Kabar Kampus

Mahasiswa UNY dengan IP Tertinggi, Lulus Tercepat, dan Usia Termuda

Berikut adalah Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan IP Tertinggi, Lulus Tercepat, dan Usia Termuda pada wisuda periode November 2015

Pinkan Bening Ajuba dari prodi Kebijakan Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan

 Pinkan Bening Ajuba

Pada wisuda kali ini Pinkan Bening Ajuba dari prodi Kebijakan Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan berhasil meraih indeks prestasi tertinggi untuk jenjang S1 yaitu 3,89. Gadis kelahiran Pati, 17 Mei 1992 tersebut mengaku mengubah mindset selama kuliah hingga bisa meraih prestasi maksimal.

“Saat sekolah dulu saya selalu memikirkan untuk dapat memperoleh ranking saja,” kata Pinkan, “namun malah hal itu tidak tercapai.” Warga Jepatlor, Tayu, Pati, Jawa Tengah itu lalu mengubah cara berpikirnya begitu mulai menempuh perkuliahan. “Menurut hemat saya kuliah adalah untuk menggapai pendidikan yang lebih baik,” kata alumni SMAN Tayu Pati tersebut. Bahkan setelah menempuh skripsi Pinkan menyadari bahwa inti dari kuliah adalah skripsi yang mengubah orang menjadi mampu berpikir secara ilmiah. Putra Ahmad Munir dan Siti Fatimah tersebut mengatakan bahwa apa yang didapatnya selama kuliah selalu dipraktekkan dalam kehidupan keseharian.

Baca Juga  Pendopo Tejokusumo, Ikon FBS yang tak Pernah Sepi

Siti Hasanah dari Prodi Fisika Fakultas MIPA

Siti Hasanah

Mahasiswa yang lulus tercepat dalam wisuda UNY periode ini adalah Siti Hasanah dari Prodi Fisika Fakultas MIPA yang berhasil menempuh pendidikan S1 dalam waktu 4 tahun 2 bulan. Menurut gadis kelahiran Kotamobagu 19 Agustus 1991 tersebut, untuk bisa lulus dalam waktu singkat strategi yang diambil adalah mengambil paket maksimal SKS tiap semesternya. Siti bahkan mengaku jika dia pernah mengambil cuti kuliah pada semester 3 karena masalah biaya. “Setelah itu sejak semester 4, saya selalu mengambil mata kuliah semester di atasnya,” kata Siti.

Putra dari Ade Maman dan Salha Pamoh tersebut mengatakan bahwa pada semester 7 dia mengambil beberapa mata kuliah semester 3 karena, “Pada semester 7 saya hanya tinggal mengambil sedikit mata kuliah” katanya. Warga Kampung Baru, Kopamobagu, Sulawesi Utara  tersebut juga mengisi kegiatan dengan bekerja paruh waktu. Waktu luang yang didapatkan dalam bekerja tersebut digunakan untuk belajar, selain itu pembuatan laporan praktikum juga dikerjakannya di kost.

Dita Juwita Zuraida dari Prodi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan

Mahasiswa lulus ter-dita juwita

Sedangkan Dita Juwita Zuraida dari Prodi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan merupakan lulusan termuda dalam wisuda UNY periode ini. Gadis yang lahir di Serang, 27 November 1994 tersebut berhasil menjadi lulusan termuda wisuda UNY karena berhasil meraih gelar sarjana dalam usia 20 tahun 11 bulan. Alumni SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta tersebut mengisahkan bahwa pada saat usianya belum 7 tahun sudah masuk sekolah dasar. Bahkan saat SMP dia masuk dalam kelas akselerasi sehingga hanya 2 tahun menempuh SMP-nya.

Baca Juga  Fitri Nur Mahmudah Alumni ADP UNY, Doktor Ke 510 di PPs UNY

Putri H. Zaenudin, S.E., M.M. dan Dra. Hj. Ita Qonita, M.Si. tersebut mengatakan pada saat kelas 2 SD sudah belajar bahasa Inggris yang merupakan mata pelajaran kelas 4. Warga Kaloran Desa, Serang, Banten tersebut mengaku selalu mengambil mata kuliah secara paket selama menempuh studi di UNY karena tidak menyukai waktu terbuang, apabila ada waktu luang selalu digunakan untuk belajar sehingga tidak mengherankan apabila Dita dapat menyelesaikan studi di UNY dengan indeks prestasi cumlaude 3,55.

sumber : uny.ac.id

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X