Mahasiswa UNY Kembangkan Kreatifitas Seni Pada Anak-Anak di Dusun Wadas,  Kulon Progo | UNY COMMUNITY
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UNY Kembangkan Kreatifitas Seni Pada Anak-Anak di Dusun Wadas,  Kulon Progo

Mahasiswa UNY Kembangkan Kreatifitas Seni Pada Anak-Anak di Dusun Wadas,  Kulon Progo

Program kreatifitas mahasiswa merupakan program untuk mengembangkan minat mahasiswa dalam berbagai bidang. Program ini diselenggarakan oleh BELMAWA DIKTI untuk mengembangkan kreatifitas mahasiswa dalam bidang kewirausahaan, penelitian, pengabdian masyarakat, dll. Program kreatifitas mahasiswa dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia dengan mengajukan proposal kegiatan. Mahasiswa universitas negeri yogyakarta (UNY) juga mengikuti program dari BELMAWA DIKTI tersebut, ada kurang lebih 115 proposal yang lolos didanai. Proposal-proposal tersebut merupakan proposal kegiatan dalam berbagai bidang.

Salah satu proposal dari UNY yang lolos dalam bidang pengabdian masyarakat adalah proposal dari kelompok Dina Nur Anggraeni, dengan judul Pos Seni Kerawitan (POKERAN) sebagai wadah pengembangan kreatifitas seni bagi anak di dusun wadas, giripurwo,girimulyo, kulon progo. Dilatarbelakangi oleh minimnya wadah pengembangan seni dan pelestarian seni di dusun wadas akibat derasnya pengaruh globalisasi, membuat kelompok Dina Nur mengagas sebuah program untuk mengembangkan kreatifitas seni bagi anak-anak dalam upaya pelestarian seni kerawitan. Program tersebut ditujukan bagi anak-anak usia SD-SMP di dusun wadas. Pemilihan sasaran program tersebut dimaksudkan untuk mengenalkan kesenian kerawitan sejak usia sekolah, supaya anak-anak tersebut dapat menjadi generasi penerus seni kerawitan di dusun wadas yang kreatif.

Baca Juga  Mobil Formula Garuda 16 UNY Siap Berlaga di Student Formula Japan

Pelaksanaan program ini dilakukan sebanyak enam kali pertemuan. Pada pertemuan pertama, kegiatan diawali dengan memberikan penjelasan mengenai nama-nama gamelan dan fungsinya. Setelah itu, anak-anak diajarkan untuk menghafal nada-nada dasar pada gamelan dan simbol-simbol umum nada gamelan. Kegiatan selanjutnya ialah pembagian peran anak-anak untuk memainkan gamelan. Setelah peran terbagi, anak-anak dibimbing satu persatu untuk memainkan nada pada gamelan yang dimainkannya. Setelah itu, seluruh anak-anak langsung pratik memainkan gamelan dengan berlatih nada dasar. Dalam kegiatan praktik memainkan gamelan tersebut, anak-anak memainkan lancaran Jamong selama 2,5 jam dengan dibimbing oleh tutor pelatihan.

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

6 Tips Hidup Hemat Ala Mahasiswa Djogja

Banyak mahasiswa yang datang dari luar Kota Yogyakarta, untuk kuliah karena salah satu alasannya biaya …