Pojok #UNYuTips

Lakukan Ini Saat Kamu Mesti Melakukan Sesuatu Yang Tidak Kamu Sukai

“Do something different to have something different”. Adakalanya kita dituntut melakukan sesuatu di luar kenyamanan diri bahkan bersebrangan dengan minat kita biasanya, namun sesuatu itu wajib kita tunaikan sampai tuntas demi suatu tujuan tertentu. Misalnya saja, ada mata kuliah tertentu yang membuat kita malas dan pasti bosan menggelutinya, padahal itu berkaitan dengan hasil akhir berupa nilai. Apa kita akan menyerah begitu saja? Abaikan potensi menyerah itu, ya gaes dan lakukan ini saat kamu mesti melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai.

1. Lakukan Demi Mereka, Orang-orang Tercinta

Hadirkan orang-orang tercinta untuk memotivasimu meskipun orang-orang tersebut tidak secara kasat mata hadir. Ini semacam bisa menjadi sugesti yang baik saat kamu harus menggeluti aktivitas yang tidak kamu kehendaki tapi itu mesti dilakukan. Ini bukan aktivitas belajar berada di bayang-bayang ya, gaes. Kamu pasti tidak ingin melukai mereka yang kamu cintai dengan menyerah begitu saja kan?

Baca Juga  Universitas Kehidupan Adalah Sebenar-benarnya Universitas

 2. Lakukan di Waktu Produktif Versimu

Hal tertentu yang tidak kamu sukai dan mesti dikerjakan, ada baiknya kerjakanlah di waktu produktif sesuai versimu, ya gaes. Tentu kamu sendiri yang mengetahui kapan waktu produktif itu datang. Waktu produktif berpotensi besar menumbuhkan energi positif yang akan berdampak pada hasil maksimal. Manfaatkan waktu produktif itu hingga lewat dan setelahnya, beristirahatlah.

3.Lakukan dengan Cara Berbeda

Saat sesuatu hal mesti kamu kerjakan, sementara itu merupakan hal yang tidak kamu sukai, tak lantas kamu harus melakukannya dengan cara yang umumnya orang lakukan. Kamu boleh kok melakukan dengan cara yang berbeda dan menyenangkan sesuai versimu. Hanya yang penting diingat adalah jangan sampai caramu yang berbeda itu mengalihkan perhatianmu sehingga fokusmu menjadi terpecah.

 4.Kamu Pantas Mendapat Gift atas Keberhasilanmu Keluar dari Comfort Zone

Dengan kata lain, sesungguhnya kamu belajar keluar dari comfort zone saat harus melakukan sesuatu hal yang tidak kamu sukai. Pasti di sana sini kamu menemukan kendala yang luar biasa mengusik, ya gaes. Boleh kok sebelum kamu keluar dari comfort zone tersebut kamu menghadiahi diri sendiri agar lebih termotivasi. Misalnya, kamu akan melakukan pendakian bersama rombonganmu setelah kamu berhasil menaklukan ujian akhir pada mata kuliah tertentu yang tidak kamu sukai. So simple bukan? J

Baca Juga  Mengenal Fasilitas Fitness Center HSC UNY

 5.Abaikan Potensi Menyerah

Hai, gaes. Angkat kepalamu dan bercerminlah bahwa wajah manismu itu tidak cocok menyandang status sebagai sosok penyerah. Ada wajah berseri di depan cermin itu yang harus mampu mengabaikan potensi menyerah. Akan ada konsekuensi dari setiap apapun laku saat kita menyerah. Ingat, saat kamu menyerah, semua akan selesai dan kamu akan menyesal.

 Jadi, bagaimana? Kamu hanya wajib melakukan 5 langkah di atas saat harus melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai agar selamat dari potensi menyerah.

Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Related Articles

Back to top button
Close
X