Mahasiswa UNY Kembangkan PAPERLINE (Pelatihan Pemasaran Bebasis Online) di SLB PGRI Minggir | UNY COMMUNITY
Saturday , 23 February 2019
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UNY Kembangkan PAPERLINE (Pelatihan Pemasaran Bebasis Online) di SLB PGRI Minggir

Mahasiswa UNY Kembangkan PAPERLINE (Pelatihan Pemasaran Bebasis Online) di SLB PGRI Minggir

Tim UNY yang di ketuai oleh Wahyuni Amilya program studi Pendidikan Luar Biasa (PLB)  2016, Linda Latiffa Tri Utami PLB 2016, Selvi Hernista PLB 2016 dan Febri Arya Budi Wicaksono D3 Teknik Mesin 2016. Program PAPERLINE ini dimulai dengan adanya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) kepada Masyarakat yang didanai oleh Dikti.

Dilatarbelakangi dengan adanya keadaan dimana SLB PGRI Minggir yang terdiri dari 4 unit kelas keterampilan dan siswa-siswa mampu mengahasilakan karya. Karya yang dihasilkan meliputi Anyaman bambu (pincuk, tempat pensil, souvenir) dan batik tulis dan jumputan. Guru di SLB PGRI Minggir sudah melakukan pemasaran, tetapi secara terbatas dengan  pemasaran konvensional atau dari mulut ke mulut.

Adanya permasalahan yang terbatas dalam pemasaran hasil karya siswa-siswi SLB PGRI Minggir, maka beberapa mahasiswa yang begerak di PKM-M merancang program yaitu  PAPERLINE (Pelatihan Pemasaran Bebasis Online). Berbicara tentang program PAPERLINE ini ditujukan untuk guru dan para siswa SLB PGRI Minggir.

Selain itu, program PAPERLINE ini ditujukan untuk memberikan pelatihan kepada guru dan siswa tentang bagaimana memasarkan karya secara online. Pemasaran secara online ini dilakukan dengan cara memanfaat pasar digital atau e-commerce dengan cara pemasaran melalui media sosial. Adanya pelatihan ini tidaklah sulit diterima karena baik guru maupun siswa dapat mengakses berbagai media sosial (whatsapp, facebook, dan instagram).

Baca Juga  Garuda UNY TEAM Uji Coba Garuda Hybrid (GH) 16

Peserta pelatihan program PAPERLINE terdiri dari 5 ABK (Anakl Bekebutuhan khusus yang meliputi: tunarungu, tunadaksa, tunagrahita kategori ringan). Pada anak yang mengalami habatan intelektual lebih diarahkan pada customer services, anak tunarungu diarahkan pada manajemen pemasaran, dan tuna daksa (admin media sosial). Target dari adanya program PAPERLINE  ABK dapat mengelola akun bersama  yaitu instagram @minggirproduction  secara mandiri dan setelah lulus mempunyai skill untuk berwirausaha.

Adanya program PAPERLINE ini mendapatkan banyak apresiasi positif salah satunya adalah dari kepala sekolah. “Alhamdulillah dengan program yg disusun oleh adikadik mahasiswa dapat memberikan motivasi serta meningkatkan kreativivitas anak dan memberikan profesionalisme lebih awal/ lebih dini bagaimana berwirausaha   serta kemandirian di era teknologi saat ini” kata Kepala Sekolah SLB PGRI Minggir. (Zidni Khasanah)

Baca Juga  UNY Raih Juara Kategori Tercepat Dalam Kompetisi Jembatan Indonesia

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Seminar Nasional Pendidikan & Politik

BEM KM UNY proudly present SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN & POLITIK 💡💡 💡Dengan Tema💡💡💡 “Revitalisasi Sinergitas …

X