Ditangan Mahasiswa UNY Limbah Telur Jadi Pakan Bebek | UNY COMMUNITY
Wednesday , 19 September 2018
Home / Kabar Kampus / Ditangan Mahasiswa UNY Limbah Telur Jadi Pakan Bebek

Ditangan Mahasiswa UNY Limbah Telur Jadi Pakan Bebek

Tingginya harga bahan pakan menjadi salah satu penghambat proses pengembangan peternakan bebek. Sebab bahan pakan menjadi faktor penentu hasil ternak, baik berupa daging maupun telur. Kualitas makanan, komposisi bahan yang tepat baik jumlah dan kandungan nutrisi pakan, juga akan mempengaruhi laju pertumbuhan dan kesehatan bebek. Selain itu, bahan pakan juga mendominasi biaya pengeluaran dalam beternak. Dalam hal ini, biaya pakan menjadi biaya yang harus disediakan dengan porsi lebih untuk mengembangkan peternakan secara intensif dibandingkan dengan kebutuhan lainnya.
limbah telur
Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut dengan jalan menggalakkan potensi yang ada sebagai sumber bahan pakan ternak yang murah dan berkualitas, termasuk pemanfaatan limbah. Berawal dari permasalahan ini, sekelompok mahasiswa UNY yaitu Dini Annisa Nurbaety Elsola dan Novia Puspita Arum dari prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan, Amalia Putri Utami dari prodi Pendidikan Teknik Mekatronika Fakultas Teknik serta Pony Salimah Nurkhaffah dari prodi Pendidikan Matematika Fakultas MIPA UNY menggagas pemanfaatan limbah telur bebek gagal menetas yang banyak terdapat di Kecamatan Panjatan Kulonprogo. Limbah yang berisi embrio bebek yang sedang tumbuh tersebut lazim disebut endhog bungker atau disingkat donker.

Baca Juga  UNY Juara Pertama World Costum Festival 2016 Filipina

Menurut Dini Annisa Nurbaety Elsola, di kecamatan Panjatan sebagian besar masyarakatnya bermatapencaharian sebagai peternak dan penetas telur bebek. Akan tetapi, dari hasil penetasan telur tak selalu membuahkan hasil yang baik. Endhog bungker tersebut hanya dibuang begitu saja. Hal tersebut mengakibatkan polusi udara dan daerah Panjatan menjadi daerah penampungan limbah endhog bungker.
“Pakan bebek dari endhog bungker tersebut dimaksudkan untuk menekan biaya peternakan dan mengurangi produksi limbah di Kecamatan Panjatan, Kulon Progo,” katanya. Novia Puspita Arum menambahkan bahwa telur bebek mengandung energi sebesar 189 kilokalori, protein 13,1 gram, karbohidrat 0,8 gram, lemak 14,3 gram, kalsium 56 miligram, fosfor 175 miligram, dan zat besi 3 miligram.

Baca Juga  Tim Garuda UNY Bakal Unjuk Gigi di Korsel, Doakan Ya!

“Dari data ini diketahui bahwa endhog bungker memiliki kandungan kalori rendah tapi kaya protein dan lemak” kata Novia Puspita Arum “Oleh karena itu, endhog bungker memiliki keunggulan antara lain mempercepat pertumbuhan, meningkatkan jumlah produksi telur, dan meningkatkan siklus kesuburan bebek.”

Amalia Putri Utami mengatakan, untuk membuat pakan dari endhog bungker dibutuhkan bahan limbah telur, bekatul, eceng gondok/kangkung dan air. Langkah pertama, limbah telur bungker dimasukkan ke dalam soblok yang telah berisi air dan direbus selama 1 jam, sementara itu bekatul dikukus ke dalam soblok lain yang telah berisi air dalam waktu yang sama. Sementara itu eceng gondok/kangkung disisir sampai halus. Telur bungker dan bekatul yang sudah matang diangkat dan ditiriskan di tampah besar dan karung. Tunggu hingga dingin, lalu telur bungker dicacah hingga halus tanpa mengupas kulitnya.
Kemudian campur semua bahan (telur bungker, bekatul, kangkung) dan tambahkan air secukupnya. Aduk hingga merata. Lalu giling campuran bahan menggunakan penggilingan khusus sehingga terbentuk pakan. Langkah terakhir adonan tersebut dijemur hingga kering dan pakan siap dimanfaatkan. Pakan bebek dari limbah endhog bungker tersebut telah diujicobakan di peternakan bebek Kecamatan Pengasih Kulonprogo. Ide brilian ini berhasil meraih dana dari Dikti untuk Program Kreativitas Mahasiswa bidang kewirausahaan.

Baca Juga  Kisah Ettikasari, Mahasiswi Pembuat Batu Bata Peraih Beasiswa Bidikmisi

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Lowongan Guru SMP Mutiara Persada Bantul

SMP Mutiara Persada saat ini membutuhkan guru untuk posisi: GURU IPA SMP     Kriteria: …