Kupas Tuntas Pelaksanaan Lomba Antar Jurusan FIP UNY | UNY COMMUNITY
Wednesday , 14 November 2018
Home / Kabar Kampus / Kupas Tuntas Pelaksanaan Lomba Antar Jurusan FIP UNY

Kupas Tuntas Pelaksanaan Lomba Antar Jurusan FIP UNY

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta untuk kedua kalinya menggelar lomba antar jurusan FIP yang bekerjasama dengan UKMF Penelitian Reality. Lomba antar jurusan ini terdiri dari lomba Business Plan dan Karya tulis Ilmiah. Lomba ini diperuntukan untuk meningkatkan iklim kepenulisan di FIP. Acara ini berhasil dilakukan berkat kerja keras panitia yang diketuai oleh Umi Farida dari jurusan Psikologi. Selain itu, UKMF Penelitian REALITY khususnya Pusat Pengkaryaan mahasiswa dibantu oleh divisi lain seperti Angga Catur Laksana, Penny Purwoningsih, dan Jeanet Tandayu dari divisi Media dan Jaringan. Pelaksanan pada tahun ini juga sedikit berbeda dengan tahun lalu, dimana UKMF Penelitian REALITY   juga berhasil menggandeng mahasiswa non pengurus untuk menjadi panitia.

Animo mahasiswa FIP ini cukup tinggi terlihat dari terlibatnya hampir semua jurusan di FIP. Berbagai ide yang inovatif dan kreatif pun banyak dimunculkan. Dimana beberapa ide tersebut diseleksi terlebih dahulu yaitu melalui seleksi fullpaper. Setelah adanya seleksi full paper kemudian terpilihnya karya terbaik yang siap dipresentasikan. Tak tanggung-tanggung juri untuk menilai berbagai karya yang ada di lomba antar jurusan memiliki kemampuannya yang mumpuni dan bukan isapan jempol belaka. Hal ini terbukti bahwa UKMF REALITY mengundang Dr. Hermanto, M.Pd., dan Ibu Sukinah, M.Pd., dimana kedua juri ini adalah juri PIMNAS. Selain itu, juga terdapat Bapak Banu Setyo Adi, S.Pd.Kor., M.Pd yang menjadi juri LKTI. Pada juri Business plan juri yang diundang meliputi Dr. Pujiriyanto, M.Pd., dan H. Sujati, M.Pd.

Baca Juga  Mahasiswa UNY Ciptakan Dompet Anti Copet

Acara puncak dari kegiatan Lomba Antar Jurusan ini telah dilakukan pada hari Jumat, 5 Oktober 2018 yang bertempat di Abdullah Sigit Hall, Fakultas Ilmu Pendidikan. Acara ini diikuti kurang lebih oleh 66 peserta yang terdiri dari 10 finalis LKTI dan 7 Business Plan. Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III yaitu Dr. Sujarwo, M.Pd. Pada pembukaan lomba Antar Jurusan beliau berpesan bahwa lomba ini adalah pacuan awal untuk mempersiapkan dan mengembangkan diri. Karena dekat-dekat ini akan diadakan lomba LKTI untuk FIP Se Indonesia yang akan diadakan di Malang.

Selain itu, acara ini dimulai sejak pagi sampai sore dan belajar dengan lancar. Hasil dari perlombaan ini untuk Juara 1 LKTI dari program studi Bimbingan Konseling, juara 2 dan 3 diraih oleh program studi PGSD, harapan 1 diaraih oleh program studi PG PAUD, Harapan 2 oleh program studi PLB, dan Best Presentation diraih oleh program studi Teknologi Pendidikan. Pada hasil business plan sendiri juara 1 diraih oleh program studi Teknologi Pendidikan, juara 2 oleh program studi PGSD, juara 3 oleh program studi PG PAUD, Harapan 1 diaraih oleh program studi PGSD, harapan dua diraih oleh program studi Teknologi Pendidikan, dan Best Presentation diraih oleh program studi Psikologi.

Baca Juga  PELANTIKAN PEJABAT DAN MUTASI PEGAWAI DI LINGKUNGAN UNY

Sebelum acara puncak ini ditutup, Dr. Hermanto selaku dosen pendamping UKMF REALITY berpesan untuk jangan berhenti untuk bekarya. Karena zaman semakin maju, dari setiap individu dituntut aktif dan kreatif. Selain itu, beliau juga berpesan untuk selalu siap dengan segala tantangan dan pertanyaan yang tidak terduga sebelumnya. (Zidni Khasanah)

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Lomba memperingati Pekan HAM

Dalam rangka memperingati Pekan HAM pada 10 Desember 2018 ✨MAHASISWA PKNH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DENGAN …