperhatikan di poin ini karena biasanya nggak fokus bakalan berdampak banget, misalnya pas lagi kuliah kamu mikirin kerjaan dan sebaliknya. Usahakan untuk fokus biar semuanya lancar.

Baca Juga  KKN Mandiri : Dari Plangisasi ke Mode Onlinenisasi, Ada Cerita Apa Saja ?

Dengan tips di atas kamu akan lebih mudah mengatur keduanya. Semoga bermanfaat!

Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Related Articles

Back to top button
X