Mahasiswa UNY Kembangkan ACOO (Application Of Cooperative) sebagai Media Koperasi Berbasis Online | UNY COMMUNITY
Monday , 22 July 2019
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UNY Kembangkan ACOO (Application Of Cooperative) sebagai Media Koperasi Berbasis Online

Mahasiswa UNY Kembangkan ACOO (Application Of Cooperative) sebagai Media Koperasi Berbasis Online

Salah satu perwujudan sistem ekonomi kerakyatan Indonesia ialah perkoperasian Bung Hatta (1956). Pada tahun 2017, koperasi di Indonesia mencapai 208.373 unit dengan jumlah anggota sebanyak 25.438.940 orang. Banyaknya koperasi yang tersebar luas di penjuru nusantara pada dasarnya memilki kunci eksistensi yang sama, yakni partisipasi anggota. Artinya, berkembang atau tidaknya koperasi bergantung pada partisipasi anggota koperasi itu sendiri.

Pada tahun 2015, Kementrian Koperasi dan UMKM memiliki agenda reformasi koperasi yang terdiri dari tiga program utama, yakni reorientasi, rehabilitasi, dan pengembangan. Tentunya program ini sebagai tindaklanjut  kondisi koperasi Indonesia yang hari ini memerlukan gebrakan internal, terutama dalam penggunaan teknologi. Oleh karena itu, TIM PKM PSH UNY yang diketua oleh Zakiah Noor Hidayati (Administrasi Publik 2017), Devi Oktaviani (Pendidikan Ekonomi 2017), dan Zulkarnain (Administrasi Publik 2016) dengan didampingi dosen pembimbing Ibu Dyna Herlina Suwarto M.Sc (Ilmu Komunikasi) mengggagas sebuah inovasi pengembangan media koperasi berupa aplikasi berbasis online yang diberi nama ACOO (Aplication of Cooperative)

Baca Juga  Lala, Mahasiswa Termuda UNY Berumur 15 Tahun 3 Bulan

ACOO (Aplication of Cooperation) merupakan media pengembangan koperasi berupa aplikasi online yang dapat diakses oleh pengunjung koperasi maupun anggota koperasi mahasiswa. Yang membedakan keduanya ialah fitur keanggotaan koperasi.

Fitur-fitur aplikasi ACOO disesuaikan dengan hak dan kewajiban anggota koperasi. Penyesuaian fitur ini diperoleh dari hasil riset kebutuhan awal anggota koperasi sehingga produksi media ACOO memiliki dasar data lapangan yang ilmiah.

 

“Saat ini, ACOO sudah tersedia di play store. Sebagai media koperasi online, ACOO memberikan kemudahan dalam akses layanan aktivitas keanggotaan koperasi, seperti informasi simpanan, tabungan, poin kegiatan, dan juga poin belanja. Tidak hanya sekedar akses informasi keanggotaan saja, ACOO juga dapat melakukan transaksi online menggunakan saldo yang dapat di top up melalui pulsa maupun ATM. Selain itu, ACOO juga dilengkapi dengan fitur reminder dan juga notifikasi promo maupun kegiatan koperasi secara up to date. Jadi, tidak perlu khawatir lupa iuran ataupun ketinggalan informasi tentang koperasi.” ujar Zakiah (01/07/2019)

Baca Juga  Mahasiswa UNY Olah Kopi dari Biji Pepaya

Kemudian, ACOO juga menyediakan pemesanan jasa serta produk kopma secara on-line melalui fitur market place yang dikemas terpadu dalam ACOO. Sistem pembayarannya dapat melalui saldo ACOO maupun cash. Layanan belanja online ini juga didukung dengan layanan antar barang.

Jadi, kemudahan ACOO sebagai media online yang dapat diakses dimana dan kapan saja diharapkan mampu meningkatkan partisipasi anggota koperasi. Tentu saja hal ini sejalan dengan konsep koperasi sebagai salah satu perwujudan sistem ekonomi kerakyatan khas Indonesia (Bung Hatta: 1956).

Esensi dari ACOO ialah agar eksistensi koperasi, khususnya koperasi mahasiswa yang dekat dengan mahasiswa, yang tentunya menjadi laboratorium ekonomi nyata serta wadah mengembangkan jiwa entrepreneur dapat terus berkembang dan menjadi poros kegiatan ekonomi agar mencapai tujuan koperasi, yakni menyejahterahkan anggotanya. Oleh karena itu, akses terhadap media ACOO diharapkan mampu meningkatkan partisipasi anggota koperasi. Karena partisipasi anggota merupakan kunci eksistensi koperasi. Bravo KOPMA!

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

4 Cara Menggemukkan Badan Alami Yang Bisa Anda Coba

Memang banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan seseorang sulit untuk gemuk. Baik itu faktor keturunan, …

X